5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker

Sabtu, 20 November 2021 | 15:28:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker

Foto: Shutterstock

Ladiestory.id - Pandemi virus corona belum berakhir, sehingga menerapkan protokol kesehatan menjadi sesuatu yang wajib untuk perlindungan diri dan orang sekitar.

Salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan adalah dengan selalu menutup mulut menggunakan masker. Pemakaian masker biasanya memunculkan masalah, seperti muka lebih mudah berjerawat, mudah berkeringat, bahkan juga bisa membuat bau mulut.

Pastinya tidak enak sekali mencium bau mulut sendiri saat memakai masker. Jika kamu juga sering mengalami hal ini saat memakai masker, bisa jadi ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Mulai dari faktor karena mulut kering atau mengalami dehidrasi, tidak menjaga kebersihan mulut, merokok, mengonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan bau mulut (kopi, bawang putih, bawang bombay, dll), atau bisa juga indikasi kalau mengalami gejala penyakit seperti GERD.

Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker

Meskipun memiliki fungsi penting, penggunaan masker yang membuat kamu menjadi mengalami bau mulut pastinya mengurangi rasa nyaman.

Jika sehari-harinya kamu bekerja, bisa jadi konsentrasi kamu juga buyar saat merasakan bau mulut sendiri. Oleh karena itu, berikut ini ada cara mudah untuk mengatasinya dan wajib kamu coba, antara lain:

1. Sikat Gigi dan Flossing

Foto: iStockphoto/ shironosov

Agar tidak bau mulut saat memakai masker, tentu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut. Pastikan kamu selalu rajin menggosok gigi ya, dua kali sehari pagi dan malam.

Gunakan pasta gigi berfluoride agar gigi lebih bersih secara optimal. Jangan lupa juga untuk melakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang.

2. Menggunakan Obat Kumur atau Mouthwash

Foto: hellosehat

Agar napas tetap segar dan terbebas dari bau mulut, kamu juga bisa menggunakan obat kumur. Pastikan obat kumur yang kamu pakai memiliki kandungan antiseptik agar kesehatan gigi maupun mulut bisa mendapatkan perlindungan yang optimal.

3. Minum Banyak Air Putih

Foto: health.kompas

Air ludah atau saliva bisa mencegah area mulut agar tidak kering. Namun saat dehidrasi atau kurang cairan tubuh akan menyebabkan mulut juga ikut kering.

Saat mulut kering inilah bakteri lebih mudah berkembang dan menyebabkan bau mulut. Untuk cara mudah mengatasinya adalah dengan cukup minum banyak air putih agar tidak dehidrasi.

4. Hindari Jenis Makanan atau Minuman Penyebab Bau Mulut

Bau mulut juga bisa dipicu oleh makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Ada bebetapa jenis makanan yang tak jarang akan menimbulkan bau mulut, seperti kopi, bawang putih, bawang bombay, serta makanan tinggi gula dan protein.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Selain tidak bagus untuk kesehatan organ paru-paru, nyatanya kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan bau mulut dan menginfeksi gusi. Hal ini lantaran kebiasaan merokok akan membuat mulut mudah kering, rentan mengalami infeksi gigi, dan memicu bau mulut.

Itu tadi cara mudah agar kamu bisa terhindar dari bau mulut saat memakai masker. Jangan lupa pakai masker untuk prokes ya, Ladies!