Cara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak Menggumpal

Rabu, 18 Agustus 2021 | 05:56:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Cara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak Menggumpal

Bagi beberapa orang, dessert sangatlah penting untuk melengkapi rangkaian apa yang dikonsumsi. Dessert merupakan hidangan yang disuguhkan di paling akhir dalam susunan menu yang berfungsi sebagai makanan penutup atau pencuci mulut karena fungsinya memang untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu.

Dalam sebuah restoran atau hotel berbintang pembuatan menu dessert biasanya dilakukan oleh chef professional, karena tampilan dari dessert haruslah menarik baik dari komposisi bahan, warna dan rasa yang ditonjolkan dalam menu hidangan dessert yaitu manis atau sedikit masam tapi menyegarkan.

Ttik Membuat Bubur Mutiara agar Tidak Menggumpal

Foto: Ladiestory.id

 

Seperti yang kita ketahui ada berbagai macam jenis dan macam dessert dengan rasa dan tampilan yang sangat menarik. Salah satu contoh dessert adalah bubur mutiara. Bubur mutiara merupakan cemilan atau hidangan penutup yang memiliki rasa manis.

Bubur mutiara terbuat dari sagu mutiara yang berbentuk bulat-bulat kecil berwarna merah muda seperti namanya. Sagu mutiara berbahan dasar tepung sagu yang teksturnya terasa lembut. Anda dapat membeli sagu mutiara tersebut di pasar.

Sagu mutiara ini ini dijual dalam bentuk kering, kamu perlu merebusnya terlebih dahulu. Setelah selesai direbus, sagu mutiara yang semula kering berubah menjadi butiran-butiran kenyal dan lengket berwarna pink.

Nah biasanya, kendala yang dihadapi dalam membuat dessert ini adalah bubur mutiara yang menggumpal. Oleh sebab itu, berikut cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal. Dan berikut bubur mutiara resep untuk Anda.

1. Rebus Sagu mutiara dengan Benar

Nah, cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal adalah merebus sagu mutiara dengan benar. Bagaimana caranya? Anda perlu merebus dengan air hingga sagu mutiara tertutupi atau teredam penuh.

Anda bisa menyediakan panci berukuran sedang. Lalu tuang sekitar 100gram sagu mutiara. Selanjtunya Anda perlu menuang air ke sagu mutiara hingga tertutupi.

Tidak berhenti sampai situ, namun Anda juga perlu merebus sagu mutiara hingga mengental. Anda juga perlu mengaduk rebusan tersebut. Namun berhati-hatilan dan aduk rebusan sagu mutiara dengan lembut. Sebab sagu mutiara memiliki tekstur yang mudah hancur.

Selanjutnya Anda perlu menunggu sagu mutiara hingga setengah matang dan memiliki tekstur kental. Aduk kembali secara perlahan-lahan. Bahkan Anda perlu mengaduk sagu mutiara hingga ke permukaan panci agar tidak gosong.

2. Bilas Sagu Mutiara dengan Air Dingin

Jika sagu mutiara sudah matang, Anda dapat mematikan kompor tersebut. Sagu mutiara yang matang memiliki tekstur yang bening dan titik putih di dengan sagu menghilang. Kemudian Anda dapat mengangkat sagu mutiara yang sudah matang lalu meniriskannya.

Selanjutnya, cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal yakni membilas menggunakan air dingin. Hal ini digunakan untuk menghentikan proses pematangan pada sagu mutiara.

Foto: Ladiestory.id

 

3. Pemilihan Pemanis

Memilih pemanis juga merupakan salah satu cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal. Anda perlu menambahkan pemanis gula pasir agar sagu mutiara memiliki tekstur transparan dan kental.

4. Mendiamkan Semalaman

Mendiamkan semalaman juga menjadi cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal. Namun hal ini dilakukan demi medapatkan tekstur sagu mutiara yang tidak lembek dan lebih baik.

Resep Bubur Mutiara

Bahan :

250 gram sagu mutiara

500 ml air

150 gram gula pasir

2 lembar daun pandan, simpulkan

1 liter air, untuk merendam

Saus Santan :

250 ml santan

1/2 sdt garam

Cara Membuat Bubur Mutiara

  1. Rendam sagu mutiara dalam satu liter air selama kurang lebih satu jam. Angkat dan tiriskan.
  2. Rebus air yang sudah disiapkan. Tambahkan dengan gula pasir dan daun pandan hingga mendidih.
  3. Masukkan sagu mutiara yang sudah direndam, masak hingga mengental dan mendidih. Angkat.
  4. Di lain panci, masak semua bahan membuat saus santan. Aduk-aduk agar santan tidak pecah.
  5. Tuang bubur mutiara di gelas saji. Siram dengan saus santan. Tambahkan satu iris daun pandan agar tampilannya lebih menarik.

Inilah keempat cara membuat bubur mutiara agar tidak menggumpal. Dan inilah resep bubur mutiara  dengan sederhana dan mudah untuk dibuat. Selamat mencoba!