Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | BUILDING A FAIRER, HEALTHIER WORLD 2021

Building A Fairer, Healthier World 2021

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 08 April 2021 | 02:06:07
Durasi baca: 1 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Building A Fairer, Healthier World 2021

World Health Day atau Hari Kesehatan Dunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 7 April. Perayaan ini juga dilakukan untuk menandai didirikannya organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) pada tahun 1948. Pada 1948, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kalinya. Pada agenda tersebut, majelis memutuskan untuk merayakan 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan pertama kalinya pada 1950. World Health Day ini setiap tahun memperhatikan topik kesehatan tertentu yang menjadi perhatian orang-orang di seluruh dunia.

Tema Hari Kesehatan Internasional tahun 2021 adalah "Building a fairer, healthier world" (Membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat). Terkait World Health Day 2021, WHO melalui laman resminya mengundang kita untuk turut serta bergabung dalam kampanye baru untuk membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat. WHO menuturkan, di seluruh dunia, beberapa kelompok berjuang untuk memenuhi kebutuhan dengan sedikit pendapatan harian, memiliki kondisi perumahan dan pendidikan yang buruk, lebih sedikit peluang kerja, mengalami ketidaksetaraan gender, dan memiliki sedikit atau tidak ada akses ke lingkungan yang aman, air dan udara bersih, ketahanan pangan serta layanan kesehatan.

Dampak Pandemi COVID-19

Baca juga: Benarkah Situasi Pandemi Mempengaruhi Rencana Tunangan Banyak Pasangan?

Hari Kesehatan Sedunia tahun 2021 tidak terlepas dari pandemi COVID-19. WHO mengungkapkan bahwa situasi tersebut semakin menyoroti ketidaksetaraan akses kesehatan di dunia. Menurut mereka, COVID-19 berdampak paling parah pada komunitas yang rentan, lebih terpapar penyakit, cenderung tidak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, dan lebih mungkin mengalami dampak merugikan sebagai akibat tindakan untuk mengatasi pandemi.

WHO menyebutkan, beberapa orang bisa hidup lebih sehat dan memiliki akses yang lebih baik ke layanan kesehatan dibandingkan yang lainnya. Namun, di seluruh dunia, beberapa kelompok berjuang untuk memenuhi kebutuhan dengan sedikit pendapatan harian, memiliki kondisi perumahan dan pendidikan yang lebih buruk, dan lebih sedikit peluang kerja.

Tema ini menyoroti pandemi covid-19 yang telah melemahkan kesehatan paru-paru, meningkatkan kasus kemiskinan, dan kerawanan pangan. Selain itu, pandemi juga memperburuk ketidaksetaraan gender, sosial, dan kesehatan. Melalui Hari Kesehatan Internasional, WHO ingin mengajak masyarakat untuk menghilangkan ketidakadilan dalam hal kesehatan dan membangun dunia yang lebih adil dan sehat.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19


Dampak Pandemi COVID-19 Hari Kesehatan Dunia Tema Hari Kesehatan Dunia 2021

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health