Anggota Keluarga Kena DBD? Ini 5 Cara Cegah Nyamuk Berkembang Biak

Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:30:00

Anggota Keluarga Kena Dbd? Ini 5 Cara Cegah Nyamuk Berkembang Biak

Ilustrasi Demam berdarah. (Parkway East)

Ladiestory.id - Kasus demam berdarah (DBD) kembali meningkat. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Demam berdarah bisa menyerang siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Bahkan, demam berdarah bisa saja menjangkiti anggota keluarga.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan ketika anggota keluarga terkena DBD? Lima langkah berikut bisa kamu lakukan untuk mencegah nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.

Tutup Genangan Air

Ilustrasi bak kamar mandi. (Special)

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menutup genangan air yang ada di sekitar rumah orang atau anggota keluarga yang terkena demam berdarah. Dilansir Pubmed, dengan menutup genangan air, maka akan mencegah nyamuk untuk berkembang biak. Sebagaimana diketahui, nyamuk jentik nyamuk hidup di genangan air.

Rutin Kuras Tampungan Air

Ilustrasi menguras bak mandi. (Spesial)

Selanjutnya selain menutup genangan air, kamu juga harus rutin menguras tampungan air. Dengan demikian, jentik nyamuk yang hidup di genangan air bisa mati. Sehingga, tidak ada kesempatan bagi nyamuk untuk berkembang biak. 

Buang Barang Bekas

Ilustrasi membuang barang bekas. (Special)

Kemudian, yang harus dilakukan adalah membuang barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan anggota keluarga yang terkena penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan nyamuk Aedes aegypti sangat suka bersarang di barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Untuk mencegah nyamuk berkembang biak, alangkah baiknya untuk segera membuang barang-barang bekas yang sudah tidak lama terpakai.

Segera Cuci Baju Berkeringat

Ilustrasi mencuci baju yang berkeringat. (Special)

Melansir laman c&en, nyamuk Aedes aegypti sangat peka dengan bau keringat manusia. Sehingga, saat mencium bau keringat manusia, maka nyamuk Aedes aegypti akan segera mengigit untuk menyebarkan penyakit demam berdarah.

Untuk itu, usahakan segera mencuci baju jika tubuh berkeringat. Paling tidak, hindari menggantung baju dengan bekas keringat terlalu lama karena. Sebab, hal itu akan mengundang nyamuk Aedes aegypti untuk datang.

Laporkan ke Pihak Berwenang

Ilustrasi melaporkan ke pihak berwenang. (masterlife)

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melaporkan kepada pihak berwenang setempat, seperti RT, RW atau puskesmas, bahwa ada anggota keluarga yang terkena penyakit demam berdarah.

Dengan melapor pada pihak berwenang, maka akan ada tindak lanjut dari pihak terkait, seperti adanya fogging hingga pembersihan tempat-tempat yang mungkin menjadi sarang nyamuk di lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat!