Miliki Banyak Khasiat, Ini Manfaat Pakai Lavender Oil

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:30:00

Miliki Banyak Khasiat, Ini Manfaat Pakai Lavender Oil

Ilustrasi minyak lavender. (Special)

Ladiestory.id - Minyak Lavender merupakan salah satu minyak esensial yang sudah cukup terkenal. Minyak ini berasal dari ekstrak tanaman lavender atau Lavandula angustifolica yang memiliki bunga warna ungu.

Ilustrasi bunga lavender. (Special)

Minyak lavender ini bisa digunakan dengan cara dioleskan bahkan dihirup seperti aromaterapi. Berbagai manfaat mulai dari kulit, rambut hingga kesehatan tubuh lainnya yang dapat kamu rasakan jika menggunakan minyak lavender ini.

Atasi Kulit Kering

 

Ilustrasi kulit kering. (Special)

Sebagai orang yang memiliki kulit yang rentan untuk kering, pastinya mengeluh akibat cuaca panas yang sering terjadi di Indonesia. Biasanya kulit yang kering akan menyebabkan gatal, kering bahkan bersisik.

Minyak lavender dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit kamu, karena memiliki sifat antijamur untuk mencegah munculnya eksim.

Cara penggunaanya adalah campurkan dua tutup minyak ini dengan tree tea (minyak pohon teh) dalam jumlah yang sama. Gunakan dengan rutin setiap hari. Hal ini akan membuat kulit mu lembab dan tidak kering meskipun cuaca panas.

Redakan Nyeri Haid

Ilustrasi perempuan alami nyeri haid. (Special)

Tak hanya bahan alami seperti jahe, kunyit, temulawak yang dapat meredakan nyeri haid, minyak lavender ini juga dapat kamu gunakan saat siklus haid datang.

Salah satu penelitian menyebutkan, bahwa mencium aroma lavender selama 30 menit sehari di tiga hari pertama ketika haid bisa bantu redakan nyeri haid yang dirasakan.

Selain dihirup, minyak ini juga dapat kamu encerkan dengan konsentrasi yang tepat dan dioleskan pada bagian perut untuk meringankan efek kram perut karena menstruasi.

Atasi Ketombe pada Rambut

Ilustrasi perempuan dengan rambut berketombe. (Special)

Minyak lavender bermanfaat  sebagai penyeimbang produksi sebum pada kulit kepala sehingga ketombe lebih mudah diatasi. Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh bungan ini dapat membuat rambut lebih harum dan terhindar dari bau apek akibat jamur yang terdapat pada kulit kepala.

Cegah Jerawat pada Kulit

Ilsutrasi Wajah Jerawat (Ladiestory.id)

Minyak alami ini dapat membuka pori-pori dan meredakan peradangan yang terjadi akibat jerawat. Hal ini membuat minyak lavender berkhasiat untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

Kamu bisa campurkan minyak lavender bersama minyak kelapa, lalu oleskan ke kulit setelah mencuci wajah. Kamu juga bisa gunakan sebagai toner wajah yang digunakan setiap hari. Gunakan kapas dan gosok dengan lembut dan pelan ke wajah untuk mendapatkan hasil wajah bebas jerawat.

Cerahkan dan Atasi Kerutan di Wajah

Ilustrasi perawatan wajah. (Spesial)

Sama dengan poin diatas, kandungan minyak lavender baik untuk peradangan. Hal ini membuat kulit wajahmu cerah karena menghambat perubahan warna kulit.

Jika memiliki masalah kemerahan kamu juga dapat atasi dengan minyak ini. Selain itu, penyebab utama adanya kerutan wajah adalah garis halus atau kerutan. Kamu dapat manfaatkan minyak ini dengan meneteskan minyak lavender bersama minyak kelapa, gunakan sebagai pelembab dan rutin lakukan setiap hari.