Bisa Terima Diri Sendiri, Ini 5 Manfaat Self-Love

Selasa, 23 Januari 2024 | 09:22:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bisa Terima Diri Sendiri, Ini 5 Manfaat Self-Love

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Istilah self-love tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, istilah ini mengacu pada ajakan untuk menyadari akan pentingnya kesehatan mental bagi seseorang.  Self-love artinya mencintai diri sendiri, dan mengharuskan seseorang untuk memperlakukan serta menerima diri sendiri dengan baik apa adanya. 

Self-love berarti memiliki apresiasi, ketertarikan, dan memberikan penghargaan positif terhadap diri sendiri. Ketika seseorang memiliki rasa self-love yang kuat, seseorang akan memahami nilai diri sendiri dan memperlakukan diri dengan cara yang baik. 

Melansir BetterUp, berikut 5 manfaat menerapkan self-love.

Stres yang Lebih Rendah

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Pemicu stres adalah ketika seseorang merasa tidak mampu menghadapi tantangan yang ada di dalam dirinya. Jika seseorang memiliki rasa self-love yang kuat, maka ia akan lebih mampu menghadapi tantangan.

Self-love tak hanya membantu seseorang bangkit kembali dengan baik, tetapi juga membuat seseorang agar tetap sehat secara mental.

Berani Ambil Risiko

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Seseorang yang berani mengambil risiko berarti ia memiliki keyakinan pada dirinya sendiri. Ketika seseorang mencintai dirinya sendiri, maka ia dapat mengidentifikasi peluang untuk berkembang.

Pengambilan risiko bukan hanya tentang melakukan sesuatu yang menyenangkan, melainkan juga tentang memberi diri sendiri peluang terbaik untuk sukses.

Bisa Terima Diri Sendiri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Ketika seseorang mampu melihat diri sendiri dan menerima kekuatan dan kelemahannya, maka ia juga bisa memiliki kasih sayang terhadap orang lain. Kemampuan untuk memberikan ruang bagi perjuangan orang lain dapat membantu seseorang menjadi lebih berempati lagi dan menciptakan hubungan yang lebih baik.

Yakin Pada Diri Sendiri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Seseorang dengan rasa self-love yang tinggi, akan lebih mampu dalam menghadapi hal-hal baru. Kepercayaan diri dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri yang timbul dari rasa self-love akan membantu seseorang untuk mencapai tujuan, menantang diri sendiri, dan menjalani kehidupan terbaik.

Tahu Kemauan Diri Sendiri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Terkadang seseorang berpikir bahwa mengatakan “Iya” pada segala hal dan selalu bersedia membantu orang lain adalah sebuah kebaikan. Namun, bagian terpenting dari self-love adalah mengetahui apa yang harus dilakukan dan mampu memilah apa yang tidak bermanfaat bagi diri sendiri.