6 Cara Ciptakan Keaman Rumah Anti Maling

Senin, 22 November 2021 | 00:02:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Cara Ciptakan Keaman Rumah Anti Maling

Foto: bramblefuture

Ladiestory.id - Rumah adalah tempat paling aman dan nyaman untuk beristirahat setelah seharian penuh melakukan aktivitas di luar. Karena itu, rumah merupakan tempat yang sangat istimewa.

Untuk memastikan rumah kamu aman, kamu harus memiliki sistem keamanan rumah yang baik. Semakin canggih modus perampokan yang ada, mengharuskan kamu lebih kreatif lagi dalam menciptakan keamanan rumah

Cara Ciptakan Keaman Rumah Anti Maling

Bagaimana langkah menciptakan keamanan rumah yang baik? Berikut penjelasannya.

1. Teralis Pengaman

Foto : Bangunan

Cara paling mudah dan sederhana ini tergolong murah untuk membuat rumah kamu lebih aman. Pemasangan teralis dapat mencegah masukknya pencuri yang mengancam keamanan rumah kamu.

Pasangkan teralis pada pintu masuk dan jendela rumah. Tak hanya menjaga keamanan rumah, teralis juga berfungsi untuk keamanan anak-anak agar tidak jatuh saat bermain di sekitar jendela.

2. Kunci Ganda

Foto: Gaya Tempo

Area akses berperan penting dalam keamanan rumah. Rumah yang terkunci oleh satu perangkat saja akan lebih mudah dimasuki pencuri. Sebagian besar pencuri tidak akan menghabiskan waktunya untuk membobol pintu atau jendela yang terkunci dan gembok.

Pasangkan sistem kunci ganda pada pintu dan jendela rumah kamu, maka keamanan rumah kamu  akan lebih meningkat.

3. Kunci Digital

Foto: Blibli

Untuk keamanan rumah yang optimal, kamu bisa menggunakan kunci digital yang diprogram secara khusus. Buat kata sandi kunci dimana hanya kamu dan keluarga yang mengetahuinya.

Kamu bisa membuat kunci digital dengan kata sandi sementara kalau ada orang lain yang berkunjung, menginap atau ada pekerja yang merenovasi rumah.

4. Lampu Penerangan

Foto : Dekor ruah

Pemasangan penerangan lampu secara optimal juga berpengaruh pada keamanan rumah kamu. Jangan biarkan rumah kamu terlihat gelap di malam hari. Kegelapan akan mempermudah terjadinya aksi pencurian.

Lampu penerangan yang digunakan juga tidak bisa sembarangan, kamu harus memasang lampu pintar di beberapa sudut gelap yang memungkinkan bisa diakses oleh pencuri, dengan teknologi sensornya bisa mengecoh pencuri yang hendak masuk ke rumah.

5. CCTV

Foto : Pusat CCTV

Memasang kamera pengaman  atau CCTV dirumah akan sangat membantu kamu. Saat ini banyak kamera CCTV yang menggunakan sistem monitoring real time, kamu bisa lebih mudah dalam memantau kondisi rumah kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Bila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalkan perampokan atau yang lainnya, maka video rekaman CCTV akan mempermudah polisi dalam proses penyelidikan.

6. Alarm Sensor Digital

Foto : Bukalapak

Sistem deteksi alarm sensor digital akan memberitahumu jika terjadi hal-hal atau aktivitas mencurigakan. Sistem ini tidak hanya bisa digunakan di pintu atau jendela rumah saja, namun banyak sekali fitur pada sistem alarm digital.

Sistem ini bisa mendeteksi setiap pergerakan, panas atau api untuk menghindari kebakaran rumah, dan fitur lainnya disesuaikan dengan kebutuhan. Sistem alarm digital juga dapat terhubung langsung ke polisi untuk mendapatkan bantuan segera mungkin ketika kondisi darurat.

Sistem keamanan yang satu ini memang perlu kamu pertimbangkan karena terbilang cukup mahal, namun mengingat akan semua fasilitas dan keuntungan yang diperoleh untuk keamanan rumah, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menciptakan keamanan rumah. Semoga dengan begitu rumah kamu bisa semakin nyaman dan aman, ya.