Tips Efisien Agar Tetap Waras Jalani Work From Home

Selasa, 9 April 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tips Efisien Agar Tetap Waras Jalani Work From Home

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Menjalankan work from home, nyatanya tidak semudah kelihatannya. Seseorang yang tidak terbiasa melakukan hal ini, bisa saja merasa seperti ada perjuangan berat yang seringkali berakhir dengan stres dan sakit kepala.

Menghindari hal tersebut, seseorang harus memiliki batasan, kemauan keras, pola pikir tertentu untuk menjalankannya hari demi hari. Melansir Ordinary Travel, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap waras bekerja dari rumah.

Bersiap Untuk Jalani Hari

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Saat bekerja dari rumah, pastikan kamu telah menjalani rutinitas seolah-olah seperti sedang berangkat menuju kantor. Atur jam alarm pada waktu yang sama setiap paginya, buat secangkir kopi atau teh, siapkan sarapan, mandi, berpakaian, dan kemudian bersiaplah untuk mulai bekerja. Hal-hal seperti itu memiliki hubungan yang erat agar bisa merasa produktif dalam menjalani hari.

Susun Rencana Kegiatan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Seseorang yang belum terbiasa bekerja dari rumah bisa saja akan merasa sedikit bingung bagaimana mengatur hari. Untuk itu, maka mulailah untuk menyusun rencana kegiatan dalam satu hari.

Untuk mempermudahnya, gunakanlah kalender untuk mengatur jadwal, termasuk juga mengatur kapan akan bekerja dan istirahat, dan buat juga daftar semua hal yang ingin dikerjakan.

Miliki Ruang Kerja Khusus

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Agar bisa merasa nyaman bekerja dari rumah, maka siapkanlah meja khusus atau ruangan khusus untuk bekerja. Adanya area khusus untuk bekerja akan mempermudah seseorang untuk menjadikan harinya menjadi produktif dan pekerjaan akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Pastikan area kerja dilengkapi dengan barang-barang yang mendukung pekerjaan, seperti printer, file, dan semua perlengkapan kantor yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga area kerja memiliki pencahayaan yang terang, bersih, dan nyaman.

Fokus dan Jangan Lupa Istirahat

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Hal ini menjadi salah satu tips terpenting dalam bekerja, baik dari rumah mau pun dari kantor. Tetaplah fokus dan jangan lupa untuk beristirahat, karena hal ini akan sangat berpengaruh bagi produktivitas seseorang dalam bekerja.

Untuk melakukan hal ini, pastikan untuk menghindari gangguan eksternal apa pun, termasuk gangguan notifikasi dari ponsel saat sedang bekerja agar bisa tetap fokus bekerja. Setelahnya, jangan lupa untuk luangkan waktu sejenak untuk beristirahat.

Gunakan Musik dan Aromaterapi

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Jika merasa sulit untuk tetap fokus saat bekerja dari rumah, cobalah untuk menyalakan musik dan aromaterapi yang akan membantu membuat pikiran menjadi lebih rileks. Cobalah untuk menyalakan beberapa lagu instrumental yang belum pernah didengar sebelumnya, hal ini akan membantu seseorang agar menjadi lebih fokus bekerja.

Selain itu, gunakan juga aromaterapi atau jenis wewangian lainnya yang akan memengaruhi suasana hati dalam menyelesaikan pekerjaan.