Bocor? 6 Tips Hilangkan Noda Darah Kering pada Kasur

Sabtu, 15 Januari 2022 | 22:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Bocor? 6 Tips Hilangkan Noda Darah Kering Pada Kasur

Ilustrasi perempuan sakit perut. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, pasti Kamu pernah mengalami "kebocoran" ketika terbangun pagi hari di tempat tidur. Masalah ini bisa ganggu pagimu di saat menstruasi datang. Bagaimana tidak, Kamu harus membersihkan noda darah yang menempel di kasur, sementara mungkin Kamu tak punya banyak waktu untuk melakukannya.

Tenang, Ladiestory.id memberikan beberapa tips jitu untuk menghilangkan noda darah di kasur.

6 Cara Hilangkan Noda Darah pada Kasur

1. Sabun Cuci Piring

Ilustrasi sabun cuci piring. (Special)

 

Cara menghilangkan noda darah yang pertama adalah dengan sabun cuci piring. Kamu dapat mencampur sabun cuci piring dengan air secukupnya. Lalu oleskan larutan ini pada noda darah di kasur.

Tunggu hingga larutan sabun cuci piring ini meresap atau sekitar sekitar 15 hingga 30 menit. Jika sudah, Kamu bisa tepuk-tepuk noda tersebut atau menyikatnya dengan sikat gigi secara perlahan.

Untuk menghilangkan busa sabun di kasur, Kamu bisa menggunakan kain yang dibasahi lalu usap bagian kasur yang masih ada sabunnya.

2. Larutan Garam

Ilustrasi garam. (Special)

 

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan untuk perasa sebuah masakan. Namun garam juga bisa dijadikan cara menghilangkan noda darah.

Cukup membuat larutan garam dengan cara mencampurkan 2 sendok teh garam ke cangkir berisi air dingin. Kemudian tuangkan larutan garam ini ke kain bersih.

Jika sudah, kamu boleh menekan-nekan kain tersebut ke noda darah yang ada di kasur. Lakukan hal ini beberapa kali hingga noda darah hilang dan bersih. Jangan lupa bilas kasur dengan kain bersih yang sudah dibasahi.

3. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah zat kimia yang berbentuk cairan bening, tidak berwarna, dengan tekstur sedikit lebih kental dibandingkan air. Nah rupanya zat kimia ini juga bisa dijadikan cara menghilangkan noda darah.

Kamu hanya perlu meneteskan hidrogen peroksida ke noda darah di kasur. Diamkan setidaknya selama 30 menit. Jika sudah muncul busa, segera usap dengan kain kering yang bersih. Lalu bilas sisa busa dengan kain yang sudah dibasahi dengan air.

Namun perlu diketahui, hidrogen peroksida merupakan bahan kimia yang pasti memiliki efek samping. Ketika kamu menggunakan cara ini untuk menghilangkan darah kering, pastinya membuat kain permukaan menjadi lebih rapuh.

4. Sampoo dan Sabun Mandi Batang

Ilustrasi sampo. (Special)

Benar, sampoo digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Begitu juga dengan sabun batang yang digunakan untuk mandi. Namun apakah Kamu tahu bahwa kedua barang ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan darah kering di kasur?

Cukup dengan menuangkan sampoo ataupun sabun mandi batang ke darah kering. Lalu sikat bagian noda darah dengan sikat gigi secara lembut. Jika sudah, hilangkan busa dengan kain yang sudah dibasahi air. Apabila noda darah di kasur belum hilang, Kamu bisa mengulang cara ini beberapa kali hingga darah kering tersebut hilang.

5. Maizena

 Rupanya tepung maizena juga bisa dijadikan bahan untuk menghilangkan noda darah di kasur. Kamu cukup menyiapkan dua sendok tepuk maizena, satu sendok garam, dan seperempat gelas hidrogen peroksida. Larutkan semua bahan hingga menjadi adonan seperti pasta.

Oleskan pasta maizena di atas permukaan kasur yang terkena noda darah, biarkan hingga benar-benar kering. Jika sudah kering, kikis pasta menggunakan sendok dan pastikan sudah tidak ada sisa pasta di kasur.

6. Saus Pengempuk Daging (meat tenderizer)

Meat tenderizer atau saus pengempuk daging juga bisa dijadikan salah satu tips membersihkan noda darah di kasur. Cara ini bisa dipakai untuk noda darah kering. Meat tenderizer ini bekerja dengan cara memutuskan rantai protein dari noda darah sehingga mudah dibersihkan.

Cukup campurkan 1 sendok makan meat tenderizer dengan 2 sendok makan air dingin. Aduk hingga berbentuk seperti pasta kental. Baru campurkan adonan tersebut ke noda darah dan tunggu hingga 30 menit-1 jam. Jika sudah, bersihkan dengan kain yang dibasahi oleh air.