Cara Mengatasi Batuk dengan Alami

Kamis, 1 Juli 2021 | 22:37:04

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Cara Mengatasi Batuk dengan Alami

Foto: Ladiestory.id

 

 

Penyakit yang paling umum melanda manusia tanpa memandang usia adalah batuk. Penyakit batuk juga merupakan penyakit musiman yang mudah tertular jika kondisi sedang tidak sehat.

Terlebih, daya tahan tubuh atau imun dibarengi dengan padatnya aktivitas membuat tubuh sangat rentang terhadap masuknya berbagai virus dan bakteri. Selain itu, batuk juga dapat disebabkan dari faktor lingkungan ataupun makanan yang dikonsumsi.

Batuk adalah cara alami tubuh menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya. Kendati bertujuan melindungi tubuh, namun batuk yang tak kunjung sembuh bisa cukup menjengkelkan. Terlebih batuk akan menjadi-jadi di waktu malam hari, terutama dalam posisi berbaring.

Batuk terdiri dari dua jenis yakni batuk kering yang disertai dengan rasa gatal di tenggorokan dan juga batuk berdahak. Kedua jenis batuk ini juga dapat disebabkan infeksi virus atau bakteri, alergi, asam lambung naik, sampai asma, dilansir dari Women's Health.

Tentu penyakit tidak kunjung sembuh jika tidak diobati. Selain meminum obat apotik atau obat resep dokter, cara mengatasi batuk dengan alami bisa kamu buat dirumah.

Cara Mengatasi Batuk dengan Alami

Biasanya, obat batuk memiliki efek samping mengantuk, jika kamu tidak menginginkannya bisa dengan menggunakan bahan alami seperti dibawah ini

  1. Jahe
Foto: Ladiestory.id

 

Bahan dapur ini dikenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan batuk. Jahe memiliki senyawa antiperadangan yang dapat melemaskan membran di saluran udara. Sehingga, intensitas batuk bisa berkurang.

Jahe juga mampu menghangatkan dan menyegarkan tubuh, sehingga dapat mengatasi batuk-pilek. Cara meminumnya dengan diseduh dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum.

Namun hati-hati, sebab beberapa orang mempunyai masalah lambung bisa mengalami sakit perut saat minum air seduhan jahe.

  1. Kunyit
Foto: Ladiestory.id

 

Rempah-rempah satu ini juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk dengan segala khasiat didalamnya. Kunyit mengandung antibiotik yang mampu mengatasi terjadinya peradangan pada saluran pernafasan.

Menurut penelitian rimpang kunyit mengandung minyak atsiri 3-5%, kurkumin, pati, tannin, dan damar. Kandungan ini berkhasiat untuk membunuh bakteri dan mengatasi perut kembung.

Cara mengonsumsinya dengan beberapa potong kunyit yang dicampurkan dengan 1 sendok garam, lalu diminum.

  1. Daun Peppermint
Foto: Ladiestory.id

 

Daun peppermint yang mengandung mentol sehingga dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan atau pemecah lendir, hal ini menjadikan daun peppermint sebagai obat batuk herbal.

Selain itu daun peppermint dapat memberikan rasa segar di mulut dan membantu meredakan batuk dengan mengencerkan dahak di tenggorokan. Obat herbal ini juga ampuh dan aman untuK dikonsumsi oleh ana-anak.

Ada dua cara daun peppermint dijadikan obat herbal batuk. Yang pertama dijadikan minuman teh peppermint. Atau bisa dilakukan denan rebus daun peppermint kemudian dekatkan uap rebusan daun pada hidung anak untuk dihirup

  1. Air Garam
Foto: Ladiestory.id

 

Bumbu dapur ini bisa dijadikan obat pertama yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Cara menggunakannya dengan mencampurkan air garam dengan air hangat,jika dirasa tidak panas bisa langsung digunakan untuk kumur.

Pastikan air tersebut menjangkau bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat, sebelum membuangnya. Lakukan kegiatan ini selama beberapa hari sampai batuk membaik. Nah, larutan air garam ini dapat mengurangi lendir yang menempel di bagian belakang tenggorokan.

Namun jangan berikan cara ini kepada anak-anak, terlebih anak di bawah enam tahun. Pasalnya mereka masih belum bisa berkumur dengan baik.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Selain larutan garam, air putih merupakan hal yang sangat mudah ditemui. Setiap hari kita pasti minum air, namun jika batuk, hendaknya menambah beberapa gelas dalam sehari. Pasalnya bagi orang yang sedang batuk atau pilek sangatlah penting menjaga kecukupan cairan tubuh.

Namun jika mengalami batuk disertai gejala flu atau pilek, hendaklah minum air putih hangat. Namun, jika batuk disertai radang tenggorokan, justru hindari minuman terlalu panas.

Inilah 5 cara mengatasi batuk dengan alami yang dapat dilakukan dirumah