Tak Perlu Emosi, Begini 5 Cara Menghadapi Sindiran dari Teman dengan Elegan

Senin, 4 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Tak Perlu Emosi, Begini 5 Cara Menghadapi Sindiran dari Teman dengan Elegan

Foto : Liputan 6

Ladiestory.id - Hubungan dengan teman tak selalu baik dan harmonis, terkadang bisa saja timbul konflik. Konflik ini bisa membuat hubungan dengan teman makin panas dan membenci hingga akhirnya teman pun berani melontarkan kata-kata sindiran.

Tapi, jangan emosi untuk menghadapinya, tetap tenang dan lakukan cara menghadapi sindiran dari teman dengan elegan seperti berikut ini.

Cara menghadapi Sindiran dari Teman

Sindiran dari teman tak harus disikapi dengan emosi. Sebagai wanita hadapi dengan bersikap elegan dan dewasa. Berikut cara menghadapi teman yang suka menyindir, yaitu:

1. Balas Sindiran dengan Candaan

Foto : Ladiestory.id

Salah satu cara membalas sindiran teman adalah membalasnya dengan candaan atau humor. Cara seperti ini cukup ampuh untuk dapat menurunkan emosi kamu serta  mencairkan suasana.

Cara menghadapi sindiran dengan humorini juga akan membuat berbalik mempermalukan orang yang menyindir kamu. Contohnya, saat teman menyindir kamu dengan berkata, “Lama banget datangnya, semua jadi nunggu deh!” Anda bisa balas dengan mengatakan “Semua atau cuma kamu nih yang nungguin aku? Kangen ya sama aku?”

Tapi, Anda juga harus lihat situasi terlebih dahulu sebelum kamu membalasnya dengan humor. Jangan sampai kamu membalas sindiran teman kerjamu sedangkan atasanmu juga terlihat kesal dengan kamu.

2. Kontrol Keadaan

Saat kamu berada pada situasi yang kurang menyenangkan saat mendapat sindiran dari teman, satu hal yang tetap harus kamu lakukan adalah mengontrol keadaan. Jangan sampai Anda turut terbawa arus yang memang  teman Anda inginkan.

Sebaiknya dengarkan dengan seksama setiap perkataannya. Upayakan  jangan langsung meresponsnya dengan  nada negatif.

Namun, jangan sampai Anda biarkan teman Anda terus mengeluarkan kata-kata sindiran. Secepatnya Anda beri jawaban dengan kalimat tenang dan santai. Usahakan emosi Anda tetap terkontrol.

Katakan pada teman Anda yang menyindir ‘Kamu hebat ya, bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik dan cepat’. Nah, Anda bisa menjawab dengan berkata, ‘Terima kasih atas pujiannya, jarang-jarang ada yang memuji kemampuan saya’.

Pastikan Anda bisa mengerem sindiran teman agar kondisi bisa benar-benar terkendali.

3. Bersikap Cuek, Seolah Tidak Ada Masalah

Foto: Ladiestory.id

Tahukah kamu bahwa seseorang yang menyindir itu menginginkan reaksi kamu yang marah dan sedih. Oleh karena itu, jangan Anda tunjukkan kemarahan dan kesedihan di depan teman yang menyindir.

Bersikaplah cuek seolah - olah tidak terjadi masalah. Anggap saja sindiran itu bukan untuk kamu dan kamu pun tidak merasa merasa tersindir.

Yakinlah, sikap kamu seperti ini akan membuat si penyindir ,merasa kesal dan geram. Usahanya untuk mempermalukan kamu gagal seketika. Malah dia lah yang akan malu karena sindirannya tidak tepat sasaran.

4. Memberi Maaf

Menghadapi sindiran dari teman terkadang dapat membuat Anda menjadi sosok yang berbeda. Bukan diri Anda sendiri. Bahkan, bisa saja bisa bersikap lebih buruk dari apa yang disindir oleh teman Anda. Terutama saat Anda tidak dapat mengontrol emosi.

Sebelum hal-hal itu terlanjur jadi kenyataan, sebaiknya Anda kendurkan semua syaraf Anda yang tegang. Berusahalah untuk ikhlas memaafkan teman yang telah menyindir kamu.

Bagaimanapun, memberi maaf akan lebih bermanfaat dibanding Anda membuang - buang energi dan pikiran hanya untuk memikirkan sindiran teman. 

5. Balas dengan Komentar Positif

Foto : Ladiestory.id

Ketika ada seorang teman yang menyindir kamu, pastinya ada banyak nada negatif yang bermunculan. Karena itu, Anda bisa balas sindiran teman dengan komentar positif. Jangan ikut mengeluarkan komentar negatif.

Mungkin tidak mudah untuk membalasnya dengan komentar positif. Tapi tetaplah usahakan untuk memberi komentar positif. Sehingga aura negatif yang keluar  tidak akan cepat menyebar pada teman-teman  lainnya.

Misalnya, ada seorang teman menyindir  dengan berkata “Proyek ini kok tidak berkembang”. Anda dapat menjawabnya dengan komentar positif seperti ‘Kita sudah berada di jalur yang tepat untuk berkembang, dan saya yang akan bikin proyek ini terus maju’.

Dengan membalas dengan komentar positif, maka suasana dalam lingkungan kerja Anda pun jadi tidak kaku. Setidaknya komentar yang positif akan membuat suasana semakin lebih  hangat dan cair.

Nah, itulah 5 cara menghadapi sindiran dari teman dengan elegan, hadapi dengan komentar positif dan candaan, bisa mencairkan dan menghangatkan suasana pertemanan kamu.