5 Cara Mencari Topik Pembicaraan Menarik agar Seru dan Tidak Membosankan

Selasa, 16 November 2021 | 01:53:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Cara Mencari Topik Pembicaraan Menarik Agar Seru Dan Tidak Membosankan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Berbincang atau mengobrol merupakan konstruksi sosial manusia yang berfungsi sebagai fondasi untuk menjaga suatu hubungan. Meski begitu sebagian wanita kesulitan dalam memulai obrolan atau bingung tentang bagaimana cara mencari topik pembicaraan.

Terlebih lagi ketika harus berbicara dengan orang asing. Untuk itu, cara mencari topik pembicaraan yang menarik merupakan hal yang sangat penting sebelum obrolan dimulai

Cara Mencari Topik Pembicaraan

Berikut cara mencari topik pembicaraan menarik agar obrolan seru dan tidak membosankan.

1. Melontarkan Kata-kata Pujian

Foto: Ladiestory.id

Melontarkan kata-kata pujian bisa dijadikan untuk mengawali percakapan yang bagus. Gunakan cara ini untuk mencari topik pembicaraan dengan lawan jenis, bila kamu kesulitan menemukan kalimat untuk mengawali obrolan.

Perlu kamu tahu bahwa pujian langsung akan membuat lawan bicara merasa hangat saat berbicara dengan kamu, kemanapun arah pembicaraan kalian.

Tapi ingat berikan pujian yang spesifik dan tulus, ya. Jika tidak, alih-alih menemukan ide untuk topik pembicaraan, malah kamu akan berisiko diasingkan orang tersebut.

2. Arahkan Topik dengan Pura-pura Bertanya

Cara mencari topik pembicaraan selanjutnya bisa dengan mengarahkan topik dengan sebuah pertanyaan yang menarik terkait apa yang sedang kamu lakukan.

Misalnya kamu sedang membuat makanan, kamu bisa menanyakan pada lawan bicaramu “Apakah kamu pernah mencicipi makanan ini?

Setelah itu, bisa dilanjutkan secara bertahap untuk membicarakan perihal makanan yang sedang kamu buat dan sering kamu masak.

3. Membicarakan Suatu Acara

Foto: Ladiestory.id

Menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan acara yang sedang berlangsung bisa jadi salah satu cara terbaik mencari topik pembicaraan. kamu bisa bertanya  “Apakah kamu pernah ke acara ini sebelumnya?” 

Kamu juga bisa memodifikasinya dengan  pertanyaan seputar jenis acara. Seperti saat acara konser penyanyi idola, kamu bisa bertanya seperti ini,

Apa kamu juga datang saat konsernya tahun lalu?” atau bisa juga dengan “Apakah kamu meluangkan setiap waktumu untuk melihat mereka menyanyi?

4. Melontarkan Kata-kata Lelucon

Hampir semua orang suka dengan lelucon. Lontarkan lelucon yang cerdas dan bersih yang membuat orang lain bisa tersenyum bahkan tertawa. Hal ini bisa membuat kamu langsung menciptakan hubungan simpatik yang kadang bisa bertahan untuk obrolan yang panjang.

Jika kamu adalah seseorang yang suka bercanda, kamu bisa melontarkan lelucon untuk menemukan topik pembicaraan yang menarik bagi pria.

Dengan lelucon yang direncanakan, kamu dapat dengan mudah menemukan lelucon yang terkait dengan topik percakapan yang sedang berjalan. Hal itu akan memberi kamu kesempatan untuk mengarahkan percakapan pada  tujuannya.

5. Membicarakan Cuaca

Foto: Ladiestory.id

Bagi sebagian orang basa basi memang sangat menyebalkan, tapi hal itu bisa jadi salah satu cara mencari topik pembicaraan dengan sempurna. Ini juga bisa topik pembicaraan yang menarik hingga menjadi sebuah obrolan yang panjang.

Kamu bisa mengawalinya dengan membicarakan cuaca. Misalnya, kamu berkata bahwa cuaca hari ini sangat gerah hingga menyebutkan suhu udara yang lebih panas dari kemarin.

Topik tersebut bisa memberimu banyak jalan untuk eksplorasi lebih jauh. Kami dapat menggunakannya sebagai segmen ke lokasi geografis, seperti bercerita bagaimana kamu dulu tinggal suatu tempat, atau bagaimana cara kamu mengantisipasi perubahan musim yang akan tiba, dan lain sebagainya.

Begitulah 5 cara mencari topik pembicaraan agar obrolan dengan lawan bicara jadi seru dan tidak membosankan.