7 Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami, Aman Tanpa Efek Samping

Kamis, 16 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Menghilangkan Kutil Dengan Bahan Alami, Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi kutil. (Spesial)

Ladiestory.id-Kutil adalah salah satu jenis tumor yang jinak. Biasanya kutil tumbuh dengan cepat sehingga orang tak menyadari kemunculannya.

Kutil dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Lalu bagaimana mengatasinya, agar kutil tidak semakin menyebar? Simak tips cara menghilangkan kutil dengan aman dan alami, tanpa efek samping.

Cara Menghilangkan Kutil

Sebagian orang memilih jalan operasi untuk menghilangkan kutil yang dirasa mengganggu penampilannya. Namun sebenarnya ada cara yang efektif, aman dan alami untuk menghilangkan kutil.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutil.

1. Kulit Pisang

Ilustrasi kulit pisang. (Spesial)

Cara alami untuk menghilangkan kutil salah satunya yakni dengan menggunakan kulit pisang. Pada kulit pisang terkandung enzim proteolitik, yang bisa menghilangkan kutil. 

Caranya cukup mudah kamu cukup gosokan kulit pisang pada kutil. Dan selalu cuci tangan hingga bersih sesudahnya untuk menghindari menyebarnya virus kutil pada bagian lain. Lakukan 2 kali sehari agar hasilnya maksimal.

2. Bawang Putih

Dalam bawang putih mengandung zat antivirus yang dapat mengobati kutil. Caranya dengan menghaluskan satu siung bawang putih lalu mengoleskannya pada area kutil. 

Selanjutnya tutup dengan perban atau plester, diamkan kurang lebih 15 menit, lakukan sekali sehari sampai kutil hilang.

3. Air Perasan Lemon

Ilustrasi lemon. (Spesial)

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan kutil yaitu dengan air perasan lemon. Caranya sangat mudah Anda cukup mengoleskan air perasan lemon pada kutil.  Ulangi cara ini hingga kutil mengecil dan benar-benar hilang.

4. Cuka Apel

Cara lain menghilangkan kutil yaitu dengan cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat yang bersifat antivirus, sehingga mampu  membasmi virus yang menjadi penyebab kutil.

Selain dapat mematikan virus, asam asetat juga dapat menghilangkan jaringan berlebih pada kulit kamu.

Adapun cara menghilangkan kutil dengan menggunakan cuka apel yakni, campurkan 2 sendok makan cuka apel dalam setengah gelas air.

Celupkan kapas pada campuran tersebut. Lalu tempelkan kapas pada kutil. Diamkan semalaman, lalu cuci bersih esok paginya. Ulangi cara ini hingga kutil mengecil dan hilang.

5. Madu

Ilustrasi madu. (Spesial)

Cara menghilangkan kutil dengan alami yaitu dengan madu. Kandungan antivirus dan anti bakteri dalam madu mampu menghilangkan virus penyebab kutil.

Caranya cukup mudah oleskan madu pada kutil lalu tutup dengan menggunakan perban atau plester. Penutupan kutil dengan madu tujuannya agar mencegah adanya oksigen masuk, sehingga bisa membunuh virus yang jadi penyebab kutil.

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya telah banyak digunakan orang untuk mengatasi luka bakar. Untuk pengobatan kutil sendiri belum ada bukti untuk menghilangkan, namun tanaman ini bisa meredakan nyeri dan gatal yang disebabkan karena kutil. 

Gel lidah buaya bisa juga melawan patogen, dan juga virus herpes simpleks tipe 1 penyebab kutil.  Cara menggunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan nyeri dan gatal pada kutil cukup mudah, hanya mengoleskan  gel lidah tersebut  pada kutil setiap hari.

7. Soda Kue dan Minyak Kastor

Ilustrasi soda kue. (Spesial)

Cara ampuh untuk menghilangkan kutil salah satunya yaitu dengan menggunakan campuran soda kue dan minyak kastor.  Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue dan minyak kastor lalu aduk rata, dan gunakan cotton bud atau kapas untuk mengoleskannya pada kutil. Selanjutnya tutup dengan plester selama semalaman dan ganti plester esok paginya.

Campuran kedua bahan tersebut akan membuat kulit iritasi dan mudah terkelupas. Cara ini cukup ampuh untuk kutil yang berbentuk datar pada area punggung dan wajah.

Begitulah cara menghilangkan kutil yang benar dengan alami, aman dan efektif. Semoga bermanfaat.