5 Cara Mencegah Rasa Bosan pada Anak yang Wajib Diterapkan

Senin, 6 September 2021 | 07:22:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Cara Mencegah Rasa Bosan Pada Anak Yang Wajib Diterapkan

Foto: Ladiestory.id

Kegiatan belajar mengajar di sekolah dilakukan secara online, hal ini membuat anak lebih banyak dirumah karena kegiatan sekolah tatap muka dialihkan dengan online. Secara tidak langsung, hal ini membuat kita diharuskan merubah rutinitas anak.

Cara Mencegah Rasa Bosan pada Anak

Maka dari itu, kita perlu membantu untuk mengatur jadwal kegiatan anak di rumah agar ia tidak merasa bosan maupun stres. Berikut beberapa cara untuk mencegah rasa bosan pada anak.

1. Urutkan Prioritas Kegiatan

Cara Mencegah Rasa Bosan pada Anak
Foto: Ladiestory.id

Anak-anak adalah masa dimana mereka mudah bosan sehingga perlu dari kita untuk membuat jadwal yang menyenangkan agar anak tidak jenuh. Dengan adanya aktivitas yang dilakukan di jadwal harus diurutkan berdasarkan prioritas kegiatan.

Prioritas utama terletak pada jadwal kelas online anak bersama dengan guru di sekolah, kemudian diikuti dengan jadwal belajarnya secara mandiri. Setelah itu, kita dapat memasukkan jadwal seperti membantu pekerjaan di rumah, jika bisa melakukannya.

Selain itu, anak-anak biasanya sangat senang jika menerima sebuah tanggung jawab di rumah, karena merasa dihargai dan dibutuhkan. Namun ketika di lihat dari sisi lain, maka akan terbantu dengan beberapa pekerjaan rumah, termasuk dalam pekerjaan yang ringan.

2. Atur Kegiatan Harian

Ketika mengatur jadwal untuk anak, sebaiknya melakukannya dalam bentuk harian. Dimana berkaitan dengan aktivitas anak bersama orang tua, maupun aktivitas masing-masing. Sedangkan dari sisi penting perlu melibatkan si kecil dalam pembuatan, agar jadwal benar-benar dilakukan oleh anak dengan perasaan senang.

Sebaiknya bertanya terlebih dahulu terkait dengan kegiatan apa yang diinginkan pada hari ini dan besok. Kemudian buat daftar kegiatan yang akan dilakukan untuk seminggu. Maka dari itu, setiap harinya kita bisa menghadirkan suasana yang berbeda untuk si kecil selama di rumah sehingga tidak jenuh.

3. Mulai Membatasi Penggunaan Gadget

Cara Mencegah Rasa Bosan pada Anak
Foto: Ladiestory.id

Gadget merupakan sesuatu yang dekat dengan kita bahkan untuk generasi di era ini. Bahaya yang cukup sering terjadi, dimana saat sekolah online sudah berakhir maka anak langsung ke arah gawai. Banyak orang tua yang malah berterima kasih dengan hal ini, karena anak tidak rewel dan tidak mengganggu pekerjaan.

Namun, penggunaan gadget yang berlebihan tidak baik untuk perkembangan anak. Bahkan kesibukan bermain gadget dapat mengganggu kebersamaan antara orang tua dan sang buah hati.

Maka dari itu perlu adanya pembuatan jadwal kegiatan anak di rumah, berikan waktu khusus untuk bermain gadget. Beri pengertian pada anak bahwa ia hanya boleh bermain pada waktu itu. Tapi, di luar itu smartphone maupun gadget bisa disimpan.

4. Perhatikan Aktivitas dari Bangun Hingga Tidur

Jadwal kegiatan anak di rumah perlu yang namanya aturan dari si kecil bangun hingga ia terlelap di malam hari. Maka dari itu, kita perlu membuat waktu tidur anak menjadi lebih berkualitas dan memastikan ia mendapat tidur yang cukup. Hal ini sangat penting, karena waktu tidur yang teratur sangat berpengaruh terhadap perkembangannya.

5. Memberikan Waktu Khusus untuk Anak

Cara Mencegah Rasa Bosan pada Anak
Foto: Ladiestory.id

Kondisi yang tidak bisa membuat kita harus melakukan pekerjaan kantor dari rumah alias WFH. Meski kita adalah pekerja keras, mengatur jadwal kegiatan anak di rumah bukan berarti membiarkannya bermain seorang diri atau mengikuti kelas secara mandiri tanpa memberi perhatian.

Apalagi jika anak berada pada masa perkembangan, kehadiran orang tua benar benar dibutuhkan. Maka dari itu, mulai untuk menyempatkan waktu di pagi hari dan siang hari pada jam istirahat atau di sela sela jam kerja. Mulailah dengan mengajak untuk melakukan kegiatan bersama, atau pantau kelas daring yang dilakukannya berjalan lancar.

Itu dia beberapa cara untuk mencegah rasa bosan pada anak. Semoga bermanfaat.