Ketahui Penyebab Utama dan 5 Tips Hilangkan Bau Kaki

Rabu, 20 Juli 2022 | 20:30:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Ketahui Penyebab Utama Dan 5 Tips Hilangkan Bau Kaki

bau kaki (pinterest.com)

Ladiestory.id - Dalam mendukung kegiatan sehari-hari kita seringkali menggunakan alas kaki. Selain untuk menunjang penampilan, alas kaki dapat kita gunakan melindungi kita dari panas matahari serta debu jalan saat kita beraktivitas di luar ruangan. Kebanyakan dari kita saat beraktivitas diluar sering menggunakan sepatu.

Sepatu, biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti, sekolah, bekerja, kuliah dan kegiatan lainnya saat di luar ruangan. Namun masalah utama para pengguna sepatu yaitu aroma bau kaki yang tidak sedap. Bau tidak sedap yang keluar dari kaki atau bau kaki dapat mengganggu dan membuat merasa tidak nyaman.

Ini bisa menjadi mimpi buruk jika kita berada di sekitar orang lain, seperti tempat kerja maupun sekolah. Bau kaki dapat disebabkan oleh pemakaian sepatu dalam kurun waktu yang lama. Tidak memerawat kebersihan kaki juga menyebabkan perkembangan bau kaki.

Bau kaki atau yang dalam istilah medis disebut dengan bromodosis disebakan oleh kondisi kaki yang lembab dan mudah berkeringat sehingga menyebabkan tumbuhnya bakteri pada kaki. Menurut berbagai sumber, sebenarnya bau kaki adalah hal yang normal. Karena semua orang dapat berkeringat dan ada bakteri alami yang hidup di kaki.

Remaja dan wanita hamil cenderung lebih rentan mengalami bau kaki karena mereka dapat memproduksi hormon berlebih yang dapat meningkatkan pula produksi keringat pada tubuh mereka. Tidak menjaga kebersihan juga dapat mempengaruhi perkembangan bromodosis. Bakteri dapat tumbuh di kaki kalian jika kalian jarang mencuci kaki dan jarang mngganti kaus kaki. Hal ini dapat mempercepat perkembangan bau kaki.

Namun kabar baiknya, bromodosis ini mudah disembuhkan. Kalian dapat melakukan perawatan ini dirumah untuk mengatasi bau kaki. Berikut 5 tips menghilangkan bau kaki yang dapat dilakukan dirumah.

Cuci Kaki secara Rutin

mencuci kaki (pinterest.com)

Saat mencuci kaki, gunakan sabun dengan cara menggosokkan minimal dua kali sehari. Waktu terbaik untuk mencuci kaki adalah di pagi saat sebelum beraktivitas dan sore hari setelah beraktivitas. Ingatlah untuk mengeringkan kaki kalian setelah dicuci secara sempurna terutama pada sela-sela jari kaki. Perhatikan juga kondisi kuku kalian. Jangan biarkan kotor dan terlalu panjang. Potong kuku kalian sesering mungkin dan bersihkan ruang diantara kuku kalian.

Cuci Kaki dengan Sabun Anti Bakteri

membersihkan kaki dengan antibakteri (pinterest.com)

Apabila ingin cepat bersih dan menghilangkan bakteri gunakanlah sabun anti bakteri, sabun anti bakteri mengandunng lebih banyak bahan pembunuh bakteri daripada sabun biasa. Gunakanlah sabun anti bakteri dua kali sehari, pagi dan sore hari.bersihkan secara menyeluruh ke seluruh bagian kaki.

Gunakan Kopi

kopi (pinterest.com)

Untuk menghialngkan bau kaki, kalian dapat menggunakan kopi. Rendam kaki secara rutin dalam campuran kopi bubuk dan minyak kelapa murni. Campur kedua bahan dalam semangkuk air hangat. Selanjutnya rendam kedua kaki yang telah dibasuh terlebih dahulu. Diamkan beberapa menit lalu angkat dan bilas kembali dengan air bersih. Sebelum dibilas, gosok perlahan kaki kalian dengan ampas kopi yang ada.

Rendam dengan Air Teh

teh (pinterest.com)

Selain dapat menggunakan kopi, ternyata teh juga dapat digunakan dalam menghilangkan bau kaki. Teh mengandung zat antioksidan anti inflamasi dan zat anti bakteri. Oleh karena itu, teh dianjurkan dapat untuk menghilangkan bau kaki. Caranya hanya dengan membasuh kaki dengan teh yang telah diseduh menggunakan air hangat. Kalian juga dapat merendam kaki kalian dalam semangkuk campuran teh dan garam selama 20 menit.

Rajin Cuci Sepatu

mencuci sepatu (pinterest.com)

 

Yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu rajin mencuci sepatu. Meski sudah maksimal dalam melakukan perawaatan kaki, apanila sepatu kalian tetap kotor rasanya sia sia saja melakukan perawatan kaki. Karenan membiarkan sepatu kotor dan lembab sama dengan membiarkan kaki kembali bau lagi.

Cuci sepatu setidaknya satu kali dalam seminggu untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada sepatu kalian. Apabila kalian tidak ada waktu untuk mencucinya kalian cukup dengan rutin menjemurnya di bawah terik matahari dan simpanlah sepatu pada sirkulasi udara yang baik. Selain itu, hindari memakai sepatu yang ketat.

Itulah 5 tips menghilangkan bau kaki yang membandel. Kuncinya adalah menjadikan perawatan kaki menjadi rutinitas setiap hari karena dapat mencegah tumbuhnya bakteri pada kaki.