Bersihkan Komedo dan Flek Hitam, Ini Fungsi Tea Tree Oil untuk Kulit Wajah

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:00:00

Bersihkan Komedo Dan Flek Hitam, Ini Fungsi Tea Tree Oil Untuk Kulit Wajah

tea tree oil (Special)

Ladiestory.id - Kalian pernah menemukan kandungan tea tree oil pada skincare? Tapi bingung fungsi atau manfaatnya.

Mengutip Mayo Clinic pada Minggu (13/08/2022), minyak pohon teh yang dikenal juga termasuk dalam minyak esensial yang berada dari daun pohon teh Australia. Meskipun minyak ini dikenal sebagai pohon teh, namun tidak sama dengan tanaman yang juga menghasilkan daun untuk membuat teh hitam dan teh hijau. Berikut manfaat tea tree oil untuk kulit wajah.

Jerawat

Ilustrasi tea tree oil (Special)

Tea tree oil mengandung antibakteri atau disinfektan, yang dapat membersihkan dan menangkan pori-pori yang menyebabkan jerawat pada kulit wajah. Timbulnya jerawat sangat berhubungan dengan produksi minyak atau sebum yang berlebihan pada wajah. Minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit.

Kandungan tea tree oil mampu menenangkan kemerahan, pembengkakan dan juga peradangan akibat jerawat. Jadi saat jerawat tumbuh atau matang, kamu bisa rutin menggunakan tea tree oil untuk mengurangi rasa gatal dan merah.

Selain itu, tea tree oil juga dapat bantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat, sehingga kulit kamu tampak halus dan bersih.

Cara penggunaanya adalah dengan menggunakan 1 atau 2 tetes. Sebelum gunakan pada wajah, oleskan pada siku, untuk mengetahui tanda-tanda sensitivitas kulit atau reaksi alergi.

Sebelum menggunakan minyak ini juga pastikan wajah kamu sudah bersih. Gunakan kapas yang lembut dapat kamu sesuaikan dengan kondisi kulit wajah, oleskan hingga kering.

Komedo

Ilustrasi tea tree oil (Special)

Tea tree oil dapat digunakan untuk bantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan komedo. Tea tree juga memiliki kandungan anti-komedogenik yang dapat bantu hilangkan komedo.

Banyak yang merasa komedo sangat mengganggu saat menggunakan makeup. Karena komedo akan membuat kulit terlihat bertekstur dan kasar. Selain itu, jika komedo dibiarkan akan semakin banyak muncul pada kulit wajahmu.

Tea tree oil bisa jadi pilihanmu untuk hempaskan komedo pada kulit wajah. Saat ini sudah ada perawatan kulit atau skincare yang menawarkan kandungan tea tree oil di dalamnya. Jadi kamu tak perlu bingung untuk mencari dan menggunakannya. Biasanya tea tree oil terdapat pada pembersih wajah, serum, atau berbentuk bubuk yang dicampurkan pada air untuk berendam atau mandi dengan air panas.

Flek Hitam

tea tree oil (Special)

Kandungan tea tree oil selanjutnya adalah dapat mencegah timbulnya flek hitam pada kulit wajah. Caranya dapat kamu campurkan dengan minyak zaitun. Sebelum digunakan sebaiknya uji alergi atau sensivitas kulit terlebih dahulu.

Tak hanya flek hitam, tea tree oil juga dapat mencerahkan dan memutihkan ketiak yang hitam. Kamu cukup rutin gunakan tea tree oil sebagai deodoran untuk lindungi ketiakmu.

Kulit berminyak

Ilustrasi wajah berminyak. (Special)

Kamu yang memiliki kulit berminyak tak perlu khawatir, karena sudah banyak skincare untuk kulit berminyak yang mengandung tea tree oil. Kandungannya terdapat sifat antiseptik yang membuatnya cukup ampuh dalam melawan kulit berminyak.

Bruntusan

tea tree oil (Special)

Merupakan kondisi yang menggambarkan keadaan kulit yang terasa kasar dan tidak rata. Sama halnya dengan jerawat, bruntusan diakibatkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat. Selain itu, jika kamu sering berpergian keluar dan lupa untuk membersihkan wajah akan membuat bruntusan rentan untuk muncul.

Mengutip Medical News Today, tea tree oil menjadi alternatif yang dapat kurangi bruntusan atau jerawat kecil .kandungannya yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba sehingga bekerja melawan jerawat atau bruntusan.