Buah Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Sunday, 11 Apr | 23:24:58

LS Health

Penulis : LS Health

Buah Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Ingin kulit sehat yang tampak mulus dan glowing? Terkadang skincare dan olahraga saja tidak cukup, karena kamu perlu merawat dan menutrisi kulit dari dalam juga. Kulit membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan cerah. Untuk itu, kamu perlu menjaganya dengan rutin memakai perawatan kulit dari luar seperti mengaplikasikan pelembap dan tabir surya. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan. 

Buah-buahan mampu menunjang kecerahan wajah yang bekerja dari dalam tubuh, baik kulit lapisan atas atau bawah. Selain mampu mencerahkan kulit, mengonsumsi buah juga mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang mengganggu proses pemecahan kolagen. 

Berikut ini buah-buahan yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, buah-buahan ini mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu:

Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat berkat kandungan asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Buah ini mengandung seng dan kalium. Seng bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium bermanfaat untuk menghidrasi kulit yang dehidrasi. Jangan buang kulit pisang, karena bagian dalam kulit pisang jika digosokan pada wajah bermanfaat untuk kecerahan kulit. 

Kiwi

Buah ini mengandung asam lemak omega-3, asam yang melindungi kulit dari kuman. Buah kiwi dapat mencegah kamu dari infeksi kulit dan mencegah munculnya kulit kendur. Kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu memproduksi kolagen dan mencerahkan. 

Lemon

Apakah kamu memiliki bekas jerawat atau pigmentasi kulit yang tidak rata? Buah lemon merupakan bleaching agent yang dapat mencerahkan kulit secara alami, lho. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membuang toksin dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi, maka tidak ada salahnya jika kamu menambahkan lemon ke diet sehari-hari. Minumlah air lemon setiap pagi sebelum sarapan untuk membersihkan tubuh dari toksin, atau campurkan 1 sendok makan sari lemon dengan 1 sendok teh susu putih untuk dioles di bagian bawah mata sebagai perawatan kantung mata hitam.

Papaya

Selain menyembuhkan konstipasi, buah papaya juga kaya akan enzim papain dan chymopapain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Saat mengkonsumsi papaya, tubuhmu akan mendapat vitamin A, B, C, dan mineral seperti potasium dan magnesium yang bisa mempercantik kulit. Bila kamu kurang suka dengan rasa buah ini, kamu bisa membuat smoothie segar dengan mencampurkan papaya dengan sari buah lemon. Double benefits!

Apel

An apple a day keeps the doctor away… and the dermatologist too! Dengan vitamin A, C, serat, potasium, kalsium, dan magnesium, apel bisa mencegah radikal bebas dan kulitnya juga bisa memperkaya tubuh dengan antioksidan. By the way, apel juga merupakan salah satu makanan yang efektif menghilangkan bau mulut, lho.

Stroberi

Apakah kamu mudah jerawatan? Cosmo ada berita baik: kamu dapat menyantap atau mengoles buah stroberi di wajah untuk menyembuhkan acne yang bandel. Buah merah mungil ini mengandung vitamin C dan salicylic acid, sebuah zat yang sering dipakai dalam produk skincare untuk menyembuhkan jerawat. Ditambah lagi, stroberi mengandung ellagic acid yang menjaga kadar kolagen agar kamu tampak awet muda.

Mangga

Selain manis dan kaya akan serat, buah mangga dapat melindungi kulit dari inflamasi, konstipasi, dan kerusakan DNA berkat vitamin A, E, C, K, flavonoid, dan beta-carotene. Maka dari itu, buah mangga sering dipakai sebagai bahan untuk shampo atau body butter karena kandungan dalamnya dapat menyegarkan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Berbagai jenis buah di atas memang baik untuk kesehatan kulit, namun mungkin saja kamu mengalami permasalahan kulit lainnya yang tidak diatasi dengan buah. Jika kamu mengalami masalah kecantikan kulit yang lebih serius, kamu bisa bertanya pada dokter spesialis kulit.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Berita Terkait