Bolehkah Wanita Hamil Minum Jamu Kunyit Asam? Inilah Jawabannya!

Kamis, 11 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Bolehkah Wanita Hamil Minum Jamu Kunyit Asam? Inilah Jawabannya!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Para orang tua zaman dulu menyarankan wanita hamil untuk konsumsi kunyit asam pada saat menjelang kelahiran. Konon, kunyit asam dapat melancarkan darah nifas dan menghilangkan bau amis darah nifas.

Bolehkah Wanita Hamil Minum Jamu Kunyit Asam?

Tapi kini sebagian masyarakat ada yang berpendapat bahwa wanita hamil dilarang minum jamu kunyit asamLantas sebenarnya bolehkah wanita hamil minum jamu kunyit asam? Simak jawabannya di bawah ini!

Foto: TheAsianparent

Seperti yang kita ketahui manfaat dari kunyit asam bagi wanita adalah untuk meredakan rasa nyeri pada panggul saat menstruasi akibat adanya kontraksi pada rahim. Nah, bukankah wanita hamil juga sering mengalami rasa nyeri saat rahim berkontraksi? 

Nah, dari sini jelaslah wanita hamil masih boleh mengonsumsi kunyit asam namun tentunya dalam batasan yang wajar atau tidak boleh berlebihan.

Kunyit asam masih aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil bila dicampurkan dalam makanan dan diracik sendiri. Tapi perlu diingat juga untuk tidak konsumsi kunyit asam dalam bentuk bubuk yang dijual bebas di pasaran.

Bubuk kunyit atau cair yang dijual bebas di pasaran, dikhawatirkan mengandung campuran bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi janin. 

Adapun batas maksimal konsumsi kunyit asam bagi wanita hamil adalah 500 miligram per hari. Perlu diingat agar tidak melebihi dosis itu, ya!

Yang tidak kalah penting adalah tidak meminum kunyit asam secara rutin setiap hari, karena kurkumin yang berlebihan malah akan menyebabkan kontraksi atau keguguran pada janin. Jadi, intinya konsumsilah sewajarnya saja, dan juga harus diracik sendiri agar aman bagi janin.

Untuk cara meracik atau membuat jamu kunyit asam sendiri, kamu bisa ikuti caranya di bawah ini.

Cara Meracik Kunyit Asam Sendiri 

Foto: Islampos

Seperti yang telah dijelaskan diatas kunyit asam lebih baik dibuat dan diracik sendiri agar kamu yakin dapat mengonsumsi dengan aman tanpa tambahan atau campuran obat - obatan yang bahaya bagi tubuh terutama bagi wanita hamil. 

Berikut bahan-bahan dan cara membuat kunyit asam :

Bahan-bahan:

  • 8 ruas kunyit ukuran besar
  • 20 gram asam jawa
  • 100 gram gula jawa
  • 600 ml air bersih

Cara membuatnya:

Foto: Merdeka

Cucilah kunyit hingga bersih, lalu kupas kulitnya, parut kemudian beri sedikit air lalu peras parutan kunyit hingga habis airnya dan tersisa ampas. Rebus perasan kunyit tersebut dan tambahkan gula, asam jawa kemudian aduk sampai mendidih. 

Setelah mendidih matikan kompor dan dinginkan, kemudian saring dan masukkan dalam botol atau bisa langsung dimasukkan dalam gelas bila ingin segera meminumnya. Agar kunyit asam bertahan untuk beberapa hari, kamu bisa masukkan dalam kulkas.

Jadi, ibu hami boleh minum jamu kunyit asam, selama dalam jumlah batasan yang wajar. Agar lebih aman, ibu hamil dapat membuat sendiri ramuan jamu kunyit asam seperti resep di atas. Semoga bermanfaat bagi para wanita indonesia pecinta jamu tradisional khususnya jamu kunyit asam.