Begini Cara Bikin Gorengan Bakwan Renyah Tahan Lama

Selasa, 4 Januari 2022 | 07:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Begini Cara Bikin Gorengan Bakwan Renyah Tahan Lama

Ilustrasi Bakwan Udang. (Selerasa.com)

Ladiestory.id - Bakwan adalah salah satu camilan yang banyak ditemukan di Indonesia. Gorengan yang satu ini disebut juga dengan bala-bala di daerah Sunda dan Ote-ote di Jawa Timur. Cara membuat gorengan bakwan agar renyahnya tahan lama tidak sulit lho.

Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan

  • Wortel besar, iris tipis memanjang (bisa juga diparut) 
  • 1/4  kol, iris kasar 
  • 2 batang daun bawang, iris kasar 
  • 7 sendok makan tepung terigu protein sedang 
  • 3 sendok makan tepung beras 
  • 1/2  sendok teh baking soda 
  • 100 ml air 1 sendok makan kaldu bubuk 
  • 1/2  sendok teh lada bubuk 
  • 1 sendok makan gula 1 sendok makan bawang putih cincang

Cara Membuatnya

  1. Campurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, tepung beras, baking soda, kaldu bubuk, lada bubuk, dan juga gula hingga merata. 
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Perhatikan konsistensi adonan, jangan sampai terlalu cair, cicipi rasanya. 
  3. Jika sudah tercampur rata, masukkan sayuran yang sudah diiris tadi dan bawang putih cincang ke dalam adonan, campur rata. 
  4. Panaskan minyak cukup banyak dengan api besar. 
  5. Jika sudah panas, sendokkan adonan bakwan ke dalam minyak panas. Pastikan adonan cukup tipis agar bakwan makin renyah. 
  6. Jika bakwan sudah tidak lagi lengket ke penggorengan, kecilkan api dan goreng bakwan hingga matang. 
  7. Tiriskan bakwan hingga tidak ada minyak yang menetes. Atau bisa juga menggunakan alas tisu dapur agar minyaknya menyerap dan  bakwan tidak banyak minyak. 
  8. Bakwan pun siap disantap selagi masih hangat.

Selain menggunakan baking soda seperti cara di atas, untuk membuat gorengan bakwan yang renyah, bisa juga mencampurkan adonan dengan bahan-bahan berikut:

Kuning Telur

Ilustrasi telur. (Special)

 

Kamu bisa mencampurkan kuning telur sedikit saja ke dalam adonan bakwan. Tak perlu gunakan bagian putihnya, cukup kuningnya saja. Campur hingga merata dalam adonan. Kuning telur ini juga bisa membuat bakwan jadi lebih renyah.

Tepung Beras

Selain menggunakan tepung terigu pada adonannya, cara membuat gorengan bakwan renyah lainnya adalah dengan mencampurkan adonan tambahan tepung beras. Tapi jangan semuanya, cukup 20 - 30 persen saja. Selebihnya dengan tepung terigu.

Kapur Sirih

Bahan tambahan lainnya juga bisa menggunakan campuran kapur sirih. Penggunaan kapur sirih ini merupakan salah satu cara tradisional yang dulu sering dilakukan masyarakat. Biasanya campuran kapur sirih digunakan untuk membuat adonan peyek semakin renyah. Namun, bisa juga diaplikasikan pada bakwan.

Air Es

Cara membuat gorengan bakwan renyah dan tahan lama selanjutnya bisa dengan mencampurkan tepung bakwan dengan seduhan air dingin atau air es. Air dengan suhu dingin bisa membuat bakwan menjadi semakin renyah nantinya.