8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami, Praktis dan Mudah Diterapkan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 16:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami, Praktis dan Mudah Diterapkan

Foto : Tribun Style

Ladiestory.id - Masalah bau kaki bisa dialami siapa saja. Bukan hanya membuat diri sendiri tak nyaman dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan kulit seperti jamur, gatal-gatal atau ruang.

Tentunya bau pada kaki juga membuat orang lain yang berada di dekat kita pun merasa tidak nyaman. Untuk itu, terapkan cara menghilangkan bau kaki secara alami di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Efektif Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami 

Inilah cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau kaki secara alami

1. Rendam dengan Air Lemon

Foto : Ladiestory.id

Salah satu cara menghilangkan bau kaki dengan alami adalah  merendam kaki dengan air lemon selama 15 menit. Lemon diyakini mampu mengatasi keringat berlebih dan bakteri yang jadi penyebab bau kaki. Hal ini dikarenakan lemon mengandung antibakteri.

2. Rendam dengan Teh Hitam

Cara berikutnya yaitu merendam kaki dengan teh hitam. Teh hitam mengandung  kandungan asam tanat yang dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki  serta mengurangi produksi keringat pada kaki.

Caranya adalah dengan menyeduh 2 kantong teh hitam dengan 2 liter air. Tunggu sampai suhu air pas untuk merendam kaki, selanjutnya rendam kaki selama 30 menit.

3. Taburkan Tepung Maizena

Foto : Ladiestory.id

Tepung maizena ternyata bukan hanya berguna untuk bahan pembuat kue, tapi dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Caranya dengan menaburkan tepung maizena pada kaki seperti Anda menggunakan bedak kulit.

4. Rendam dengan Air Garam

Cara alami berikutnya yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau pada kaki adalah dengan menggunakan air garam. Caranya adalah rendam kaki dengan air garam selama 10-15 menit. Rendaman air garam bisa memiliki banyak manfaat diantaranya untuk merelaksasi serta meredakan eksim.

5. Rendam dengan Air Baking Soda

Foto : Ladiestory.id

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan menggunakan  baking soda. Baking soda dipercaya mampu mengatasi bau kaki dengan alami.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1/4 gelas baking soda dengan air secukupnya untuk merendam kaki. Tambahkan juga dengan perasan air lemon secukupnya untuk menambah aroma dalam air rendaman. 

6. Mengoleskan dengan Jeruk Nipis

Cara berikutnya adalah dengan mengoleskan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung kadar asam dan vitamin C yang cukup tinggi, yang berguna sebagai antibakteri yang kuat dan efektif. Caranya adalah potong 1 buah jeruk nipis jadi 2 bagian, lalu oleskan jeruk nipis yang sudah dibelah pada kaki secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

7. Rendam dengan Cuka Apel

Foto: Ladiestory.id

Cuka apel bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah bau pada kaki. Cuka apel mampu membunuh bakteri serta mengeringkan kelembaban yang berlebihan yang menyebabkan bau tak sedap pada kaki.

Caranya adalah  cukup dengan menambahkan 1/2 cangkir cuka apel dengan 1 liter air hangat. Selanjutnya, rendam kaki selama 10-15 menit, lalu bilas kaki hingga bersih. Ulangi sampai 3 kali dalam seminggu atau sampai bau kaki benar-benar hilang.

8. Rendam dengan Kopi

Selanjutnya Anda juga bisa memanfaatkan kopi untuk mengatasi bau kaki. Caranya adalah dengan mencampurkan kopi dan minyak kelapa secukupnya lalu buat hingga menjadi scrub. Bukan hanya menghilangkan bau tapi cara ini juga dapat  membantu mengangkat sel kulit mati pada kaki.

Nah, itulah tadi 8 cara menghilangkan bau kaki secara alami yang bisa Anda terapkan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat