5 Cara Menghilangkan Kutu Air yang Efektif

Minggu, 14 November 2021 | 01:52:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Cara Menghilangkan Kutu Air Yang Efektif

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kutu air merupakan kondisi di mana timbul selaput putih pada sela-sela jari kaki yang biasa disebabkan oleh jamur kulit. Kutu air berisiko tinggi dialami oleh orang yang kurang menjaga kebersihan kaki, jarang mengganti kaus kaki, dan sering menggunakan sarana publik seperti pemandian umum.

Penyebab yang paling umum ditemui adalah jenis dermatophytes, yaitu jamur yang juga menjadi penyebab kurap. Jenis jamur ini hidup di lingkungan yang bersuhu hangat dan lembap, seperti kamar mandi dan kolam renang.

Penularan jamur ini dapat melalui sentuhan langsung dengan kulit yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi. Selanjutnya, jamur kutu air akan menetap dan berkembang biak pada permukaan kulit, dan dapat masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi, jika terdapat celah pada kulit.

Cara Menghilangkan Kutu Air yang Efektif

Kutu air harus segera ditangani dengan tepat, karena dapat memburuk dan menyebar ke bagian tubuh yang lain, serta menyebabkan peradangan pada kelenjar getah bening. Oleh sebab itu, ada 5 cara menghilangkan kutu air

1. Menggunakan Salep atau Obat Kutu Air

Foto: Hello Sehat

Cara menghilangkan kutu air yang pertama yakni menggunakan obat anti jamur oles atau salep yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Jenis salep kutu air yang dijual bebas, antara lain: mikonazol (Desenex), terbinafine (Lamisil AT), klotrimazol (Lotrimin AF), butenafine (Lotrimin Ultra), dan tolnaftate (Tinactin).

Apabila salep kutu air masih tidak mempan, kamu harus mengonsultasikan ke dokter, sebab biasanya dokter umumnya meresepkan obat kutu air seperti salep klotrimazol atau mikonazol, obat antijamur yang diminum seperti itraconazole (Sporanox), flukonazol (Diflucan), atau terbinafine (Lamisil).

Selain itu, dokter terkadang juga memberikan salep steroid untuk mengurangi peradangan yang menyakitkan, atau obat antibiotik jika ada indikasi infeksi bakteri karena kulit lecet.

2. Tea Tree Oil

Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya, cara menghilangkan kutu air menggunakan tea tree oil. Bahan alami ini diklaim ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam masalah kulit. Pasalnya, tea tree oil memiliki kandungan yang mampu membunuh berbagai macam jamur, kuman, dan bakteri penyebab masalah pada kulit.

Selain itu, tea tree oil juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah dampak negatif radikal bebas pada kulit. Ketika mengidap kutu air, kamu cukup mengoleskan bahan alami yang satu ini pada area yang terkena. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengoleskannya tiga kali dalam sehari.

3. Garam

Foto: Merdeka

Cara menghilangkan kutu air juga bisa menggunakan bahan alami seperti garam. Garam telah populer sebagai obat untuk mengatasi masalah peradangan. Termauk kutu air yang menjadi salah satu kondisi peradangan kulit.

Caranya cukup mudah hanya dengan mencampurkan segenggam garam ke dalam air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air selama kurang lebih setengah jam.

Untuk hasil maksimal, lakukan hal ini sekali sehari sampai kutu air benar-benar hilang. Di sini, garam berfungsi sebagai pembunuh jamur penyebab kutu air.

4. Bawang Putih

Foto: Suara Merdeka

Bawang putih tidak hanya digunakan untuk memasak, namun bisa juga digunakan untuk menghilangkan kutu air. Justru sejak jaman dulu kala, bawang putih telah dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi kutu air

Bahkan sudah terdapat sebuah penelitian dalam Journal of Applied Microbiology pada 2002, bawang putih diketahui memiliki sifat antijamur yang ampuh melawan jamur Candida albicans. Jenis bakteri ini merupakan penyebab infeksi jamur paling umum pada manusia.

Ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama tumbuk 4 - 5 siung bawang putih sampai hancur, lalu pelan-pelan gosokkan ke area kaki atau tangan yang terkena kutu air. Lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari supaya gatal pada kaki berkurang.

Cara yang kedua dengan menyiapkan baskom berisi air hangat, lalu masukkan 3 - 4 siung bawang putih yang sudah ditumbuk sebelumnya. Rendam kaki atau tangan yang terinfeksi selama 30 menit sampai rasa gatalnya berkurang. Lakukan 2 kali sehari hingga 1 minggu dan lihat perubahannya.

5. Alkohol

Foto: indochem

Alkohol juga menjadi cara menghilangkan kutu air. Sebab alkohol dapat bekerja membasmi infeksi jamur di permukaan kulit penyebab kutu air. Ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, usapkan alkohol secara langsung pada kutu air. Kedua, rendam kaki yang terinfeksi kutu air dalam campuran 70 persen alkohol dan 30 persen air selama 30 menit.

Inilah 5 cara menghilangkan kutu air. Semoga membantu dan semoga cepat sembuh!