Selain Menggunakan Obat, Ini 5 Cara Mengatasi Pusing yang Menyerangmu

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:40:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Selain Menggunakan Obat, Ini 5 Cara Mengatasi Pusing yang Menyerangmu

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pusing atau sakit kepala adalah salah satu gejala paling umum dan kerap dialami mayoritas orang. Pusing dapat menjadi tanda jika seseorang tengah mengalami stres, tertekan secara emosional, penanda sakit maupun merasa tidak enak badan. Gejala ini digolongkan sesuai tingkat keparahannya, baik dari sakit kepala ringan, sedang, sampai berat.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala tingkat ringan serta sedang, biasanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat pereda sakit kepala. Selain mengonsumsi obat pereda sakit kepala, kamu juga bisa mengatasinya dengan hal-hal di bawah ini.

1. Minum Air yang Cukup

mengatasi sakit kepala
Foto: Ladiestory.id

Dengan minum cukup air setiap harinya, maka kamu sudah mengurangi risiko dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan dampak berkepanjangan yang buruk semacam sakit kepala tegang atau nyut-nyutan (tension headache) serta migrain. Sakit kepala tegang biasanya disertai dengan rasa sakit, sesak, dan tekanan di sekitar dahi, belakang kepala, dan leher.

Sedangkan migrain atau sakit kepala sebelah yang diikuti mual dan peka terhadap cahaya atau suara. Kamu dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum sekurang-kurangnya 8 gelas air per hari dan memperbanyak mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang kaya terhadap kandungan air, semacam jeruk, semangka, timun, atau daun selada.

2. Istirahatkan Badan dan Pikiran dengan Tidur

Kebiasaan begadang atau kurang mengistirahatkan badan dan pikiran bisa mengakibatkan beberapa dampak buruk untuk kesehatan. Pada sejumlah kasus, kurang tidur bisa mengakibatkan hadirnya sakit kepala.

Sebuah studi memperlihatkan orang yang tidur kurang dari 6 jam per hari berisiko mengalami pusing. Tapi, terlalu banyak tidur dalam sehari pun tidak disarankan sebab kebiasaan ini pun bisa memicu kepala pusing.

Sehingga butuh dipahami waktu rata-rata tidur yang baik untuk kesehatan, yaitu 7-9 jam per hari untuk orang dewasa, 9-11 jam per hari (anak-anak), dan 14-17 jam (bayi baru lahir).

3. Gunakan Kompres Dingin atau Hangat

mengatasi sakit kepala
Foto: Ladiestory.id

Mengompres area kepala dan leher dengan air dingin atau es batu bisa membantu dalam mengatasi sakit kepala. Dengan bantuan kompres dingin, pembuluh-pembuluh darah bisa dikencangkan serta peradangan yang terjadi di kepala dapat dikurangi.

Sedangkan kompres dengan air hangat biasanya dapat dilakukan ketika mengalami sakit kepala tegang. Di mana pada keadaan ini, otot-otot di sekitar kepala menjadi tegang dan memunculkan tekanan yang menyebabkan nyeri di kepala. Pemakaian kompres hangat bisa membantu pelemasan otot-otot tadi sehingga gejala sakit kepala dapat segera diredakan.

4. Coba Pijat-pijat Bagian Kepala

Memijat-mijat pada bagian tertentu di kepala yang terasa nyut-nyutan bisa membantu dalam meredakan pusing. Area pijatan pada setiap orang pastiah berbeda-beda. Terdapat yang memijat-mijat area belakang leher, kening, bagian samping-atas wajah, atau daerah yang cukup naik sedikit dari hidung.

Intinya, pijatlah tepat di area kepala yang terasa berdenyut. Atau ketika tekanan di kepala dirasa berkurang dan kamu merasa lebih nyaman saat tengah dilakukan pemijatan.

5. Menikmati Secangkir Jahe Hangat

mengatasi sakit kepala
Foto: Ladiestory.id

Sebuah hasil studi menyatakan jika jahe dapat ikut membantu penyembuhan pasien migrain. Hasil studi lain menguatkan temuan sebelumnya yang menjumpai manfaat jahe hampir setara dengan kandungan obat migrain yang diresepkan oleh dokter.

Tak ada salahnya kan, menikmati secangkir jahe atau teh jahe hangat ketika kepala tengah dilanda kepusingan? Sebab ini bisa menjadi sebuah momen santai yang nyaman serta menyehatkan.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara mengatasi pusing selain mengonsumsi obat, bukan? Semoga bermanfaat.