Cara Bergaul Yang Baik Agar Bisa Memiliki Banyak Teman

Kamis, 19 Agustus 2021 | 06:50:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Cara Bergaul Yang Baik Agar Bisa Memiliki Banyak Teman

Foto: Ladiestory.id

Sebagai individu yang tidak dapat berdiri sendiri, tentunya manusia membutuhkan manusia lainnya dalam segala hal. Karena itulah manusia butuh bergaul, untuk mendapatkan teman.

Bagaimana Cara Bergaul yang Baik?

 

Dalam bergaul dengan orang lain, manusia memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang pandai bergaul, tapi ada juga yang pemalu dan terbatas dalam pergaulan.

Bila Anda termasuk yang pemalu dan tidak bergaul, simak cara bergaul yang baik. Bila anda ingin mendapatkan teman banyak Anda harus pandai bergaul, begini caranya:

1. Belajar Memulai Obrolan

Foto: Ladiestory.id

 

Jika Anda selama ini adalah seorang yang pasif dan pemalu, kini saatnya untuk belajar untuk memulai sebuah obrolan. Mungkin saja selama ini orang lain takut untuk mengajak Anda bicara karena Anda terlalu pendiam. Untuk itu, cobalah mengajak mereka berbicara terlebih dahulu.

Carilah obrolan yang sederhana, misalnya sekedar menyapa dan menanyakan hal yang sebetulnya kurang penting. Biasanya sebuah sapaan yang menyenangkan akan dilanjutkan dengan obrolan seru.

Jangan berkecil hati bila awalnya sulit buat Anda dan terkesan “garing”. Teruslah mencoba bila ada kesempatan pada siapapun yang Anda temui. Selama Anda bersikap sopan, orang lain pun pasti menanggapinya dengan senang dan baik. Itulah salah satu cara bergaul yang baik dengan orang lain.

2. Menolong Teman yang Kesusahan

Setiap orang pasti senang memiliki teman yang baik dan suka menolong. Untuk memiliki karakter ini, Anda harus punya rasa peduli dan peka terhadap orang lain yang membutuhkan.

Jangan bersikap pura-pura tidak tahu atau tidak dengar bila ada teman yang sedang kesusahan. Justru usahakan Andalah orang yang pertama yang menolongnya atau menyampaikan kabar tersebut pada teman yang lain.

Orang yang suka menolong tidak akan pernah kekurangan teman. Banyak orang nyaman bergaul dengannya karena sifatnya yang hangat dan menyenangkan.

3. Bersikap Ramah

Foto: Ladiestory.id

 

Cara bergaul yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan bersikap ramah. Mungkin, bagi orang yang tidak pandai bergaul bersikap ramah menjadi hal yang sulit, tapi cobalah dari sekarang. Agar orang lain merasa nyaman menyapa Anda. Jangan bosan untuk bersikap ramah yang menandakan Anda sebagai pribadi yang terbuka.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Cara bergaul yang baik berikutnya adalah dengan menjadi pendengar yang baik.  Berteman dengan banyak orang bisa membuat Anda menjadi sosok pendengar yang baik. Hal tersebut akan membuat orang-orang disekitar Anda merasa  di dekat Anda. Cobalah untuk  menanggapi cerita mereka sedikit demi sedikit agar Anda terbiasa dan bisa jadi lebih berani dalam pergaulan.

Ketika seseorang telah berhasil mendapatkan predikat sebagai pendengar yang baik, maka orang lain pun akan memberikan kepercayaan penuh pada Anda. Dengan begitu otomatis Anda sudah dapat banyak teman, tapi usahakan jangan terlalu mencampuri urusan pribadi mereka, jadi tanggapi saja dengan santai. 

5. Jangan Mudah Tersinggung

Foto: Ladiestory.id

 

Salah satu cara bergaul yang benar berikutnya yaitu jangan mudah tersinggung. Karena seseorang yang mudah tersinggung cenderung akan dijauhi orang lain. Memiliki banyak teman, tentu akan membuat Anda dihadapkan pada orang-orang dengan berbagai karakter.  Ada yang egois, ada yang sopan, ada yang suka menolong, dan  bahkan ada juga yang suka bicara sembarangan. Agar Anda dapat diterima dalam pergaulan, maka hindarilah sifat mudah tersinggung. 

Meski orang lain bicara yang tidak enak pada Anda, berusahalah untuk terima dengan besar hati dan jadikan itu untuk pembelajaran agar Anda bisa lebih baik lagi. 

Begitu juga jika ada seorang teman yang bercanda dengan kata-kata yang kurang enak didengar, anggaplah itu angin lalu. Toh mereka cuma bercanda dan tidak serius dengan kata-katanya. Tidak mudah tersinggung dan berbesar hati merupakan salah satu cara bergaul yang baik agar Anda bisa diterima dan disukai dalam pergaulan.

Nah, itulah 5 cara bergaul yang baik agar memiliki banyak teman, dapat diterima dan disukai dalam pergaulan. Semoga bermanfaat.