7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Rumah

Selasa, 30 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Rumah

Foto: Liputan6

Ladiestory.id - Kondisi ekonomi yang tidak stabil dalam suatu rumah tangga, menjadikan seseorang berpikir keras mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah. Namun saat ini yang marak di tengah masyarakat adalah mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara online.

Padahal ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah tanpa lewat online. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Rumah

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah tanpa online.

1. Buka Warung Jajanan

Foto: IDNtimes

Kalau kamu punya modal uang yang lumayan, bisa kamu jadikan modal buat buka warung jajanan kecil-kecilan. Seperti misalnya menjual aneka makanan dan minuman anak-anak. 

Kalau kamu punya modal yang lebih banyak lagi kamu bisa menambahkan berjualan sembako sesuai dengan jumlah modal yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan mendapatkan untung dan ada penghasilan tambahan pastinya, sehingga uang kamu tidak habis begitu saja.

2. Menerima Jasa Service Barang-Barang

Kamu punya keahlian untuk memperbaiki barang-barang rumah tangga yang rusak? Kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu ini dengan membuka jasa perbaikan. Jangan malu dengan pekerjaan ini, karena tak semua orang punya keahlian khusus ini lho.  

Dengan melakukan jasa perbaikan barang-barang di rumah orang lain kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan yang kamu lakukan ini. 

3. Menerima Jasa Cuci, Gosok Pakaian dan Bersih-bersih Rumah

Foto: Hipwee

Banyak orang yang karena sibuknya aktivitas di luar sebagai wanita karier, sehingga tidak sempat untuk mengurus pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci pakaian, menggosok pakaian atau bersih-bersih rumah.

Kamu bisa menawarkan diri untuk menerima jasa cuci gosok dan bersih-bersih rumah. Untuk pekerjaan yang satu ini butuh tenaga ekstra, tapi yang terpenting jangan malu untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. 

Walau sebagian orang mungkin berpikir ini adalah pekerjaan yang rendah. Namun sesungguhnya ini adalah pekerjaan yang mulia dan yang penting halal. Dengan begini juga akan mendatangkan penghasilan tambahan buat kamu. 

4. Berjualan Nasi Uduk

Nah, kalau pekerjaan yang satu ini tak sedikit pula dijalani para ibu rumah tangga yang ingin membantu suaminya agar mendapatkan penghasilan tambahan di rumah.

Kamu hanya perlu keahlian memasak di sini. Selain itu, berjualan nasi uduk juga tak butuh banyak modal uang, tapi keuntungannya lumayan buat menambah penghasilan.

5. Menerima Jasa Memasak buat Orang lain

Foto: Liputan6

Kalau kamu punya keterampilan memasak aneka makanan, kamu bisa pilih kegiatan ini  untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Jual kemampuan kamu itu dengan tepat.

Banyak orang yang tidak punya waktu hanya untuk sekedar memasak untuk keluarganya. Sementara mereka butuh dan ingin makanan yang lezat siap tersaji di meja makan saat pulang ke rumah setelah bekerja seharian di luar.

6. Menjual Barang-Barang Bekas

Kalau kamu punya banyak barang-barang yang sudah tidak terpakai namun masih bermanfaat, jangan biarkan menumpuk di rumahmu. Kamu bisa jual barang-barang bekas kamu itu ke pasar yang khusus menjual barang bekas.

Bisa juga barang-barang tersebut kamu jual melalui penjual keliling yang khusus membeli barang-barang bekas. Dengan begitu kamu akan mendapatkan uang tambahan. 

7. Menyewakan Kamar

Foto: Terusmanis

Bila kamu punya kamar kosong di rumah yang tidak ditempati, kamu bisa manfaatkan untuk disewakan pada orang lain yang membutuhkan. Cara ini akan membuat kamu mendapatkan uang tambahan yang tidak sedikit. Terutama bila yang menyewakannya secara tetap dalam waktu yang lama. 

Selain itu kamu juga bisa menyewakan satu rumah kamu pada orang yang kamu percaya. Bila sewaktu-waktu kamu melakukan liburan atau pergi meninggalkan rumah dalam waktu lama.

Nah, itulah 7 cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah. Ingatlah jangan pernah malu melakukan apapun untuk menghasilkan uang selama apa yang kamu lakukan adalah halal dan tidak merugikan orang lain. Semoga bermanfaat.