5 Cara Atasi Wajan Lengket Setelah Masak

Kamis, 6 Januari 2022 | 06:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Cara Atasi Wajan Lengket Setelah Masak

Ilustrasi memasak. (Special)

Ladiestory.id - Bagi Kamu yang senang memasak, pasti memahami betapa menyebalkan wajan berubah menjadi lengket usai digunakan. Nah untuk itu, Kamu perlu melihat wajan yang digunakan. Namun, apabila Kamu telah memiliki wajan yang tidak antilengket, Ladiestory.id memiliki solusi untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk atasi wajan lengket.

1. Garam

Ilustrasi garam. (Special)

Kamu dapat menggunakan garap untuk mencegah wajan menjadi lengket setelah digunakan. Kamu dapat memanaskan wajan terlebih dulu, kemudian taburkan garam hingga panas dan buang. Dijamin wajan akan bebas dari yang namanya lengket.

2. Baking soda dan cuka

Ilustrasi baking soda. (Special)

Dalam mengembalikan wajan dengan kondisi sedia kala, campurkan satu cangkir air, 2 sendok makan soda kue, dan juga setengah cangkir cuka putih. Biarkan tercampur dan letakkan wajan di atas kompor. Lalu panaskan hingga mendidih sekitar 10 menit.

3. Daun pisang

Saat menggoreng ikan, kamu dapat mengenakan daun pisang sebagai alas. Jadi, saat ikan telah matang, sirip dan ekornya tetap utuh. Trik ini dapat pula diterapkan dalam masakan yang dibakar atau dikukus.

4. Minyak sayur

Cara berikutnya yaitu dengan menggosokan wajan dengan minyak sayur pada permukaan guna membersihkan bekas makanan yang lengket. Pastikan menggosok minyak pada waktu wajan masih dalam kondisi hangat kuku atau pada suhu ruangan.

5. Semprotan antilengket

Terdapat sejumlah cara guna memulihkan wajan antilengket. Salah satunya yaitu dengan memakai spray reparasi panci atau wajan antilengket. Kamu mesti mencuci wajan dengan menyeluruh dan memastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa pada permukaan wajan.

Lalu, beri sedikit waktu guna mengering sebelum memakai semprotan tersebut. Sesudahnya, semprotkan secukupnya dan biarkan hingga 30 menit, lalu bilas.