Biar Nggak Canggung Lagi, Ini 5 Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum

Selasa, 19 November 2019 | 16:50:17

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Biar Nggak Canggung Lagi, Ini 5 Tips Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Depan Umum

Jika kamu belum memiliki keterampilan berbicara di depan umum, mungkin kamu harus mempertimbangkan lagi untuk melatihnya atau meningkatkan keterampilan tersebut. Berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat diperlukan saat kuliah dan di tempat kerja. Dari mempromosikan apa yang kamu jual hingga mengadakan seminar, keterampilan berpidato adalah yang terpenting di dunia kerja. Jika kamu adalah orang yang bekerja langsung berhadapan dengan banyak orang, kamu akan sangat membutuhkan keterampilan berbicara di depan umum ini. Kalau kamu masih kurang lancar, kamu bisa coba 5 tips di bawah ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum agar kamu lebih mudah mengerjakan pekerjaanmu!

1. Perencanaan adalah kuncinya

perencanaan sebelum pidato
sumber: winofphiladelphia.org

Jika kamu ingin membuat pidato yang menarik dan memikat yang membuat semua orang duduk dan mendengarkan, kamu perlu merencanakannya! Pikirkan tentang bagaimana kamu ingin menyusun konten dan konteks presentasimu. Penting juga untuk mengetahui materimu. Kamu akan kesulitan mengartikulasikan topikmu jika kamu sendiri tidak mengetahuinya! Jadi pelajari terlebih dahulu apa yang ingin kamu sampaikan dan rencanakan apa yang kamu ingin bicarakan.

2. Teruslah berlatih

teruslah berlatih
sumber: thebusinesswomanmedia.com

Practice makes perfect. Siapa pun yang menciptakan pepatah klise yang ikonik ini pasti tahu dampak dari kalimat tersebut! Kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghapal materi informasi dan statistik yang akan kamu bicarakan nanti. Sebaliknya, pilihlah untuk mempelajari poin-poin utama dan uraikan sisanya dengan kata-katamu sendiri, berdasarkan pada pemahamanmu tentang topik tersebut. Meniru secara keseluruhan informasi dari bahan yang kamu hafalkan malah akan membuat audiens merasa kamu hanyalah sebuah e-book yang sedang diputar!

3. Perhatikan bahasa tubuhmu

perhatikan bahasa tubuh
sumber: lawabsolute.com

Pikirkan Winston Churchill dalam batinmu dengan memperhatikan bahasa tubuh yang kamu keluarkan! Sungguh mengherankan bahwa hal-hal yang relatif sepele seperti postur tubuh dan kontak mata dapat membuat kabur atau merusak ucapanmu. Hal-hal sederhana seperti berdiri tegak, melakukan kontak mata, dan tidak gelisah akan meningkatkan citra dan kredibilitasmu di mata audiensmu. Jadi, saat berbicara di depan umum, penting untuk memperhatikan bahasa tubuhmu, Ladies!

4. Libatkan audiensmu

libatkan audiensmu
sumber: gsb.stanford.edu

Untuk membuat presentasi yang jelas namun meyakinkan semua audiensmu, kamu perlu memberikan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan audiensmu. Sertakan komentar cerdas, anekdot yang relevan, dan kisah pribadi yang relatable dengan konten yang sedang kamu sampaikan. Ini membantu audiens untuk berhubungan dan merasa terlibat sepanjang penjelasan yang sedang kamu jelaskan.

5. Berpikirklah positif!

berpikir positif
sumber: pivotlearning.org

Hal terpenting yang harus kamu ingat adalah berpikir positif! Jika kamu membombardir dirimu dengan kalimat-kalimat pesimistis tepat sebelum kamu presentasi, kamu pasti akan merasa tidak bersemangat dan kata-kata yang kamu lontarkan itu akan mengacaukan presentasi yang akan kamu sampaikan. Terkadang, yang kamu butuhkan adalah rasa percaya diri! Cobalah untuk rajin membaca kutipan inspirasional atau bahkan meme lucu untuk merenggangkan ketegangan dalam otot-ototmu!

Berbicara di depan umum itu merupakan sebuah kebiasaan yang akan lancar jika kamu melakukannya setiap hari, tak apa tidak sempurna di awalnya asalkan kamu mau berkembang untuk menjadi lebih baik lagi, semangat Ladies!