7 Essential Oil Ini Bisa Redakan Gejala Penyakit dan Beri Rasa Tenang

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Essential Oil Ini Bisa Redakan Gejala Penyakit Dan Beri Rasa Tenang

Ilustrasi Essential Oil (pinterest)

Ladiestory.id -Essential oil merupakan minyak yang didapat dari ekstrak alami tanaman yang berasal dari daun, bunga, buah, biji, batang hingga akar tanaman. Kebanyakan essential oil juga kerap digunakan sebagai bahan alternatif kecantikan. Selain itu, ketika mengalami gejala pilek seseorang langsung mengambil obat alternatif untuk membantu meredakan gangguan pernapasan.

Memang saat pilek melanda kita merasa jadi enggak nyaman, hidung terasa gatal, mampet dan meler. Namun kamu juga perlu tahu, bahwa ada alteratif lainnya untuk membantu meredakan pilek, loh.

Dilansir dari Healthline, dengan menggunakan ramuan essential oil bisa membantu seseorang untuk meredakan gejala pilek serta memberi efek yang menenangkan bagi tubuh terutama bagi seseorang yang sering mengatasi masalah insomnia ataupun kecemasan berlebih. Berikut 7 essential oil yang bisa kamu gunakan.

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih (pinterest)

Yup, sudah enggak asing lagi bukan dengan essential oil yang satu ini. Minyak kayu putih juga dikenal dapat membantu melawan infeksi sekaligus membantu meningkatkan imun tubuh. Saat ini pun sudah banyak kemasan praktis minyak kayu putih yang bisa dibawa kapanpun.

Cukup mengoleskan minyak kayu putih pada permukaan dada maka tubuhmu akan merasa hangat, pernapasan kembali lancar dan pilek pun mereda.

Minyak Peppermint

Minyak Peppermint (pinterest)

Essential oil yang satu ini pun dapat membantu meredakan gejala pilek dan batuk, lho! Selain memberikan wangi mint menyegarkan, essential oil ini juga dapat digunakan sebagai diffuser menjelang tidur. Tak hanya itu, essential oil peppermint  juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan masalah komedo membandel.

Minyak Rosemery

Minyak Rosemery (pinterest)

Nah, untuk essential oil rosemery dikenal baik untuk membantu membunuh bakteri, virus, serta mengatasi peradangan akibat pilek. Perlu diketahui bahwa kandungan cinole nya dapat membantu mengencerkan lendir pada bagian hidungmu. Oleh karenanya sistem pernapasanmu dapat kembali membaik serta dapat menghirup udara kembali.

Kamu pun dapat mengoleskan minyak rosemary ke bagian dadamu hingga merata dan kamu pun akan merasa lebih membaik.

Minyak Pinus

Minyak Pinus (pinterest)

Dilansir dari Organicaromas.com, minyak pinus atau pine oil ini juga dipercaya dapat membantu membuuh virus dan juga sebagai antiseptik. Minyak pinus juga bisa kamu gunakan sebagai diffuser untuk ruangan rumah sehingga memberikan aroma segar dan juga menenangkan. Minyak pinus pun tentunya dipercaya dapat membantu meredakan gejala batuk dan juga pilek.

Minyak Clove Bud

Minyak Clove Bud (pinterest)

Yup, mungkin ada sebagaian dari kita yang merasa asing dengan essential oil yang satu ini. Minyak clove bud juga dapat digunakan sebagai alternatif pereda pilek. Minyak clove bud dapat membantu mengeluarkan dahak pada batuk dan juga lendir pada hidung yang mampet. Aromanya pun sangat menenangkan sehingga membuat dirimu akan merasa lebih rileks.

Minyak Lavender

Minyak Lavender (pinterest)

Aroma keharuman bunga lavender yang lembut dapat memberikan suasana tenang dan rileks serta dapat meningkatkan suasana hati bagi yang menghirupnya. Aroma minyak lavender juga dapat mengatasi masalah insomnia dan mengatasi overstimulasi.

Kamu pun bisa menggunakan minyak lavender sebagai aroma terapi untuk membuat suasana tidur menjadi lebih nyenyak.

Minyak Sandalwood

Minyak Sandalwood (pinterest)

Aroma rasa dari sandalwood atau minyak kayu cendana juga memberikan rasa yang maskulin. Minyak yang satu ini dapat memberikan efek aroma yang menenangkan. Selain itu, aroma minyak kayu cendana juga kerap digunakan untuk meditasi karena dianggap mampu mengatasi kegelisahan batin, ketidakpuasan dan rangsangan yang berlebihan.

s