Bertahan Hidup dengan Satu Paru-Paru, Bolak Castello: Alhamdulillah Sampe Sekarang Sehat

Selasa, 22 Februari 2022 | 14:30:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Bertahan Hidup Dengan Satu Paru-Paru, Bolak Castello: Alhamdulillah Sampe Sekarang Sehat

Bolak Castello. (Instagram.com/bopakcastello_new)

Ladiestory.id - Pelawak Indrayana Bidwy atau kerap dipanggil Bopak Castello sempat tidak muncul dihadapan publik lantaran  mengalami kebocoran paru-paru. Kini, ia menjalani hidup dengan satu paru-paru.

Penyakit ini dialami Bopak saat dirinya masih bermain di Opera Van Java pada 2017. Saat itu, ia merasakan muntah-muntah.

Bopak mengaku saat di atas panggung, ia tidak merasakan sakit yang dialaminya. Sehingga, tetap bisa menghibur penonton.

"Awalnya pas kita main OVJ terakhir lah 2017. Itu juga kita ke rumah sakit dibohongi sama istri. Memang waktu kita di PVJ itu udah muntah posisinya," tutur Bopak Castello.

"Cuma ya kita bersyukur sama Allah saat kita main di panggung segar aja gitu. Karena hantaman AC pada saat itu kan seram juga. Karena orang-orang kayak kita kena AC parah kan," lanjutnya.

Meskipun demikian, Bopak tetap merasa beryukur lantaran sang istri tetap menemani dan menerima keadaannya. Ia mengaku semangat hidupnya hadir dari ketulusan hati sang istri.

"Soalnya kita udah terus terang sama istri, ini juga istri yang dulu mengawali kita bisa masuk RS untuk mengontrol kan, pas kita cek paru-paru tinggal 1," jelas Bopak Castello.

"Tapi kita gak patah semangat karena istri tetep menerima kita apa adanya selalu happy. Yang masalah penyakit itu kan dokter paru 1 atau apa tapi kan kita yakin sama Allah SWT masalah itu akan bantu kita jadi sehat," lanjutnya.

Tak hanya itu, Bopak juga bersyukur lantaran tak terpapar Covid-19. Ia mengungkapkan bahwa hal yang terpenting dalam hidupnya saat ini adalah kebahagiaan.

"Alhamdulillah sampe sekarang sehat terus apalagi pandemi kek gini, temen-temen pada kena, bopak dari pertama lahir tuh pandemi ga pernah kena," ujar Bopak Castello.

Bertahan dengan satu paru-paru tentunya ada beberapa perbedaan dalam menjalani hidup. Bopak menjelaskan bahwa pekerjaannya saat ini harus dipilih dengan benar agar tidak capek.

"Ada perbedaan, paling kita kalau kerja kita jangan terlalu capek banget, jangan terlalu geraknya terlalu ini, kalo dulu kita tau sendiri geraknya kaya apa, kutu lompat, kalo sekarang kita bisa ngukur diri," tutur Bopak Castello.