8 Cara Keluar dari Jeratan Cinta Segitiga

Rabu, 1 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

8 Cara Keluar Dari Jeratan Cinta Segitiga

Foto: soompi

Ladiestory.id - Mencintai satu orang saja sudah cukup rumit, apalagi jika kamu juga mencintai atau justru dicintai dua orang sekaligus di waktu yang sama?

Walaupun terkadang berat untuk keluar dari situasi tersebut, akan tetapi kenyamanan dalam hubungan cinta segitiga itu memang sungguh sulit untuk diterima. Sebab, kenyamanan dari cinta segitiga harus mengorbankan sosok pihak yang akan mendapatkan label ‘orang ketiga’ ini.

Cara Keluar dari Jeratan Cinta Segitiga

Tentu saja hubungan ini tidaklah sehat dan baik untuk terus dipertahankan. Oleh sebab itu kamu harus keluar dari situasi tersebut. Bagamaimana caranya? Yuk ketahui 8 cara keluar dari cinta segitiga.

1. Cari Distraksi Lain

cinta segitiga
Foto: Detik

Saat kamu terjebak dalam sebuah cinta segitiga, agar gak terlalu memikirkan dia lebih baik cari saja distraksi lain. Misalnya fokus dengan pekerjaan, menekuni hobi, lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman atau keluarga.

Tentu hal itu lebih mujarab dibanding dalam isi kepalamu terus-terusan terbayang-bayang si dia. Lagipula mengalihkan pikiranmu dengan hal-hal yang positif malah akan mendatangkan lebih banyak keuntungan buatmu bukan?

2. Jujur

Salah satu cara agar keluar dari lingkaran cinta segitiga adalah jujur dengan kekasih. Meskipun pahit dan menyakitkan namun kejujuran bisa membuka jalan keluar kamu untuk mengambil langkah terbaik. Dengan jujur, hubungan asmara kamu selanjutnya akan bisa berhasil.

"Tidak ada satu hubungan yang dapat berhasil tanpa adanya kejujuran dan komitmen. Jika kamu ingin tetap menjalin hubungan dengan kekasih maka bersikaplah jujur dan penuhi komitmen kamu. Yang terbaik datang akan datang dari kejujuran dan ketulusan hati," saran seorang psikolog lulusan Universitas Indonesia.

3. Pilih Dia yang Lebih Dominan

Walaupun kamu merasakan bahwa keduanya memang mencintaimu, pasti ada satu sosok yang lebih cenderung atau dominan di hati.

Cobalah untuk memangami kecenderungan itu agar kamu bisa memilih yang paling tepat. Perasaan istimewa itu mungkin saja terus berkembang sehingga kamu akan makin mantap dalam menentukan pilihan.

4. Bicara dengan Orang Terpercaya

cinta segitiga
Foto: SehatQ

Jika bingung dengan perasaan diri sendiri dan pasangan dalam sebuah hubungan cinta segitiga, bicaralah pada orang terdekat yang terpercaya. Entah itu anggota keluarga atau sahabat dekat.

Sampaikan betapa rumitnya situasi ini dan bila perlu tanyakan pendapat mereka. Sebaiknya cari orang yang bisa memberikan opini objektif. Jika tak ada teman atau anggota keluarga yang bisa menjadi tempat cerita, coba cari konselor profesional.

5. Tanyakan pada yang Bersangkutan

Tidak ada salahnya, kok untuk memberanikan diri menanyakan kepada orang yang kamu taksir tentang perasaannya. Dengan begitu setidaknya meski dia gak memilihmu kamu akan lega.

Pasalnya kamu tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang perasaannya padamu. Kamu juga gak perlu bingung lagi dengan sikapnya kepadamu.

Daripada kamu terus menyimpan perasaan tanpa pernah berani menyatakannya yang ada malah hanya akan membuatmu tersiksa sendiri bukan? Lebih menyakitkan lagi apabila belum sempat mengungkapkan rasa dia sudah bersama orang lain.

6. Bedakan Antara yang Nyaman dan Cinta

cinta segitiga
Foto: Tokopedia

Psikolog klinis dewasa, Liza Marielly Djaprie, M.Si,Psi,SC, menuturkan, seseorang yang merasa nyaman dengan orang lain belum tentu cinta, begitu juga sebaliknya. Untuk menentukan pilihan yang tepat, carilah pria yang memang kamu cintai bukan hanya nyaman.

Sebab jika suatu saat ada orang baru yang memberikan kenyamanan lebih baik, kamu akan berpaling darinya. Cara membedakan antara cinta dan nyaman bisa dilihat melalui fokus kamu terhadap orang tersebut.

7. Catat Seluruh Dampak Negatifnya

Berada dalam sebuah hubungan cinta segitiga adalah akar dari banyak masalah yang lebih luas. Tak hanya merusak hubungan dengan dua orang sekaligus, tapi juga integritas dan nama baik jadi taruhannya.

Sebab itu, perhitungkan seluruh dampak negatif dari hubungan itu. Tak hanya membuang waktu dan menutup peluang untuk hubungan sehat dengan orang lain, emosi juga bisa terkuras akibat segala kerumitan dalam cinta segitiga.

8. Move On

cinta segitiga
Foto: Liputan 6 

Salah satu cara paling efektif untuk keluar dari pusaran cinta segitiga adalah dengan move on. cara itu setidaknya dapat menyelamatkanmu dan juga hatimu dari sakitnya patah hati. Mengalah bukan berarti kalah, kok.

Lagipula untuk apa juga tetap bertahan untuk sesuatu yang memang gak ditakdirkan untukmu? Meski berat pada awalnya move on perlu dilakukan demi kebaikanmu juga. Berdamailah dengan dirimu dan juga perasaanmu terlebih dahulu. Barulah kamu akan lebih siap untuk move on.

Inilah 8 cara keluar dari cinta segitiga. Semoga membantu!