Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mengatasi Sifat Canggung yang Kamu Miliki

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mengatasi Sifat Canggung Yang Kamu Miliki

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Arti canggung yaitu kikuk, kaku, tidak sopan, merasa tidak senang, tidak percaya diri dan lain sebagainya. Kata ini mempunyai sangat banyak arti.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata ini telah memiliki penjelasannya sendiri disana yaitu, kurang mahir atau tidak terampil dalam menggunakan sesuatu (karena belum bisa mengerjakannya), kikuk, kekok.

Di dalam sebuah meme maupun konten anak muda zaman sekarang, canggung kerap dikatakan pula dengan sebutan awkward, yang mana ini merupakan terjemahan bahasa inggris dari canggung. Awkward terdengar lebih modern dan lucu ketimbang kata canggung.

Perbedaan kata canggung dan awkward yaitu ada pada pemakaiannya, canggung dipakai sebagai istilah tidak percaya diri dan kaku ketika menghadapi sesuatu, sementara awkward dipakai sebagai istilah sesuatu yang memalukan namun dilakukan secara tidak sengaja.

Kata ini tergolong dalam kata sifat (adjektiva) yakni kata yang menjelaskan suatu keadaan seseorang maupun sesuatu.

Cara Menghilangkan Rasa Canggung

Walaupun rasa canggung merupakan hal yang manusiawi khususnya saat berada di hadapan orang banyak maupun menghadapi situasi yang belum dikuasai betul, terdapat beberapa cara dalam menghilangkan rasa canggung. Simak penjelasan berikut!

1. Jangan Beri Porsi pada Inner Critic

cara mengatasi rasa canggung
Foto: Ladiestory.id

Sadari jika seluruh inner critic negatif yang terdapat dalam pikiran itu bukan hal yang benar benar terjadi. Inner ciritic sendiri mengacu ke suara-suara dalam hati yang mengritik semua yang kamu lakukan.

Misalnya, "Saya tidak cocok menggunakan sepatu warna putih", "Kamu tidak cocok bergaul dengan mereka", dan lainnya.

Semua hal tersebut tidak berdasar serta hanya hal buruk dari pikiran yang berlebihan. Maka itu, tekankan jika orang lain tidak ada yang memerhatikan dengan sangat detailnya terhadap kekurangan yang kamu punya. Melalui pola pikir semacam ini, beban atau tekanan akan terangkat dan dapat lebih leluasa bersikap.

2. Jangan Menjadi Orang Lain

Kadang, orang menjadi canggung kemudian menyiasatinya dengan bersikap layaknya orang lain. Mungkin meniru bagaimana luwesnya sosok social butterfly saat berinteraksi dengan orang lain, maupun meniru siapapun yang berbeda dari karakter diri sendiri.

Hal ini malah menjadikan orang tak akan mengenal kamu sebagai diri sendiri. Tak usah menjadi orang lain dan jadilah versi paling baik dari diri sendiri. Pastinya, dengan tetap mengutamakan perilaku yang baik.

3. Semua Orang Merasa Canggung

cara mengatasi rasa canggung
Foto: Ladiestory.id

Bila canggung merupakan perasaan yang sering menemani ketika beraktivitas sehari-hari, ingat jika kamu tidak sendiri. Semua orang tentu pernah merasa canggung, seluwes apapun pembawaan dirinya. Perlu latihan yang lama serta tekun untuk dapat membangun kepercayaan diri. 

4. Menguasai Materi

Rasa canggung dapat pula timbul saat seseorang tidak benar-benar menguasai materi yang akan dibawakannya. Umumnya, ini terjadi saat tengah presentasi atau berbicara di depan orang banyak.

Sebab itu, satu-satunya cara menghindari rasa canggung yaitu dengan menguasai materinya sesempurna mungkin.

5. Berlatih

cara mengatasi rasa canggung
Foto: Ladiestory.id

Berlatih, berlatih, dan berlatih merupakan cara guna mengatasi rasa canggung. Percayalah juga jika ungkapan “bisa karena biasa” itu benar adanya.

Semakin kerap berlatih entah itu di depan kaca maupun di hadapan orang terdekat, maka akan semakin berkurang rasa canggung saat benar-benar mengerjakannya. Kian lama, diri akan semakin terbiasa dan tak lagi canggung berlebihan.

Lawan rasa canggung supaya kamu dapat menjadi pribadi yang percaya diri di hadapan umum. Semoga bermanfaat.