5 Rekomendasi Buku Self Improvement yang Wajib Kamu Baca

Selasa, 12 Juli 2022 | 11:30:00

5 Rekomendasi Buku Self Improvement Yang Wajib Kamu Baca

Ilustrasi Orang di Perpustakaan (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Semakin dewasa, banyak permasalahan yang akan kamu dihadapi, baik itu besar maupun kecil. Sehingga, kamu perlu melakukan pengembangan diri untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan baik. Untuk mengawali proses pengembangan diri, kamu bisa mencoba membaca buku-buku motivasi yang mengajarkan untuk lebih mengenal dan menghargai diri. Selain itu, juga untuk melatih cara berpikir hingga cara pengendalian emosi. Berikut beberapa rekomendasi buku self improvement yang dapat kamu baca.

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Ilustrasi Buku Atomic Habits (Instagram.com)

Buku pertama yang dapat kamu baca yaitu "Atomic Habits", yang ditulis oleh pakar kebiasaan terkenal kelas dunia, James Clear. Ia menemukan sebuah cara bahwa untuk mengubah hidup diperlukan perubahan yang nyata dari efek gabungan ratusan keputusan kecil.

Dalam buku ini, ia mengungkapkan bagaimana hal kecil dapat mendatangkan pengaruh revolusioner pada karier, hubungan pribadi, dan hidup.

Ia menyingkap beberapa trik sederhana dalam kehidupan, seperti seni menumpuk kebiasaan yang terlupakan, kekuatan tak teduga, aturan dua menit, atau trik untuk masuk ke dalam Zona Goldilocks. Selain itu, untuk menerangkan bahwa itu semua penting, ia menggali ke dalam teori psikologi dan neurosains paling baru.

Mulai dari menceritakan kisah-kisah inspiratif para peraih medali emas Olimpiade, para CEO terkemuka, dan ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains tentang kebiasaan kecil untuk tetap produktif, termotibasi, dan bahagia.

 The Psychology of Money

Ilustrasi Buku Psychology of Money (Instagram.com)

Buku yang ditulis oleh Morgan Housel ini akan membantu kamu dalam mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Karena kondisi keuangan seseorang sangat dipengaruhi dengan psikologi atau pola pikir.

Buku ini berisi 19 cerita pendek yang menggambarkan cara aneh orang-orang berpikir tentang uang dan alasan mengapa mempertahankan kekayaan lebih sulit daripada mendapatkannya. Ditulis dengan sudut pandang perilaku manusia, membuat kamu akan menemukan sudut pandang baru dalam menyikapi uang yang dimiliki.

How to Win Friends & Influence People

 

Ilustrasi Buku How to Win Friends & Influence People (Instagram.com)

Beradaptasi di lingkungan baru atau bertemu orang baru kadang tidaklah mudah. Terkadang, hal itu menyebabkan kamu menjadi overthinking akan pemikiran orang lain.

Dale Carnegie menciptakan sebuah buku yang membuat kamu lebih percaya diri saat berkenalan dengan orang baru untuk memberikan kesan pertama yang baik.

Tidak hanya berisi tips-tips agar disukai saja, tetapi buku ini juga membagikan cara orang lain bisa menerima ide kamu tanpa mebuat mereka kesal.

What's So Wrong About Your Self Healing

Ilustrasi Buku What's So Wrong About Your Self Healing (Instagram.com)

Buku karya Ardhi Mohamad ini membahas tentang masalah-masalah yang kerap dialami sejak kecil. Selain itu, buku ini juga membahas mengenai apakah self-healing sudah cukup dan kesalahan apa yang dilakukan selama self-healing sehingga emosi negatif itu masih ada.

Di sisi lain, pentingnya pola asuh orang tua terhadap pola pikir anak juga dibahas di sini. Untuk teori dan penelitian, buku ini juga dikemas dengan menarik dan mudah dimengerti.

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Ilustrasi Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Instagram.com)

Buku karya Mark Manson ini berisikan tentang kunci agar kamu menjadi lebih kuat dan bahagia. Di dalamnya, terdapat pemahaman tentang sumber kekuatan yang paling nyata, yaitu mengetahui batasan-batasan yang ada dalam diri kamu dan menerimanya. Sehingga, kamu mampu menghadapi kenyataan dan mulai menemukan keberanian yang selama ini dicari.

Buku ini juga mengangkat fenomena-fenomena zaman kini yang membuat kamu merasa relate.

Filosofi Teras: Filsafat Kuno, Panduan Hidup Zaman Now

Ilustrasi Buku Filosofi Teras (Instagram.com)

Buku karya Henry Manampiring ini mengandung filsafat stoa atau stoisisme yang berasal dari Yunani dengan versi lebih mudah dicerna. Dikemas dengan bahasa sederhana, praktis, dan relevan, buku ini membantu dalam mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi kehidupan.