Biang Penyakit, 5 Cara Ampuh Usir Lalat di Rumah

Selasa, 7 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Biang Penyakit, 5 Cara Ampuh Usir Lalat Di Rumah

Ilustrasi lalat. (Special)

Ladiestory.id - Lalat menjadi salah satu serangga hama yang kerap membuat kesal. Pasalnya, lalat sangat suka hinggap di makanan dan menjadikannya penuh bakteri dan kuman. Terlebih, lalat sangat suka berada di dapur rumah.  Hal itu dikarenakan dapur terdapat banyak makanan hingga sampah basah yang memicu lalat hinggap. 

Dikutip Times of India, pada dasarnya lalat tidak membahayakan karena tidak dapat menggigit. Namun, lalat menjadi biang dari beberapa penyakit, di antaranya diare, tifus, kolera, disentri. Oleh sebab itu, sangat membahayakan jika lalat hinggap disuatu makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi. Lantaran makanan tersebut menjadi tidak higienis lagi. 

Sebenarnya, tidak sulit mengusir lalat dari rumah. Lantaran ada beberapa bahan alami yang mudah di dapat dan ampuh mengusir lalat. 

Daun Pandan 

Ilustrasi daun pandan. (Special)

Salah satu cara mengusir lalat dari rumah yakni menggunakan bahan alami daun pandan. Sehingga, daun pandan tidak hanya bermanfaat untuk memasak saja. Bukan menjadi rahasia umum bahwa daun pandan memiliki aroma yang wangi. Sebaliknya, lalat tidak suka dengan aroma yang wangi termasuk aroma dari daun pandan. 

Cara mengusir lalat dengan daun pandan pun terbilang mudah. Kamu hanya memerlukan daun pandan yang dipotong menjadi tipis-tipis. Daun pandan berukuran kecil dan halus ini dapat membuat aroma wangi semakin keluar. Kemudian, Kamu bisa letakkan irisan daun pandan ini di tempat-tempat yang kerap dihinggapi oleh lalat. 

Cengkeh 

Ilustrasi cengkeh. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang sapat digunakan untuk mengusir lalat dari rumah adalah cengkeh. Bahan alami ini dijamin ampuh lantaran cengkeh memiliki aroma yang sangat kuat. Bahkan, aroma ini sangat tidak disukai oleh lalat.

Caranya pun cukup mudah, Kamu hanya perlu merendam butiran cengkeh di dalam air. Kemudian taruh rendaman cengkeh tersebut di tempat yang kerap dihinggapi lalat. Kamu bisa menaruhnya pada siang atau pun malam hari. 

Air dalam Plastik

Ilustrasi air dalam plastik. (Special)

Cara ketiga terbilang mudah dibanding kedua poin sebelumnya. Pasalnya, Kamu hanya memerlukan air dan plastik sudah dapat mengusir lalat dari rumah. Cara ini pun kerap digunakan di warung makan. Cobalah tengok beberapa warung makan terkadang menggantung air di dalam plastik. Rupanya hal tersebut bertujuan untuk mengusir lalat.

erlebih, lalat akan suka berada dan hinggap di atas makanan. Terutama makanan yang memiliki bau menyengat atau amis. Di antaranya ikan, telur, teri, dan beberapa makanan lainnya. Cara tersebut terbilang ampuh, lantaran penglihatan lalat akan terkelabuhi. Lalat memiliki 3.000 hingga 6.000 mata pada setiap bulatan matanya. 

Rupanya air dalam plastik tersebut dapat membuat penglihatan lalat terganggu. Lalat tersebut tidak akan fokus melihat dan memilih untuk pergi. Namun, cara ini hanya dapat efektif dilakukan pada siang hari saja. Pasalnya cara ini membutuhkan cahaya yang sangat terang. 

Minyak Lavender

Ilustrasi minyak lavender. (Special)

Tanaman lavender juga menjadi bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengusir lalat dari rumah. Bahkan, lavender juga bisa mengusir beberapa hewan lainnya di antaranya nyamuk hingga kutu. 

Kamu bisa menggunakan lavender begitu saja atau olahan minyak lavender. Namun, Kamu harus memotong kecil-kecil lavender tersebut sehingga aroma akan lebih keluar. Jika ingin menggunakan minyak lavender, Kamu bisa menyemprotkan ke area yang kerap dihinggapi lalat. Dijamin lalat akan pergi dari rumah lantaran tidak kuat dengan aroma minyak lavender. 

Garam

Ilustrasi garam yang merupakan bumbu dapur. (Special)

Garam tidak hanya menjadi bumbu dapur sebagai perasa. Namun, garam juga bisa dijadikan bahan alami pengusir lalat. Bahkan, beberapa mengklaim garam dapat mengusir lalat secara cepat dan mudah.

Pasalnya, Kamu hanya perlu menaburkan garam di sekitar area yang kerap dihinggapi lalat. Misalkan di sekitaran meja makan yang kerap menjadi incaran lalat untuk hinggap. Bahkan, garam juga terbilang bahan alami yang hilang mengusir semut. 

s