Bolehkah Ibu Hamil Makan Daun Pepaya? Yuk Cari Tahu di Sini!

Kamis, 23 September 2021 | 16:46:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daun Pepaya? Yuk Cari Tahu di Sini!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ibu hamil memerlukan lebih banyak nutrisi buat menunjang tumbuh kembang janin. Anda bisa dapatkan salah satunya dengan banyak konsumsi sayuran. Bicara soal sayur, daun pepaya juga merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

Rasanya yang pahit membuat jarang orang yang tak menyukainya. Padahal, jika diolah dengan benar, daun pepaya enak lho, Ladies. Tapi yang jadi pertanyaannya bolehkah ibu hamil makan daun pepaya? Yuk cari tahu di bawah ini.

Perlu Anda ketahui daun pepaya memiliki manfaat yang baik buat ibu hamil, seperti :

1. Membantu Pembentukan Tulang Janin

Foto: Ladiestory.id

Selama masa kehamilan, janin banyak bergantung pada tubuh ibunya dalam memperoleh asupan nutrisi dan gizi. Salah satunya berupa kebutuhan akan vitamin D yang bertugas dalam pembentukan tulang janin.

Daun pepaya diketahui sebagai sayuran yang mengandung vitamin D dan kalsium. Kedua zat ini berperan besar dalam mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang janin.

Ibu hamil juga akan terjaga kekuatan tulangnya, sehingga bisa tetap beraktivitas seperti biasa sekalipun tengah mengandung.

2. Mencegah Anemia

Anemia sering jadi momok bagi ibu hamil. Kondisi ketika seseorang mengalami kurang darah karena kekurangan asupan zat besi dalam tubuh ini bisa membahayakan ibu hamil jika dibiarkan tanpa penanganan.

Selain mengonsumsi vitamin penambah darah sesuai anjuran dokter, menyantap daun pepaya juga bisa jadi solusi praktis, ya Ladies. Rupanya daun pepaya terkenal mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, sama seperti sayuran berdaun hijau lain. Apalagi, cadangan zat besi pada wanita hanya 0-300 miligram saja.

Tidak heran kalau kekurangan sel darah merah lebih sering dialami perempuan, terutama ibu hamil. Maka, sebagai ibu hamil, Anda perlu mengonsumsi daun pepaya agar kandungan hemoglobin dalam darah berada pada angka normal guna memperlancar proses persalinan kelak

3. Melancarkan Buang Air Besar

Foto: Ladiestory.id

Sudah jadi rahasia umum kalau ibu hamil rentan mengalami sembelit. Semua terjadi akibat kondisi hormonal yang berubah-ubah. Hasilnya, ini akan berpengaruh pada gerak peristaltik otot usus dan membuat ibu hamil sembelit.

Nah, menyantap daun pepaya ternyata bisa membantu kerja usus. Daun pepaya bisa memudahkan usus mencerna lemak dan protein, sehingga mengurangi keluhan sembelit yang kerap dirasakan ibu hamil.

4. Menambah Nafsu Makan

Sekalipun rasanya pahit, makan daun pepaya justru bisa meningkatkan nafsu makan. Apalagi, jika daun pepaya diolah dengan tepat dan bisa mengurangi rasa getirnya.

Anda bisa membuat tumis daun pepaya yang lezat dengan bumbu-bumbu sederhana, plus irisan cabai dan ikan teri. Pilihan lainnya, Anda juga bisa meremas-remas daun lebih dulu, lalu direbus bersama garam hingga layu. Cocok sebagai lalapan teman bersantap ayam penyet atau ikan goreng.

5. Meningkatkan metabolisme Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Daun pepaya juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang mempunyai manfaat penting untuk tubuh. Vitamin C berguna membuat sistem kekebalan tubuh lebih meningkat, sehingga tubuh Mama tidak rentan terkena virus, kuman, atau bakteri.

Apalagi, ada kecenderungan metabolisme tubuh Anda menurun selama kehamilan. Kalau tidak dibentengi dengan makan makanan bergizi seperti daun pepaya,  Anda bakal mudah tertular penyakit.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam daun pepaya juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Vitamin E mengandung antioksidan yang bagus sebagai perlindungan dan pertahanan tubuh.

Nah, itulah manfaat dari daun pepaya buat ibu hamil. Meskipun daun pepaya baik buat ibu hamil, tapi Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup 2-3 minggu sekali saja, karena bila daun pepaya dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan risiko darah tinggi.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan daun pepaya? Jawabnya boleh tapi dengan batas wajar ya, Ladies. 

Berita Terkait