Biasakan Yuk! Ini 7 Manfaat Rutin Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 6 Desember 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Biasakan Yuk! Ini 7 Manfaat Rutin Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Minum Air Hangat. (ShineSheets)

Ladiestory.id - Ladies, memenuhi cairan tubuh memang sangat penting agar tubuh tetap fit dan sehat. Walaupun memiliki rasa yang tawar, mengonsumsi air hangat memiliki ragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Nah, bagi kamu yang ingin beralih ke pola hidup sehat dan berhenti mengonsumsi minuman manis dan berpengawet, maka kamu pun bisa beralih mengonsumsi air hangat setiap harinya, Ladies. Berikut ini tujuh  manfaat rutin minum air hangat bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan, simak yuk!

1. Melancarkan Aliran Darah

Ilustrasi Minum Air Putih. (Freepik)

 

Manfaat mengonsumsi air hangat dapat meningkatkan radiovaskular dalam tubuh yang menjadikan aliran darah lebih lancar serta membantu pelebaran pembuluh darah. Aliran darah yang lancar dapat membantu meningkatkan otot menjadi rileks serta dapat mengatasi masalah nyeri.

2. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Ilustrasi Tubuh Sehat. (Creative Market)

 

Padatnya aktivitas baik didalam maupun diluar ruang dapat membuat tubuh mudah dehidrasi dan kekurangan cairan, dengan mengonsumsi air hangat akan membuat suhu tubuh meningkat bahkan keringatpun akan keluar dengan sendirinya sehingga racun-racun dari dalam tubuhmu dikelurkan melalui keringat tersebut.

Begitu pula bagi kamu yang sering beraktivitas dibawah terik sinar matahari, terpapar polusi maupun debu hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi air hangat dan membuang sisa-sisa kotoran yang menempel di tubuh dan menjadikan dirimu tetap sehat dan terlindungi.

3. Sebagai Solusi Diet

Ilustrasi Diet. (Freepik)

 

Mengonsumsi air hangat juga bisa menjadi salah satu solusi diet sehat, lho. Hal ini dikarenakan air hangat dapat berfungsi sebagai bahan bakar metabolisme serta membantu mempercepat sirkulasi darah sehingga tubuh membantu membuang kalorinya. Rutin mengonsumsi air hangat dapat menjadikan berat badan tubuh ideal serta dapat membantu mengontrol rasa lapar berlebih.

4. Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Ilustrasi Nyeri Haid. (Freepik)

 

Ladies, menstruasi kerap membuat wanita mengalami rasa nyeri, perubahan suasana hati bahkan tubuh menjadi mudah lelah akibat mengeluarkan darah haid dari dalam tubuh.

Nah, untuk mengatasi masalah ini kamu dapat mengonsumsi air hangat untuk membantu meredakan nyeri khusunya dibagian perut maupun pinggang, dengan cara ini kamu pun dapat kembali beraktivitas tanpa kendala.

5. Menyehatkan Rambut

Ilustrasi Rambut Sehat. (Freepik)

 

Tak hanya dirawat dari luar rambut yang sehat juga perlu dirawat dari dalam, selain mengonsumsi makanan sehat, mengonsumsi air hangat dapat membantu menyehatkan kutikula rambut sehingga rambut lebih kuat dan terhindar dari masalah rambut rontok. Selain itu, rutin mengonsumsi air hangat dapat membantu meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan rambut.

6. Mengatasi Radang Tenggorokan

Ilustrasi Radang Tenggorokan. (Health)

 

Ladies, mengonsumsi air hangat juga dapat membantu meredekan radang tenggorokan maupun panas dalam, selain itu air hangat juga dapat meredakan batuk, flu maupun amandel. Oleh sebab itu, mengonsumsi air hangat dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi rasa sakit yang timbul akibat batuk berdahak, hidung tersumbat, radang amandel hingga sakit tenggorokan.

7. Awet Muda

Ilustrasi Kulit Sehat. (Freepik)

Rutin mengonsumsi air hangat sebelum dan setelah bangun tidur dapat membuat tubuh menjadi rileks dan terhindar dari stres. Dengan demikian, mengonsumsi air hangat dapat memberikan efek relaksasi bagi kulit dan tubuh yang dapat menjadikan seseorang lebih sehat dan awet muda. Selain membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, air hangat ini pula dapat memperbaiki sel-sel kulit untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Ladies, itulah ke tujuh manfaat dari rutin mengonsumsi air hangat yang bisa kamu dapatkan bagi kesehatan tubuh, semoga informasi ini dapat bermanfaat.