Cara Memperkenalkan Diri saat Interview agar Lancar dan Sukses

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:00:00

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview agar Lancar dan Sukses

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mereka mencoba memperkenalkan diri selama wawancara. Hal ini karena situasi canggung dan kurangnya kesadaran akan apa yang diharapkan. 

Cara memperkenalkan diri saat interview adalah bagian penting dari proses perekrutan karyawan baru. Interview kerja adalah percakapan di mana kamu menunjukkan kepribadian, keterampilan, etos kerja, dan kualitas kamu.

Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri saat Interview?

Foto: Ladiestory.id

Bagi yang baru pertama kali interview, tidak ada kata pengantar yang benar atau salah. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mempersiapkan pengantar kamu terlebih dahulu sehingga tidak perlu memikirkannya di tempat. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menceritakan sebuah cerita atau lelucon. Pastikan kamu tidak mengatakan sesuatu yang terlalu pribadi atau terlalu tabu.

Hal terbaik yang harus dilakukan ketika kamu memperkenalkan diri selama wawancara adalah menceritakan sebuah cerita atau lelucon yang akan membuat pewawancara kamu tertawa dan tertarik pada siapa kamu sebelum mereka belajar lebih banyak tentang kamu.

Tidak mudah membicarakan diri sendiri saat interview kerja, tetapi berikut adalah beberapa tips yang harus kamu ingat sebelum melakukan interview pertama.

Persiapkan pendahuluan kamu sebelumnya sehingga kamu akan memiliki sesuatu untuk pertanyaan pertama. Pikirkan sebelum menjawab pertanyaan dari pewawancara, apakah kamu ingin berbicara tentang mengapa kamu meninggalkan perusahaan terakhir tanpa menyebutkan nama? Atau apakah kamu ingin berbicara tentang keterampilan apa yang kamu miliki yang cocok dengan posisi ini?

Cara Membuat Kesan Pertama yang Hebat dalam Interview

Foto: Ladiestory.id

Untuk membuat kesan pertama yang baik dalam sebuah interview, ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh kamu ikuti. Ini tidak hanya akan membantu kamu tetapi juga akan membantu kamu membangun kepercayaan diri untuk wawancara di masa depan.

  1. Miliki senyum kemenangan di wajahmu.
  2. Jangan lupa berjabat tangan dengan erat saat bertemu.
  3. Pakailah pakaian yang sesuai dengan bisnis.
  4. Jangan terlihat gugup atau tidak nyaman.
  5. Jangan terlambat untuk wawancara.
  6. Jangan memakai sesuatu yang terlalu kasual atau mencolok.

Tips Cara Memperkenalkan Diri saat Interview agar Sukses

Foto: Ladiestory.id

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pencari kerja adalah proses interview Ini adalah tugas yang membutuhkan banyak latihan dan kesabaran untuk dikuasai. Pada artikel ini, kita akan mengulas lima langkah untuk membantu kamu memberikan kinerja terbaik kamu dalam interview.

1. Pahami Tujuan

Sebelum menjalani wawancara, penting untuk memahami apa yang diharapkan dari kamu sebagai kandidat. Ini akan membantu mengetahui berapa banyak waktu yang harus kamu persiapkan dan jenis pertanyaan apa yang akan ditanyakan dalam proses wawancara.

2. Buat Persona Interview

Ini bukan hanya tentang menjadi diri sendiri dengan setiap pewawancara, tetapi juga menemukan persona objektif yang dapat membantu kamu menjual diri kamu sebagai kandidat secara efektif selama percakapan dengan setiap pewawancara.

Foto: Ladiestory.id

 

3. Berpakaianlah yang Pantas 

Kamu mungkin gugup, tetapi kamu tidak ingin menunjukkannya. Pewawancara yang baik akan membuat kesan pertama yang baik tentang kamu dan kamu ingin membuat kesan yang baik pada mereka. Kenakan sesuatu yang bersih dan rapi yang terlihat profesional.

4. Bawalah salinan cetak CV dan Berkas yang Dibutuhkan 

Kamu harus selalu memiliki ini jika pewawancara kamu memintanya selama proses wawancara. Jangan sampai kamu terlihat tidak siap karena lupa membawanya.

5. Bersiaplah! 

Siapkan beberapa pertanyaan tentang perusahaan dan apa yang mereka lakukan sehingga jika mereka mengajukan pertanyaan tentang apa yang dapat kamu tawarkan, kamu dapat menjawabnya berdasarkan apa yang mereka katakan dalam posting pekerjaan atau materi lamaran mereka.

Hal yang harus Dihindari saat Interview

Foto: Ladiestory.id

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat melakukan interview Beberapa di antaranya dapat dilakukan sebelum wawancara dan beberapa dapat dilakukan selama wawancara. Mari kita lihat apa saja yang tidak boleh kamu lakukan saat memperkenalkan diri saat interview:

  1. Berbicara terlalu cepat atau berbicara dengan mulut penuh.
  2. Terlalu banyak membicarakan diri sendiri.
  3. Berbicara tentang pekerjaan kamu sebelumnya.
  4. Tidak tahu cara membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
  5. Jangan terlambat untuk wawancara.
  6. Jangan membuatnya tampak seperti kamu tidak peduli dengan perusahaan atau peran.
  7. Jangan mengajukan pertanyaan yang tidak pantas.
  8. Jangan bicara tentang negosiasi gaji.

Nah, itulah yang harus kamu lakukan saat mendapat panggilan interview seperti kesan pertama, cara memperkenalkan diri saat interview, dan hal yang harus kamu hindari saat interview. Semoga interview kamu sukses, ya!

Berita Terkait