Selain Air Hangat, Ini 6 Cara Buka Pori-pori Wajah

Minggu, 28 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Air Hangat, Ini 6 Cara Buka Pori-Pori Wajah

Ilustrasi cara membuka pori-pori wajah. (Special)

Ladiestory.id - Pori-pori wajah yang tersumbat akan kotoran, debu dan minyak berlebih tentunya dapat membuat kulit menjadi berjerawat, munculnya komdeo serta alami sebum berlebih. Maka dari itu, peran pori-pori wajah juga dapat membuang racun dan kotoran serta membantu menghidrasi kulit.

Selain air hangat, kamu pun bisa membuka pori-pori wajah dengan melakukan 6 cara berikut ini, loh?

Gunakan Pembersih Wajah

Gunakan Pembersih Wajah. (Pinterest)

Kamu bisa membuka pori-pori wajah yang tersumbat dengan menggunakan pembersih wajah, seperti facial wash atau facial foam. Alangkah lebih baiknya kamu memilih produk pembersih wajah dengan tekstur krim dan menyesuaikan dengan jenis kulitmu.

Untuk kulit wajah berminyak atau kombinasi kamu bisa menggunakan formula gel. Dengan rutin membersihkan wajah menggunakan produk pembersih wajah, maka dapat membantu membuka pori-pori wajah secara menyeluruh, serta membantu mengangkat kotoran pada wajah.

Cuka Apel

Cuka Apel. (Pinterest)

Sari cuka apel memiliki berbagai ragam manfaat bagi kecantikan tubuh, salah satu di antaranya untuk kulit wajah. Selain dapat mengangkat komedo dan jerawat, cuka apel juga dapat membuka pori-pori wajah secara alami.

Kamu juga bisa memanfaatkan cuka apel sebagai toner. Cara menggunakannya, bersihkan dan bilas wajah menggunakan air hangat, kemudian oleskan toner cuka apel ke permukaan wajah. Tepuk-tepuk toner cuka apel dengan jari hingga mengering.

Masker Wajah

Masker Wajah. (Pinterest)

Selain melembapkan dan mencerahkan, masker wajah juga dapat membuka pori-pori wajah, loh? Masker wajah akan membantu membuka pori-pori yang tersumbat, sekaligus mengangkat kotoran dan mencegah wajah menjadi kusam.

Saat ini pun sudah banyak produk masker wajah yang dijual di pasaran. Kamu juga harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan wajah agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Begitu juga untuk masker wajah, perhatikan dan cari tahu kandungan di dalamnya yang sesuai dengan kondisi masalah dan jenis kulitmu.

Retinol

Retinol. (Pinterest)

Retinol juga dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah yang tersumbat akibat kotoran dan debu. Zat retinol dapat membantu mempercepat pembaharuan sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga retinol akan dengan mudah menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah.

Brush Cleanser

Brush Cleanser. (Pinterest)

Salah satu alat yang dapat kamu gunakan untuk membuka pori-pori wajah adalah brush cleanser. Alat kecantikan yang praktis satu ini dapat menembus lebih dalam ke permukaan pori-pori kulit wajah untuk menghilangkan tingkat minyak dan kotoran pada kulit. Selain itu, brush cleanser juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan mudah.

Menguap Wajah

Menguap Wajah. (Pinterest)

Pori-pori yang tersumbat juga dapat dibuka dengan melakukan uap wajah dengan air hangat dan minyak essential. Selain membuat rileks, minyak essential juga dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah.

Caranya, kamu bisa menggunakan air hangat dan simpan dalam wadah baskom. Kemudian, tambahkan minyak essential ke dalam air hangat sesuai selera yang diinginkan. Taruh wajah di atas permukaan baskom hingga terasa uap nya. Biarkan uap tersebut menyelimuti permukaan wajah. Lakukan selama 5 menit sambil memijat wajah.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka pori-pori wajah yang bisa dicoba di rumah. Untuk mendapat hasil yang maksimal, coba lakukan secara rutin ya? Semoga bermanfaat!