Bisa untuk Diet, Ini Proses Pengeringan, Kandungan, dan Manfaat Buah Kering

Minggu, 17 Oktober 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Bisa Untuk Diet, Ini Proses Pengeringan, Kandungan, Dan Manfaat Buah Kering

Foto: KlikDokter

Ladiestory.id - Biasanya buah kering digunakan sebagai pelengkap di atas kue kering dan camilan lainnya. Selain enak dan crunchy sebenarnya buah kering mengandung nutrisi yang banyak sehingga baik untuk kesehatan.

Bahkan kini, buah kering sedang menjadi tren ketika orang berlomba-lomba ingin menjalankan pola makan sehat. Dimana mereka menambahkannya sebagai taburan oatmeal atau sebagai camilan di sore hari.

Apa itu Buah Kering?

Buah kering adalah buah yang diproses dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari langsung atau dengan alat pengering buatan tetapi tetap mempertahankan rasa dan aromanya.

Teknik mengeringkan buah ini sudah dikenal di Timur Tengah sejak 5000 tahun yang lalu untuk memperpanjang masa simpan buah itu. Selain bisa dimakan begitu saja, buah-buahan kering juga banyak dipakai untuk menambah rasa manis pada makanan lain.

Proses Pengeringan Buah Kering

Proses Pengeringan Buah Kering
Foto: picnicdostavka

Proses pengeringan buah jenis ini dilakukan dengan cara dijemur langsung di bawah sinar matahari, menggunakan mesin pemanas, ataupun dengan pembekuan.

Dari ketiga jenis pengeringan tersebut, pembekuan dapat mempertahankan nutrisi buah paling banyak. Sedangkan pengeringan matahari dan udara sedikit menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Tidak hanya itu, setelah buah dikeringkan, ada beberapa yang dikemas menggunakan sulfur dioksida, yaitu antioksidan buatan dan agen anti bakteri. Fungsinya, untuk mencegah buah berubah warna dan membuat buah lebih tahan lama atau awet.

Jadi, jangan heran jika buah-buahan jenis ini mengandung sulful oksidan yang lebih tinggi dari buah segar. Kandungan sulfur oksidan ini bagi beberapa orang yang sensitif terhadap sulfur oksidan dapat menyebabkan masalah pernapasan, sakit kepala, bahkan gatal-gatal. Umumnya kondisi ini lebih rentan bagi para penderita asma.

Kandungan dan Manfaat Mengonsumsi Buah Kering

Tidak berbeda jauh dengan buah segar, buah kering dikenal bergizi dan dapat memberikan khasiat yang signifikan untuk tubuh. Dalam satu potong buah kering terkandung jumlah nutrisi yang sama dengan buah segar.

Dibandingkan dengan makanan lainnya, buah kering bisa mengandung hingga 3,5 kali serat, vitamin dan mineral. Oleh karena itu, satu porsi buah kering dapat membantu melengkapi kebutuhan asupan harian yang disarankan dari banyak jenis vitamin dan mineral, seperti folat.

Buah Kering
Foto: HelloSehat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah kering mengandung banyak serat dan merupakan sumber antioksidan yang mumpuni, terutama polifenol.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko kerusakan oksidatif dan sejumlah penyakit lainnya.

Meski demikian, kandungan vitamin dalam buah kering berkurang secara signifikan karena mengalami proses pengeringan. Tapi tenang saja, buah kering tetap baik untuk dikonsumsi.

Buah Kering untuk Diet

Tak hanya lezat dan menyehatkan, seringkali orang mengonsumsi buah kering untuk diet. Bagaimana bisa buah kering untuk diet? Yuk simak ulasan di bawah ini seperti yang dilansir dari Llive Strong

1. Buah Kering Tidak Memiliki Serat

Kandungan nutrisi di dalam buah segar dan kering jelas berbeda. Kemudian proses pembuatan buah kering pun sangat beragam.

Namun pada intinya, buah kering dibuat dengan cara menghilangkan kadar air buah segar sepenuhnya. Meski beberapa nutrisi ikut hilang, buah kering tetap mengandung beberapa vitamin dan mineral, salah satunya serat sehingga buah kering untuk diet.

2. Gula dan Kalori

Hilangnya kelembapan buah segar membuat buah kering mengandung lebih banyak kalori. Selain itu, kandungan gula di dalam buah kering juga perlu diwaspadai.

Sehingga meskipun buah kering cocok dikonsumsi sebagai camilan untuk menurunkan berat badan, jumlahnya tetap perlu dibatasi.

Buah Kering
Foto: Merdeka

3. Cara Membuat Buah Kering untuk Diet

Untuk lebih aman, buah kering untuk diet sebenarnya bisa dibuat sendiri melalui dehidrator, mesin yang bisa mengeringkan buah segar. Beberapa buah yang bisa dikeringkan adalah apricot, irisan apel atau pir, pisang, berry, dan anggur.

Itulah nutrisi yang terkandung dalam buah kering. Salah satu contoh buah kering yang lezat sekaligus menyehatkan adalah kismis yang terbuat dari anggur.

Inilah informasi lengkap mengenai buah kering, mulai dari manfaat, kandungan, proses pengeringan, hingga buah kering untuk diet. Semoga bermanfaat, ya!