5 Buku Parenting buat Orang Tua Milenial, Wajib Baca!

Sabtu, 15 Januari 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Buku Parenting Buat Orang Tua Milenial, Wajib Baca!

Ilustrasi membaca buku. (Special)

Ladiestory.id - Tanpa memiliki pengalaman sebelumnya, para orang tua baru kerap merasa kebingungan, bagaimana cara merawat dan mendidik anak. Tak heran jika kebanyakan orang tua baru, meminta pendapat orang tua yang lebih berpengalaman.

Namun terkadang, cara mengasuh dan mendidik tersebut masih terkesan kuno dan tak sesuai dengan perkembangan zaman. Lantas, mereka mencoba mencari sumber informasi lainnya melalui internet. Memang benar informasi lebih mudah dan cepat didapat melalui internet, tetapi terkadang ada sumber yang tidak valid.

Untuk itu, para orang tua baru juga perlu membaca buku tentang parenting. Tentunya yang ditulis oleh seseorang yang kredibel di bidangnya. Ladiestory.id telah merangkum buku parenting yang wajib dibaca oleh orang tua milenial.

1. Mommyclopedia

Buku Mommyclopedia. (Special)
Buku Mommyclopedia. (Special)

Mommyclopedia merupakan serial buku parenting yang ditulis oleh seorang dokter spesialis anak, Meta Hanindita. Dokter kesayangan para orang tua millenial tersebut menuliskan beberapa judul buku dalam serial Mommyclopedia.

Judul dalam serial Mommyclopedia tersebut, antara lain Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun, Panduan Lengkap Merawat Batita, Tanya Jawab tentang Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, 567 Fakta Seputar MPASI, dan 78 Resep MPASI.

Semua buku tersebut dibahas secara mendalam, tentang bagaimana merawat anak pada awal kelahirannya, nutrisi seimbang yang diberikan ke anak, cara mendampingi dan menstimulasi anak, bahkan resep-resep MPASI yang disukai anak dan mengandung nilai gizi tinggi. Buku ini juga dituliskan secara point per point dan juga dilengkapi ilustrasi menarik sehingga lebih mudah dipahami.

2. Montessori di Rumah

Buku Montessori di Rumah. (Special)
Buku Montessori di Rumah. (Special)

Serial buku parenting satu ini ditulis oleh Elvina Lim Kusumo. Serial buku ini memiliki beberapa judul di antaranya Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Stimulasi Bayi, Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Keterampilan Hidup, dan Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Matematika.

Semua buku tersebut berupa ide kegiatan yang dapat diberikan kepada anak. Tujuan kegiatan yang diberikan tersebut adalah untuk mengenalkan kepada anak tentang ketrampilan hidup, menstimulasi tumbuh kembangnya hingga dalam hal matematika secara konkret. Jadi tak akan mati gaya ketika mengajak main anak dan tentunya akan mengurangi waktu screentime anak.

3. Apa Namanya? - Kamus Perasaan Anak

Buku Apa Namanya? - Kamus Perasaan Anak. (Special)
Buku Apa Namanya? - Kamus Perasaan Anak. (Special)

Buku parenting yang merupakan buku terjemahan dari penulis Korea, Park Sung-Woo, ini berisi tentang bagaimana memahami perasaan anak. Sebagai orang tua, terkadang merasa bingung tentang perasaan anak.

Sama halnya dengan orang dewasa, anak juga memiliki perasaan yang beragam dan kompleks. Hanya saja, mereka belum secara benar tahu apa yang sedang dirasakannya, sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

Orang tua terkadang keliru memaknai perasaan yang dialami anak. Hal ini membuat anak merasa frustasi karena menganggap orang tua tak mengerti apa yang diinginkannya.

Buku ini membantu para orang tua untuk tahu tentang situasi apa yang sedang dihadapi sang anak. Ada pula trik untuk menghadapinya agar tak salah lagi dalam mengerti perasaan anak.

4. Happy Little Soul

Buku Happy Little Soul. (Special)
Buku Happy Little Soul. (Special)

Happy Little Soul merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Retno Hening Palupi. Ia merupakan seorang ibu muda inspiratif serta ibu dari Kirana dan Rumaysha.

Retno Hening mulai dikenal melalui akun Instagramnya @retnohening. Ia kerap membagikan momen bermain dan berdialog dengan anaknya. Ibu yang sabar dan anak lucu serta pintar membuat warganet tertarik untuk mengikuti kesehariannya.

Retno Hening kemudian mencoba untuk menuliskan pengalaman dan pola asuh yang ia terapkan kepada anaknya. Banyak yang penasaran seperti apa pola asuh Retno Hening tersebut sehingga bisa mencetak anak yang berperilaku manis, penurut dan juga pintar.

Dalam buku ini, Retno Hening menuliskan keseharian yang dialuinya bersama sang anak, bagaiman berinteraksi dengan anak dan pembentukan karakter anak. Dikemas dengan bahasa sederhana ala bahasa sehari-hari, membuat buku ini mudah dipahami dan menarik untuk dibaca.

5. The Danish Way of Parenting

Buku The Danish Way of Parenting. (Special)
Buku The Danish Way of Parenting. (Special)

Buku The Danish Way of Parenting berisi tentang rahasia orang tua di Denmark dalam mengasuh dan membesarkan anak-anak yang bahagia. Denmark dikenal sebagai negara yang memiliki nilai di atas rata-rata untuk hampir semua aspek kehidupannya, salah satunya adalah aspek pendidikan.

Hal inilah yang menjadi acuan untuk mencontoh Denmark dalam hal pola pengasuhan anak. Buku ini wajib Kamu baca sebagai orang tua milenial, agar tak salah langkah dalam mendidik anak.

Sudah baca buku yang mana, Ladies?