Cara Membuat Kimchijeon yang Enak dengan Resep Sederhana

Senin, 13 September 2021 | 03:33:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Cara Membuat Kimchijeon yang Enak dengan Resep Sederhana

Foto: maangchi

Kimchijeon atau yang lebih dikenal sebagai Kimchi buchimgae merupakan variasi dari jeon, hidangan yang mirip seperti panekuk Korea.

Pada umumnya kimchijeon dibuat dengan irisan kimchi, adonan tepung, dan dengan beberapa sayuran lainnya.

Namun, terkadang ada beberapa orang yang menambahkan berbagai macam daging juga, seperti daging sapi.

Kimchi sendiri merupakan acar sayuran pedas yang dibumbui dengan cabai dan jeotgal. Biasanya kimchi menjadi bahan utama dalam masakan Korea.

Kimchijeon sering dikenal dalam budaya Korea sebagai hidangan rakyat kelas bawah. Alasannya karena hidangan ini siapa pun bisa membuat dan menikmatinya dengan mudah di rumah tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Cita Rasa Kimchijeon

Foto: maangchi

Cita rasa dari hidangan ini terkenal enak dan lezat. Meskipun hidangan ini termasuk dalam kategori hidangan sederhana.

Bahan-bahan serta bumbu-bumbu yang digunakan juga sangat khas, sehingga kimchijeon kerap menjadi menu andalan di rumah bagi keluarga-keluarga Korea.

Cara-cara dalam proses membuatnya pun cukup mudah, kamu tidak akan merasa sulit atau bingung meskipun sebelumnya kamu belum pernah membuatnya di rumah sama sekali.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan yang satu ini juga cukup mudah dapatkan, selain itu harganya pun cukup terjangkau

Tidak usah khawatir kalau kamu ingin buat hidangan yang satu ini. Kamu bisa coba memasaknya di rumah menggunakan bahan-bahan yang sudah ditentukan.

Nah, cara pembuatannya juga tidak susah, simpel dan sederhana. Berikut ini resep dan cara membuat kimchijeon yang enak dan sangat sederhana.

Resep dan Cara Membuat Kimchijeon yang Enak dan Sederhana

Resep kali ini memerlukan waktu persiapan selama 40 menit dan juga memerlukan waktu memasak selama 15 menit, jadi total waktu yang diperlukan selama 55 menit. Untuk resep ini juga bisa membuat 3 porsi kimchijeon.

Bahan dan Bumbu

Foto: merdeka

300 gram Kimchi.

100 gram daging sapi.

1 gelas tepung terigu.

5 batang daun bawang tipis.

½ buah bawang bombai.

¼ sendok teh lada.

1 gelas air.

Minyak goreng secukupnya.

1 butir telur ayam.

1 sendok teh minyak wijen.

Cara Membuat Kimchijeon

Foto: maangchi

1. Langkah pertama kamu siapkan kimchi terlebih dahulu. Lalu potong kecil-kecil kimchi yang sudah kamu siapkan. Kemudian ambil bawang bombai jangan lupa dikupas dan dicuci terlebih dahulu.

2. Setelah itu kamu belah bawang bombai menjadi dua bagian. Lalu kamu bisa potong-potong dengan ukuran sesuai selera.

3. Bersihkan daun bawang dengan menggunakan air mengalir agar kotorannya hilang. Lalu potong dengan ukuran sekitar kurang lebih 5 cm.

4. Siapkan daging sapi kemudian cuci bersih daging sapi tersebut. Lalu potong-potong bentuk dadu dengan ukuran 2×2 cm.

5. Siapkan baskom kemudian campurkan tepung terigu, telur, dan air. Lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.

6. Jika sudah kamu bisa masukan kimchi, bawang bombai, daun bawang, dan daging sapi yang sudah dipotong. Tak lupa bumbui dengan menggunakan lada, garam dan minyak wijen.

7. Siapakan wajan kemudian panaskan, setelah itu masukan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng adonan kimchijeon terlebih dahulu.

8. Jika sudah matang, tempatkan atau simpan kimchijeon pada tempat atau piring saji yang sudah disiapkan.

Makan selagi masih hangat supaya rasa dan teksturnya semakin nikmat. Hidangan khas Korea yang satu ini sudah siap kamu nikmati. Kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat. Tertarik untuk mencobanya? Ikuti petunjuk dan aturan yang ada ya, supaya nanti kamu tidak salah dalam membuat kimchijeon.

Berita Terkait