Lakukan 5 Cara agar Tidak Insecure yang Bisa Menghambat Diri Sendiri

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:03:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Lakukan 5 Cara Agar Tidak Insecure Yang Bisa Menghambat Diri Sendiri

Foto: Malang Post

Ladiestory.id - Pernahkah kamu merasa insecure? Sebenarnya perasaan ini adalah hal yang normal. Namun, insecure yang berlebihan dan dibiarkan berlama-lama bisa menghambat potensi dirimu.

Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.

Contoh penyebab perasaan insecure yang berasal dari luar adalah perlakuan dipandang sebelah mata oleh orang lain atau perlakuan overprotective dari orang tua dan pasangan.

Sedangkan contoh penyebab yang dari dalam adalah perasaan kesepian dan sifat terlalu perfeksionis ataupun memiliki kepribadian melankolis.

Cara agar Tidak Insecure

Perasaan insecure yang berlangsung secara terus menerus tentu akan membuat perasaan lelah. Selain itu rasa insecure bisa membuat seseorang tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal. Oleh sebab itu, kamu perlu berhenti dari rasa insecure tersebut. Lantas, bagaimana cara agar tidak insecure?

1. Pahami Apa yang Dirasakan

Memahami Diri Sendiri
Foto: SehatQ

Seperti yang dilansir dari Everday Health, cara magar tidak insecure adalah mengenali penyebabnya. Tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu merasa tidak nyaman karena rasa insecure dapat memiliki banyak penyebab.

Namun, tak peduli apa penyebabnya, kamu dapat merasa lebih baik jika mengetahui akar dari rasa insecure tersebut.

2. Berusaha untuk Tetap Berpikir Positif

Postitif Thinking
Foto: Kabar6

Hidup ibarat roda yang berputar untuk setiap orang. Di satu waktu, terkadang seseorang bisa berada di atas dan ada kalanya ia akan berada di bawah. Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi persoalan yang terjadi pada hidupnya.

Ada orang yang ketika menghadapi masalah selalu menyalahkan diri terus-menerus hingga menjadi stres. Namun, ada pula yang terlihat santai karena bisa memikirkan sisi positif dari masalah yang terjadi. Hal ini tergantung pada pola pikir masing-masing orang dan bagaimana mereka memandang suatu masalah.

Nah, cobalah untuk terus berpikir positif tentang apa pun yang terjadi dalam hidupmu. Dengan begitu, kamu bisa menyelamatkan diri dari perasaan-perasaan negatif, seperti rasa khawatir, rasa bersalah, dan rasa takut, yang bisa menguras energi.

3. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Menyalahkan Diri Sendiri
Foto: cosmopolitan

Melawan pikiran-pikiran negatif yang muncul memang bukan hal yang mudah dilakukan, terutama setelah kamu melakukan kesalahan. Rasa cemas akan kemungkinan buruk yang bisa terjadi membuat kamu tidak berhenti menyalahkan diri sendiri.

Namun, hal itu tidak akan memberi perubahan pada peristiwa yang sudah terjadi. Sadari bahwa kamu bukanlah satu-satunya yang melakukan kesalahan, semua orang juga pernah mengalami hal yang sama.

Tulis pikiran-pikiran negatif dan ketakutan kamu jadi cara agar tidak insecure. Lalu amati dan fokuskan pada solusi apa yang akan dilakukan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

4. Jangan Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain
Foto: Ladiestory.id

Pernahkah kamu menyadari bahwa kehadiran media sosial membuat kamu sering membandingkan diri dengan orang lain? Hal ini pada gilirannya membuat kamu merasa terpuruk. Kamu menjadi mudah iri dengan apa yang dimiliki orang lain.

Di media sosial, seseorang hanya menampilkan versi terbaik dari diri mereka. Padahal, kamu tidak tahu ada hal yang terjadi di belakangnya. Jadi, jangan repot-repot membandingkan kehidupanmu sehingga jadi cara agar tidak insecure.

5. Selalu Bersyukur

Selalu Besyukur
Foto: Ladiestory.id

Cara cara agar tidak insecure dengan selalu bersyukur, dengan bersyukur banyaknya beban pikiran yang kamu pikirkan akan perlahan berkurang dan hilang seiring dengan berjalannya waktu tapi yang perlu kamu ingat adalah bersyukur saja tidak cukup, kamu harus tambahkan dengan selalu berusaha dan berdoa sekuat tenaga.

Setiap manusia memiliki masalah dan kecemasannya masing-masing. Tidak perlu kamu pungkiri bahkan hindari cukup kamu terima dengan lapang dada tanpa harus membanding-bandingkannya dengan orang lain. Jika kamu merasa insecure coba biarkan saja energi tersebut masuk terlebih dahulu, terima.

Lalu coba selalu ingat berbagai macam kelebihan yang kamu punya, nikmat hidup sampai dengan saat ini. Hingga segala kemudahan yang kamu peroleh maka rasa insecure tersebut tak akan lama bersarang dalam pikiranmu.

Inilah 5 cara agar tidak insecure. Sebab kebanyakan orang rasa insecure ternyata menjadikan “zona nyaman”. Yuk keluar dari perasaan insecure ini agar dapat menjadi pribadi yang lebih berkembang.