Bersama Ayoconnect, GrabKios Tambah Akses ke Ribuan Fitur Produk Digital untuk UMKM

Kamis, 29 September 2022 | 23:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Bersama Ayoconnect, Grabkios Tambah Akses Ke Ribuan Fitur Produk Digital Untuk Umkm

Gandeng Ayoconnect, GrabKios Tambah Akses ke Ribuan Fitur Produk Digital. (Special)

Ladiestory.id - Ayoconnect, platform Open Finance di Asia Tenggara, hari ini menandatangani perjanjian kerjasama dengan GrabKios, aplikasi digital dari Grab yang memungkinkan para pelaku UMKM untuk memaksimalkan pendapatan mereka melalui
penyediaan beragam layanan keuangan. Lebih lanjut, kerja sama ini membuka akses bagi GrabKios dalam menghadirkan berbagai jenis produk digital dari lebih 1000 perusahaan di Indonesia.

”Kerjasama antara Ayoconnect dan GrabKios didorong atas adanya kesamaan misi dalam ikut serta mendukung transformasi digital dan stabilitas pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor UMKM. Oleh karenanya Ayoconnect bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh Grab dalam menyediakan berbagai produk digital dan pembayaran tagihan di aplikasi GrabKios. Kami percaya hal ini akan dapat memperluas layanan keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia di setiap pelosok negeri,” papar Chiragh Kirpalani, CoFounder dan Chief Operating Officer dari Ayoconnect, seperti dikutip dari press release Kamis (29/9/2022).

(Ki-Ka) Chiragh Kirpalani, CoFounder dan Chief Operating Officer Ayoconnect & Anan Kasetra, Director FinTech Strategy Grab melakukan penyerahan plakat kerja sama). (Special)

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, digitalisasi di sektor UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,97 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun. Lebih lanjut, data dari Bank Indonesia mencatat transaksi platform perdagangan elektronik tumbuh sebesar Rp30,8 triliun dibanding tahun lalu. Sayangnya, Badan Pusat Statistik mencatat dari total 64 juta UMKM di Indonesia, baru 13 persen saja yang sudah beralih atau terhubung ke digital.

Sementara itu, Anandhita Kasetra, Senior Director of Fintech Strategy and GrabKios, juga mengungkapkan komitmen GrabKios untuk mendukung UMKM.

”Sejak awal, kami berkomitmen untuk menyiapkan UMKM agar dapat terus menjadi roda penggerak kemajuan ekonomi nasional melalui digitalisasi. Berbagai fitur baru di GrabKios diharapkan dapat mendukung keseluruhan kegiatan bisnis jutaan UMKM yang tergabung sebagai agen GrabKios di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia, khususnya untuk menjangkau pengguna baru, hingga meningkatkan peluang untuk memaksimalkan penghasilan,” kata Anandhita Kasetra.

“Hadirnya berbagai fitur produk digital dan pembayaran tagihan rutin di aplikasi GrabKios yang kami bangun melalui kerja sama antara Grab dengan Ayoconnect, merupakan wujud upaya kami untuk memudahkan pelanggan kami dalam melakukan layanan keuangan yang lebih lengkap dan mudah, bahkan hanya dalam jangkauan terdekat sekitar tempat tinggal seperti di warung-warung. Selain itu, kami yakin sinergi kedua belah pihak dapat memberdayakan lebih banyak jaringan agen individu yang berbasis UMKM agar dapat terus beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi sekaligus menjadi penopang ekonomi yang kuat bagi bangsa Indonesia,” tambah Anandhita.

Dengan berintegrasi ke solusi Embedded Digital Products API Ayoconnect, GrabKios memiliki akses ke jaringan open API berisi lebih dari 3.000 produk digital yang disediakan oleh Ayoconnect. Untuk tahap pertama, pengguna aplikasi GrabKios dapat menawarkan voucher digital dan pembayaran PDAM, PBB, BPJS, Kartu Kredit dan Multifinance dari 1000 penyedia jasa, asuransi, dan institusi finansial.

Dengan kolaborasi ini, jutaan pengguna GrabKios dapat menikmati kemudahan transaksi satu pintu dengan hadirnya berbagai fitur baru yang disediakan Ayoconnect. Dalam waktu dekat kolaborasi ini juga akan menghadirkan fitur Top-Up e-money, PLN, dan produk digital lainnya.

“Ke depannya, kami akan terus menggandeng lebih banyak institusi untuk bergabung dalam jaringan API Ayoconnect dan berkontribusi dalam kemajuan ekonomi nasional khususnya untuk mendukung digitalisasi UMKM,” tutup Chiragh.