7 Cara Hilangkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Rabu, 15 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

7 Cara Hilangkan Duri Ikan Yang Tersangkut Di Tenggorokan

Ilustrasi duri ikan. (Special)

Ladiestory.id - Ikan termasuk salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi setiap harinya. Kandungan protein yang tinggi serta rasa yang lezat membuat ikan banyak diminati. Namun, saat mengonsumsi ikan, kamu juga perlu berhati-hati, Ladies. Karena bisa saja duri ikan tersangkut di tenggorokan. 

Saat ada duri ikan yang tersangkut, kamu mungkin akan merasa tak nyaman bahkan akan kesulitan untuk menelan. Tak perlu panik dan khawatir, kamu bisa lakukan tujuh cara berikut ini.

Batuk Kencang

Ilustrasi batuk. (Special)

Cara pertama yang bisa coba kamu lakukan untuk menghilangkan duri yang tersangkut adalah dengan batuk yang kencang. Batuk dengan kencang akan membuat duri ikan terdorong keluar. Sehingga, kamu akan merasa lega. Cara ini terbukti efektif dan cepat untuk mengeluarkan duri yang tersangkut di tenggorokan. 

Air Garam

Air Garam (Special)

Jika kamu sudah berusaha batuk dengan kencang namun duri masih terasa mengganjal di tenggorokan, maka kamu bisa mencoba cara selanjutnya, yaitu minum air garam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata larutan garam tersebut dan minum. 

Dengan menggunakan cara ini, maka duri yang tersangkut akan masuk ke saluran pencernaan. Meskipun aman dikonsumsi, namun jangan terlalu banyak mengonsumsi air garam ini, ya. Jika cara ini belum berhasil menghilangkan duri yang tersangkut, kamu bisa coba cara selanjutnya. 

Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menelan secara langsung 1-2 sendok makan minyak zaitun.

Kamu juga bisa mencampurkan satu sendok minyak zaitun dengan segelas air hangat. Minyak zaitun merupakan pelumas alami yang efektif untuk meluruhkan duri yang tersangkut.

Marshmallow

Ilustrasi Marshmellow. (Special)

Selain sebagai camilan, marshmallow juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan. Kamu bisa makan beberapa marshmallow sekaligus.

Namun, jangan mengunyahnya hingga halus. Biarkan marshmallow memiliki tekstur yang sedikit kasar, kemudian kamu bisa menelannya. Jika terkena air liur, marshmallow berubah teksturnya menjadi lengket yang dapat membuat tulang ikan menempel pada marshmallow tersebut.

Pisang

Ilustrasi pisang. (Special)

Cara cepat dan alami selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut adalah dengan makan pisang. Makan beberapa potong pisang dan jangan mengunyahnya hingga lembut. Kemudian secara perlahan kamu bisa menelannya sehingga duri akan ikut luruh dan masuk ke saluran pencernaan. 

Roti dan Air

Roti (Special)

Roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan. Setelah roti dicelupkan ke air, kamu bisa menelannya.

Tekstur roti yang lengket akan membuat duri menempel. Sehingga, duri akan dengan mudah luruh dan masuk ke saluran pencernaan. 

Nasi

Ilustrasi nasi. (Special)

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk menghilangkan duri adalah dengan menelan nasi. Caranya cukup mudah, yaitu bentuk nasi menjadi bola-bola kecil. Kemudian perlahan telan nasi tersebut tanpa mengunyahnya. Setelah itu, minum segelas air putih hangat untuk mendorong nasi dan duri yang tersangkut. 

Ladies, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Jika kamu sudah melakukan semua cara tersebut, namun duri belum juga hilang ada baiknya kamu pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.