Buah Berwarna Kuning Ini, Ternyata Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Kamis, 23 Januari 2020 | 13:50:31

LS Health

Penulis : LS Health

Buah Berwarna Kuning Ini, Ternyata Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam dunia makanan juga minuman. Buah berwarna kuning cerah ini ternyata mempunyai banyak  manfaat untuk tubuh. Selain warna yang cerah buah lemon juga kaya akan vitamin. Lemon kaya akan vitamin C, vitamin B dan mineral lainnya.

Rasanya yang asam juga menyegarkan orang yang mengonsumsinya.  Tak heran, lemon sering dijadikan berbagai olahan minuman. Menurut National Geographic, pH pada lemon antara dua dan tiga. Ini artinya lemon berada di bagian yang sama dari skala asamnya acar. Nilai pH inilah yang membuat lemon terasa asam. Menurut Akademi Sains Australia, "Keasaman adalah ukuran konsentrasi ion hidrogen yang ada ketika suatu zat dilarutkan dalam cairan." Semakin banyak hidrogen yang dilepaskan, maka lemon akan semakin asam.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Sumber Foto : Loop

 

Kamu mungkin sudah tahu bahwa rutin makan buah-buahan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Ya, buah lemon yang tinggi kadar vitamin C dan antioksidan juga efektif dalam mencegah infeksi virus yang umum seperti Flu.

Meningkatkan daya serap zat besi

Sumber Foto : beritasatu.com

 

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh lemas, pusing, hingga anemia. Sementara itu, lemon berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Maka, mulai sekarang cobalah mengonsumsi lemon bersama dengan makanan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau.

Mencegah Kanker

Sumber Foto : gvec.org

 

Beberapa klaim mengatakan lemon mengandung alkali,sel kanker tidak dapat berkembang di lingkungan dengan zat basa. Sebenarnya, sel kanker memang lebih mudah tumbuh pada lingkungan dengan zat asam, tapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk sel kanker tetap tumbuh di tempat yang basa.

Fakta lainnya, sel kanker memiliki kemampuan untuk membuat lingkungan yang asam secara sendirinya. Jadi, mengonsumsi makanan atau minuman yang dikatakan mengandung alkali tidak akan menghentikannya juga karena baik darah atau sel pada tubuh tidak akan berubah dengan apa yang Kamu makan.

Mengatasi maag

Sumber Foto : tribunnews.com

 

Sebuah studi dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences mengungkapkan bahwa kandungan asam askorbat dalam buah lemon bisa menyeimbangkan kadar asam lambung dalam sistem pencernaan Kamu. Di samping itu, lemon juga memiliki sifat antiperadangan alami.

Dapat Menambah IQ

Sumber Foto : hellosehat.com

 

Belum ada uji coba sains yang mengatakan bahwa kandungan pada lemon yang dapat meningkatkan kecerdasan. Hal yang sebenarnya terjadi adalah rasa asam pada air lemon yang membuat Kamu lebih terfokus pada suatu hal. Istilahnya, air lemon dapat membuat Kamu melek.

Penglihatan juga bisa lebih fokus dan terpusat dalam memerhatikan sesuatu. Karenanya, disarankan untuk meminum air lemon setiap pagi. Lemon adalah sumber vitamin C yang telah terbukti dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, serta dengan mengonsumsi serat lemon secara teratur terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Asam sitrat telah dikaitkan dengan pengurangan frekuensi batu ginjal dalam beberapa penelitian, dan lemon juga membantu mencegah kekurangan zat besi.