7 Cara Hilangkan Kantuk Saat Pagi, Agar Kerja Lebih Produktif

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Hilangkan Kantuk Saat Pagi, Agar Kerja Lebih Produktif

Ilustrasi orang ngantuk saat sedang bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Ngantuk saat pagi sering membuat seseorang malas beraktivitas hingga menunda-nunda pekerjaan. Hal ini tentu saja berpengaruh pada produktivitas sepanjang hari.

Ngantuk saat pagi biasanya terjadi karena kurang tidur, kelelahan, stres hingga kurang berolahraga. Bila terus menerus terjadi pastinya akan sangat mengganggu aktivitas Kamu.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkannya lho.

1. Rutin Berolahraga 

Ilustrasi orang sedang yoga. (Special)

Seringnya mengantuk saat pagi bisa disebabkan karena kurangnya berolahraga. Bila kurang berolahraga biasanya tubuh pun akan terasa kurang berenergi.

Untuk itu cobalah mulai rutin berolahraga selama tiga puluh menit minimalnya tiga kali seminggu, agar tubuh lebih sehat dan bugar. Bila Kamu tak sempat melakukan olahraga di luar rumah, Kamu bisa lakukan di dalam rumah seperti olahraga zumba, yoga, dan latihan kekuatan otot. 

2. Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Ilustrasi orang sedang minum segelas air putih. (Special)

Saat bangun tidur pagi cobalah minum satu hingga dua gelas air putih, agar cairan yang hilang saat tidur bisa tergantikan. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, kamu pun akan merasa lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi sendiri bisa memicu kelelahan yang menyebabkan rasa kantuk saat pagi. Bila ternyata masih merasa lesu dan mengantuk, Kamu bisa tambahkan asupan air dan minuman non kafein.

3. Rutin Sarapan 

Ilustrasi orang sedang sarapan. (Special)

Sarapan dapat memenuhi kebutuhan energi serta nutrisi dalam tubuh, sehingga Kamu pun bisa lebih siap beraktivitas.  Oleh karena itu, biasakan diri rutin sarapan, dapat hilangkan kantuk saat pagi. 

Bila Kamu ingin berolahraga di waktu pagi, lakukan sarapan setelah berolahraga agar kalori lebih banyak terbakar, metabolisme meningkat, dan mencegah perut tidak nyaman saat olahraga.

4. Kurangi Kafein

Ilustrasi minuman berkafein. (Special)

Kafein memang dapat mengurangi rasa kantuk serta membuat tubuh lebih berenergi. Tapi, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, kafein justru akan membuat tubuh jadi lebih cepat lelah dan mengantuk.

Oleh karena itu, batasi konsumsi kafein agar tidak sering merasa ngantuk saat pagi. Bila Kamu tidak bisa menghentikan total kebiasaan mengkonsumsi kafein, Kamu dapat menguranginya dengan menggunakan cangkir kecil saat mengkonsumsinya.

5. Berjemur Saat Pagi

Ilustrasi orang sedang berjemur. (Special)

Sinar matahari pagi mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang dapat  memperbaiki kualitas tidur. Saat kualitas tidur jadi lebih baik, bangun tidur pun akan terasa lebih segar dan pastinya mengurangi rasa ngantuk saat pagi.

Oleh karena itu, usahakan berjemur sebelum pukul 10 pagi selama lima hingga lima belas menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat sinar matahari dengan optimal.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi orang sedang konsumsi makanan bergizi. (Special)

Ngantuk di waktu pagi juga bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan energi. Sehingga butuh asupan yang bergizi. Oleh karena itu penting untuk konsumsi makanan yang bergizi dengan kandungan karbohidrat, mineral, protein, lemak dan berbagai vitamin, agar kebiasaan ngantuk di waktu pagi hilang.  

Adapun makanan yang mengandung banyak gizi, seperti ikan atau daging tanpa lemak, telur, susu, pisang, semangka, alpukat, kurma, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, dan tomat. 

7. Kurangi Stres

Ilustrasi orang sedang stres. (Special)

Kelelahan yang jadi pemicu ngantuk saat pagi bisa disebabkan karena stres yang berlebihan. Dimana saat stress biasanya timbul masalah tidur seperti insomnia.  Hal ini tentu saja dapat mengganggu kualitas tidur sehingga memicu kantuk di waktu pagi.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengurangi stres seperti mendengarkan musik yang tenang, ngobrol dengan teman atau keluarga. Dengan mengurangi stres, maka kualitas tidur pun akan jadi lebih baik dan tubuh pun akan terasa lebih berenergi dan bersemangat.