Punya Aroma Khas, Ini 7 Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan

Sabtu, 4 Maret 2023 | 09:12:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Punya Aroma Khas, Ini 7 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Daun pandan. (Special)

Ladiestory.id - Daun pandan wangi atau Pandanus amaryllifolius merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Daun ini memiliki aroma yang khas. Sehingga daun ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan aromatik dalam berbagai olahan makanan seperti kolak, bubur, bahkan untuk memasak nasi. 

Selain itu, daun pandan juga sering dijadikan sebagai bahan pewarna alami. Di balik kegunaannya tersebut, ternyata daun pandan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meredakan nyeri, menjaga kesehatan kulit hingga mengobati luka bakar. Nah, berikut Ladiestory.Id telah merangkum tujuh manfaat pandan bagi kesehatan tubuh. 

1. Redakan Nyeri

Daun pandan. (Special)

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan dari daun pandan adalah dapat membantu meredakan nyeri, khususnya nyeri pada persendian. Daun pandan diolah menjadi minyak yang bisa kamu oleskan pada bagian sendi yang nyeri.

Kamu tak perlu repot membuatnya sendiri, karena kini sudah banyak dijual minyak esensial dengan ekstrak daun pandan. Dalam daun pandan diketahui terdapat senyawa aktif yang mampu meredakan nyeri sendi dan artritis. 

2. Cegah Penyakit Jantung

Daun pandan. (Special)

Manfaat selanjutnya dari daun pandan adalah dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Hal ini berkat adanya kandungan senyawa karotenoid yang cukup tinggi dalam daun pandan.

Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung karena adanya penumpukan plak (aterosklerosis). Sehingga, kamu bisa terhindar dari risiko terserang penyakit jantung. 

3. Pengobatan Luka Bakar

Daun pandan. (Special)

Selain dijadikan sebagai bahan aromatik, daun pandan juga ternyata berkhasiat untuk mengobati luka bakar. Namun, yang bisa diobati dengan daun pandan adalah luka bakar ringan atau yang disebabkan karena paparan sinar matahari berlebih.

Cara memanfaatkannya juga cukup mudah. Kamu bisa ambil beberapa lembar daun pandan kemudian jemur hingga kering. Setelah itu, tumbuk hingga halus dan berbentuk bubuk. Terakhir, kamu bisa menaburkan pada kulit yang mengalami luka bakar ringan. 

4. Kesehatan Mata

Daun pandan. (Special)

Dalam daun pandan ternyata juga terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Selain itu, juga terdapat kandungan beta karoten. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata serta melindungi mata dari berbagai penyakit yang disebabkan karena penuaan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menjadikan daun pandan sebagai infused water dan bisa kamu konsumsi setiap hari. 

5. Kesehatan Kulit

Daun pandan. (Special)

Selain bagus untuk kesehatan mata kandungan beta karoten yang ada pada daun pandan juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Beta karoten mampu memberikan perlindungan terhadap kulit agar terhindar dari paparan radiasi sinar ultraviolet. Radiasi ini dapat merusak kondisi kulit dan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti penuaan dini, dan kanker kulit.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Daun pandan. (Special)

Dengan mengonsumsi daun pandan maupun ekstraknya dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Dalam daun pandan terdapat kandungan yang dapat membantu menghambat penyerapan gula di usus.

Selain itu, daun pandan juga dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Sehingga, kadar gula darah tetap terjaga dan kamu bisa terhindar dari risiko diabetes. 

7. Cegah Penyakit Kanker

Daun pandan. (Special)

 Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari daun pandan bagi kesehatan tubuh adalah mampu mencegah terjadinya kanker. Pasalnya, dalam daun satu ini terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, dan beta karoten. Ketiga kandungan ini bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Karena radikal bebas sangat berbahaya dan mampu merusak sel-sel dalam tubuh. Ketika sel-sel dalam tubuh rusak, maka akan berisiko tumbuh sel-sel kanker. 

Ladies, itulah tujuh manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara membuat infused water, mengoleskan minyak esensial daun pandan, ataupun menggunakan bubuk daun pandan.