Mudah! 5 Cara Bersihkan Babat Sapi agar Empuk dan Tak Bau

Kamis, 10 November 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Mudah! 5 Cara Bersihkan Babat Sapi Agar Empuk Dan Tak Bau

Ilustrasi babat. (Special)

Ladiestory.id - Cara membersihkan babat sapi sangat penting untuk diketahui. Permukaan babat harus bersih, sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Proses pengolahannya juga membutuhkan waktu, agar teksturnya bisa lebih kenyal dan matang.

Secara umum, babat atau jeroan sapi ini terdiri dari empat jenis, yaitu babat handuk, babat sarang lebah, babat campuran, dan babat abomasum (babat yang memiliki banyak kandungan lemak). Namun, dari empat jenis babat tersebut, babat abomasum jarang atau hampir tidak pernah dikonsumsi karena kandungan lemaknya yang begitu tinggi.

Bagi kamu yang ingin membuat aneka olahan babat agar menjadi makanan lezat, berikut beberapa cara untuk membersihkan babat agar empuk dan tidak berbau.

Buang Bagian yang Tidak Dikonsumsi

Ilustrasi babat. (Special)

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan babat adalah buang bagian yang tidak dikonsumsi. Kamu bisa membuang bagian lemak dan kotoran yang tidak bisa dikonsumsi. Hal ini akan membuat proses membersihkan babat menjadi lebih efisien.

Cuci Dengan Air Mengalir

Ilustrasi air mengalir. (Special)

Selanjutnya, setelah membuang bagian yang tidak dikonsumsi, maka kamu bisa mencuci babat di air bersih yang mengalir. Gosok permukaan babat menggunakan garam kasar sampai benar-benar bersih, dan ulangi beberapa kali.

Kamu juga bisa menggunakan pisau atau sendok untuk mengikis permukaan babat yang kotor hingga bersih. Khusus untuk babat sarang lebah, Kamu bisa gunakan sikat gigi agar dapat menjangkau sela-sela di seluruh permukaan babat.

Cara mengikis permukaan kulit babat yaitu dengan gerakan searah, agar kotoran lebih mudah terangkat. Lalu bilas dengan air bersih yang mengalir, lakukan secara berulang sampai babat benar-benar bersih.

Gunakan Baking Soda atau Jeruk Nipis

Ilustrasi babat. (Special)

Ketika kondisi babat sudah bersih, namun masih meninggalkan bau yang tidak sedap, maka kamu bisa gunakan jeruk nipis atau baking soda untuk mengurangi bau tidak sedap tersebut.

Caranya, rendam babat menggunakan baking soda atau jeruk nipis sekitar 30 menit. Pastikan babat benar-benar dalam kondisi terendam. Lalu, setelah 30 menit, cuci dan bilas kembali babat sampai bersih.

Rebus Babat

Ilustrasi babat. (Special)

Langkah berikutnya, kamu bisa rebus babat dengan air mendidih. Pastikan kamu telah memotong babat menjadi beberapa bagian kecil agar babat bisa lebih cepat matang dan tidak alot.

Rebus babat sekitar 10 – 15 menit dalam air mendidih dan buang airnya. Bilas sampai bersih, kemudian rebus kembali menggunakan garam, daun salam, atau daun jeruk agar aroma babat menjadi lebih enak.

Rebus sampai teksturnya menjadi lunak dan warnanya sedikit lebih pucat. Terakhir, bilas kembali menggunakan air bersih yang mengalir. Jika kamu menggunakan pressure cooker, maka rebus babat bersamaan dengan daun jeruk atau daun salam selama 30 menit. Setelah dirasa cukup empuk, maka bilas dengan air bersih.

Menyimpan dan Memasak

Ilustrasi babat. (Special)

Setelah potongan babat matang dan empuk, Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai bumbu aromatik. Bumbu aromatik akan membuat citarasa babat menjadi enak dan lezat. Beberapa jenis bumbu aromatik yaitu serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, dan daun salam.

Bagi Kamu yang tidak ingin mengolahnya secara langsung, maka kamu bisa letakkan potongan babat yang telah direbus sebelumnya pada wadah yang kedap udara. Selanjutnya, simpan di lemari es atau freezer agar lebih awet. Itulah beberapa cara membersihkan babat sapi agar lembut dan tidak berbau. Kamu bisa mencobanya di rumah ya, Ladies. Selamat mencoba.

s