8 Cara Membersihkan Cumi Sebelum Dimasak

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:40:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

8 Cara Membersihkan Cumi Sebelum Dimasak

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Siapa yang gemar dengan hidangan seafood? Salah satu seafood yang paling banyak dikreasikan dalam berbagai hidangan cumi-cumi.

Cumi-cumi adalah makanan laut serbaguna yang bisa diolah dengan berbagai cara. Ketika membeli cumi-cumi, pastikan kita membeli cumi-cumi segar.

Cumi-cumi segar akan terlihat mengkilat dan halus serta memiliki aroma laut yang lembut. Jika terlihat kusam, keriput atau berbau sangat amis, artinya cumi-cumi tersebut sudah tidak segar dan harus dihindari. Jika toko tidak menyediakan cumi-cumi segar, membeli cumi beku adalah alternatif terbaik.

Cara Membersihkan Cumi Sebelum Dimasak

Karena tak mudah membersihkan bahan makanan laut, khususnya cumi-cumi, banyak orang malas memasaknya. Cumi-cumi memiliki tinta hitam yang membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Lantas bagaimana cara membersihkan cumi sebelum dimasak?

1. Memotong Kepala Cumi

Kepala Cumi
Foto: wikihow

Cara membersihkan cumi yang pertama adalah memotong bagian kepalanya. Sebab bagian ini jarang sekali dipakai utnuk memasak. Pisahkan bagian kepala cumi dari badannya.

Caranya kamu perlu memegang abgian ekor lalu tarik kepala cumi dengan tangan lain. Lakukan hal ini secara perlahan dan tidak terburu-buru. Sebab, bagian kepala cumi itu mudah pecah.

Kamu juga tidak perlu menarik bagian kepala cumi dengan terburu-buru. Hal ini akan membuat kantung tinta cumi pecah sehingga akan memakan proses pembersihan yang semakin lama.

2. Membuang Kantung Tinta

Kantung Tinta Cumi
Foto: wikihow

Setelah memisahkan bagian kepala, kamu dapat membuang bagian kantung tinta yang ada di bawah rahang cumi. Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya bahwa kantung tinta mudah pecah. Sehingga perlu hati-hati dalam membersihkan bagian ini.

Jika kamu sudah menarik bagian kepalanya hingga terlepas, biasanya akan terlihat kantung kecil berisi tinta hitam. Nah, kamu hanya perlu menarik perlahan kantung tersebut dan membuangnya.

Lalu, bagaimana jika kantung tersebut tanpa sengaja terpecah dan tintanya berhamburan keluar? Jika sudah begini, kamu dapat membersihkannya dengan air mengalir di bawah keran. Bersihkan cumi dari tinta hingga bersih.

3. Buang Paruh dan Tulang Rawan

Tulang Rawan Cumi
Foto: wikihow

Cara membersihkan cumi selanjutnya yakni melepaskan bagian paruh dan tulang rawan cumi. Bentuknya tipis dan transparan menyerupai pecahan kaca.

Kamu bisa menariknya keluar menggunakan jari. Sebab bagian ini tidak dapat dimakan sehingga sebaiknya dibuang agar hidangan cumi lebih nikmat dimakan.

4. Memotong Tentakel

Tentakel Cumi
Foto: idntimes

Jika kamu ingin membuat cumi ring goreng atau menjadikannya topping nasi goreng seafood yang dibutuhkan hanya bagian badan cumi saja. Maka kamu harus membuang bagian tentakelnya.

Cara memotong tentakelnya cukup mudah. Kamu dapat memotongnya menggunakan pisau dan potong lurus ke bawah. Namun, tentakel cumi juga dapat dimakan dan dioleh sehingga kamu tidak perlu memotong bagian tentakelnya.

5. Menghilangkan Membran Cumi

Membran Cumi
Foto: wikihow

Cara membersihkan cumi selanjutnya yakni menghilangkan membrannya. Membran cumi ini merupakan bagian kulit cumi yang memiliki warna gelap, biasanya disertai dengan bintik hitam.

Dengan menghilangkan membran cumi, maka akan membuat hidangan lebih menarik dan terlihat bersih. Caranya cukup mudah yakni tinggal melepaskan bagian kulit ini dengan tangan saja.

6. Buang Gigi Cumi

Gigi Cumi
Foto: Guide

Jika ingin memasak bagian tenatkel ataupun bersama dengan kepala cumi juga, kamu perlu membuang giginya terlebih dahulu. Sebab memiliki bentuk kecil dan bewarna hitma, makanya gigi cumi-cumi sering terlewatkan.

Caranya cukup mudah, yakni menekan bagian tersebut secara berlahan dengan gerakan memutar kemudian dilepaskan.

7. Mencuci Cumi dengan Air Mengalir

Mencuci Cumi
Foto: Guide

Setelah bagian kulit tersebut dihilangkan, bersihkan kembali tubuh cumi hingga bersih di bawah air mengalir. Jika masih ada tinta yang menempel ataupun sisa jeroan yang masih tertinggal, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan jari.

8. Baluri dengan Asam Jawa dan Garam

Menghilangkan Bau Amis
Foto: Ladiestory.id

Bagi beberapa orang, aroma cumi yang amis terasa sangat menyengat. Jika kamu termasuk salah satunya, setelah cumi bersih, kamu dapat menggunakan asam jawa untuk menghilangkan bau amis tersebut.

Asam jawa diyakini lebih ampuh menghilangkan bau amis pada cumi dibandingkan kamu menggunakan jeruk nipis, lemon, maupun cuka.

Caranya cukup dengan mencampurkan asam jawa dan garam, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, lumuri cumi dengan asam jawa yang telah tercampur dengan garam sambil diremas-remas hingga merata.

Biarkan selama selama beberapa menit, kemudian bilas kembali dengan air hingga bersih dan tiriskan.

Inilah 8 cara membersihkan cumi sebelum dimasak. Memang terkesan ribet sebab banyak bagian yang harus dibuang. Namun jika kamu paham betul, hal ini menjadi kegiatan yang mudah kok.