Bukan Hal Buruk, 5 Tips Bergantung pada Pasangan Secara Sehat

Sabtu, 12 November 2022 | 00:01:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Bukan Hal Buruk, 5 Tips Bergantung Pada Pasangan Secara Sehat

Ilustrasi pasangan. (Special)

Ladiestory.id - Setiap hubungan didirikan di atas dasar komunikasi, rasa hormat, dan kepercayaan yang kuat. Hal yang paling signifikan, tidak ada pasangan yang tidak perlu bergantung pada yang lain. Kalian harus pahami bahwa hubungan berjalan atas dua orang di dalamnya.

Dalam suatu hubungan, saling ketergantungan adalah keseimbangan antara diri sendiri dan orang lain, mengakui bahwa kedua pasangan berusaha untuk hadir dan memenuhi kebutuhan fisik dan emosional satu sama lain dengan cara yang tepat dan signifikan.

Hubungan akan berkembang lebih kuat dan lebih sehat jika kedua belah pihak dalam suatu hubungan mengembangkan kesadaran ketergantungan yang jelas.

Terapis Israa Nasir, dilansir dari Hindustan Times Online, menyarankan lima cara untuk menjadi pasangan yang saling bergantung secara sehat.

Sadari Pola Emosi

Ilustrasi Emosi. ( Shutterstock / wayhome studio )

 

Sadarilah bagaimana kamu berhubungan dengan pasangan dan bereaksi ketika ia marah kepadamu. Bagaimana kesalahan diperlakukan dan cinta dikomunikasikan? Ini akan membantu kamu menentukan hubungan emosional dalam relationship-mu.

Tingkatkan Kesadaran Diri

Ilustrasi berpikir positit atau positive thinking. (Special)

 

Renungkan apa yang kamu sukai dan apa yang penting bagimu. Mengenal diri sendiri akan membuatmu menampilkan sisi aslimu sehingga kamu dapat mengekspresikan kebutuhan dan juga menetapkan batasan yang lebih baik.

Lakukan Komunikasi Afertif Bersama

Ilustrasi komunikasi dengan pasangan (Special)

Bagaimana kamu mengekspresikan kebutuhan emosional sama pentingnya dengan mengetahui apa kebutuhan. Ini termasuk keterampilan dalam mendengarkan juga.

Ini berarti menjadi pendengar yang empatik dan aktif serta memperhatikan bagaimana kata-katamu didengar oleh pasangan, begitupun sebaliknya.

Investasikan Waktu untuk Diri Sendiri

Ilustrasi me time. (Special)

 

Luangkan waktu untuk hobi, persahabatan, dan tujuan pribadimu juga adalah hal yang penting. Renungkan apa nilai-nilai diri sendiri dan apa yang membentuk kehidupan yang dijalani menjadi baik.

Temukan Aktivitas Bersama

Ilustrasi pasangan traveling. (Special)

Ritual adalah aktivitas rutin yang kamu lakukan bersama. Tujuannya adalah untuk membantu membangun koneksi dan memberi kalian kebahagiaan.

Tidak harus kencan malam yang mewah atau menghabiskan banyak uang. Hal-hal kecil seperti membaca buku yang sama atau mengerjakan teka-teki silang sama efektifnya. Ritual memberimu rasa identitas sebagai pasangan, meningkatkan keintiman emosional dan menciptakan kenangan emosional.