Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Benar, Ada Contohnya Juga!

Thursday, 17 Jun | 13:12:02

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Benar, Ada Contohnya Juga!

Foto: Ladiestory.id

Mengundurkan diri dari pekerjaan atau aktivitas organisasi menjadi hal yang wajar karena berbagai alasan, entah karena mendapat tawaran yang lebih menjanjikan, ingin pindah profesi, atau alasan pribadi. Sebelum mengundurkan diri, tentunya perlu surat pengunduran diri.

Meminta izin untuk mengundurkan diri sebaiknya diinformasikan sejak jauh hari sesuai dengan aturan kerja. Sehingga, dapat memberikan kesan baik dan tetap dapat melanjutkan hubungan profesional di masa mendatang.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Sesuai namanya, surat pengunduran diri adalah bentuk pernyataan pengunduran diri dari pekerjaan atau aktivitas sebelumnya.

Pengunduran diri sebaiknya disampaikan secara tertulis dan resmi dengan bahasa yang sopan. Menyatakan pengunduran secara lisan akan dianggap kurang sopan, tidak resmi, dan tidak professional.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengundurkan Diri

Sebelum mengundurkan diri dari perusahaan atau organisasi, pastikan kamu sudah melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memperjelas alasan dan tujuan resign
  • Cek kontrak kerja untuk mengetahui jangka waktu harus berada di perusahaan atau kemungkinan terdapat denda jika berhenti dari pekerjaan sebelum waktu yang ditentukan
  • Menulis surat pengunduran diri
  • Beri tahu atasan tentang keputusan pengunduran diri sebelum orang lain
  • Selesaikan pekerjaan dan buat rencana tim
  • Minta referensi

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri memiliki tujuan sebagai berikut:

      1. Profesional

Surat pengunduran diri bertujuan untuk memberi pemebritahuan pada atasan. Sebaiknya, keputusan mengundurkan diri diberitahukan sesuai aturan dalam pekerjaan, misalnya satu bulan sebelum berhenti kerja. Surat pengunduran diri juga menunjukkan sikap profesional.

      2. Memberi waktu bagi perusahaan untuk mencari karyawan baru

Pemberitahuan dari jauh hari dapat memberi waktu bagi perusahaan untuk mencari karyawan baru yang akan menggantikan job desc yang kamu tinggalkan. Sehingga tidak terjadi kekosongan jabatan yang mungkin dapat menghambat pekerjaan perusahaan atau organisasi.

      3. Memberikan informasi karyawan

Surat pengunduran diri dapat ditunjukkan sebagai pemberhentian proses kerja dengan menunjukkan status sudah tidak bekerja lagi. Dengan memberikan surat pengunduran diri juga dapat dijadikan indormasi bahwa karyawan/anggota tersebut sudah tidak berhak untuk berurusan dengan pekerjaan yang dilakukan sebelumnya.

Alasan Pengunduran Diri

Sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri, tentu ada alasan-alasan tertentu yang sudah dipertimbangkan secara matang. Alasan-alasan tersebut antara lain:

  • Lingkungan perkerjaan yang kurang nyaman dan kurang mendukung proses kerja
  • Gaji yang kurang sesuai
  • Keinginan untuk melanjutkan studi
  • Membuka bisnis baru
  • Kesehatan yang tidak mendukung proses kerja
  • Pindah domisili
  • Dsb

Format Surat Pengunduran Diri

Menulis surat pengunduran diri tentunya harus menggunakan bahasa yang sopan, resmi, dan formal. Berikut ini format dalam pembuatan surat pengunduran diri.

  1. Tulis keterangan tanggal dan tempat pembuatan surat pada pojok kiri atau kanan atas surat
  2. Alamat tujuan surat ditulis secara lengkap di sisi kiri atas surat
  3. Cantumkan identitas diri berupa nama, alamat, dan jabatan guna sebagai data perusahaan dan informasi lebih detail
  4. Pemilihan kata dan bahasa yang sopan, formal, dan resmi
  5. Isi surat berisi alasan logis untuk mengundurkan diri secara singkat
  6. Ungkapan rasa terima kasih dan permohonan maaf
  7. Nama lengkap dan tanda tangan pembuat surat disertai matere

Contoh Surat Pengunduran Diri

Semarang, 1 April 2019

 

Hal: Pengunduran diri

Kpd: Yth. Pimpinan

Maju Makmur

Di Semarang

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Catur Tri Wulan

Alamat: Jl. Pleburan, Semarang

Jabatan: Customer Sevice

Dengan adanya surat pengunduran ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai customer service di Maju Makmur terhitung pada tanggal 1 Mei 2019. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah untuk melanjutkan menimba ilmu di perguruan tinggi.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja secara profesional di Maju Makmur. Saya mendapat pengalaman yang berharga disertai bimbingan yang selama ini telah diberikan secara langsung dan tidak langsung.

Mohon maaf apabila selama bekerja, saya melakukan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Semoga Maju Makmur semakin suskes.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari siapapun. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Catur Tri Wulan