Gunakan Bahan Alami, Ini 6 Cara Mengusir Cicak Tanpa Membunuh

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:05:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Gunakan Bahan Alami, Ini 6 Cara Mengusir Cicak Tanpa Membunuh

Foto: Arafuru

Ladiestory.id - Cecak, atau biasa dibilang cicak, merupakan hewan yang umum dijumpai tengah merayap di dinding atau langit-langit. Terdapat beraneka macam cara yang dapat dilakukan guna mengusir hewan melata ini, baik dari yang alami sampai cara yang praktis.

Nyatanya guna menghilangkan hewan ini, terdapat cara-cara manusiawi yang tidak mewajibkan kamu dalam membunuh mereka.

Cara Mengusir Cicak Tanpa Membunuh

Cara mengusir cicak dengan upaya ini tidak akan membunuh mereka sebab semua benda dan alat yang digunakan bebas dari bahan kimia, alias alami. Apa saja, ya cara mengusir cicak?

Menggunakan Tembakau

foto: ladiestory.id
foto: ladiestory.id

Tembakau merupakan salah satu bahan alami yang ampuh dalam mengusir cicak. Baunya yang menyengat nyatanya tidak digemari oleh hewan yang satu ini.

Inilah beberapa hal yang mesti dipersiapkan:

1. Tembakau

2. Plastik kecil

3. Karet

Usai semua disiapkan, kamu dapat memulai membuat alat pengusir cicak dengan memasukkan tembakau ke wadah plastik.

Sesudah itu, ikat dengan karet dan lubangi plastik supaya aroma tembakau dapat menyebar. Bila cara ini terlalu merepotkan, kamu dapat mencoba cara lain yang lebih praktis.

Belilah minyak esensial dengan bahan dan aroma tembakau kemudian pakai untuk mengelap meja atau perabot lainnya yang kerap dilewati cicak. Selain cicak, semut pun akan kabur bila mereka mencium aroma ini.

cara mengusir cicaka
Foto: ladiestory.id

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu dengan menutup ventilasi rumah yang menjadi akses masuk dan keluar cicak. Caranya dapat dengan memasang kawat maupun kasa nyamuk.

Dengan dipasangi kawat nyamuk, cicak jadi terhalang dan susah masuk lewat ventilasi rumah. Di sisi lain, kamu pun dapat memasang selotip seperti double tape pada celah kecil di pintu.

Menggunakan Bulu Merak

cara mengusir cicaka
foto: ladiestory.id

Memakai bulu merak dalam mengusir cicak mungkin terdengar cukup aneh, tapi nyatanya cara yang satu ini cukup ampuh.

Meskipun ampuh, cukup susah untuk memperoleh bulu merak di toko sekitar rumah. Tapi, tenang saja, ladies. Nyatanya bulu ini cukup mudah diperoleh bila kamu mencarinya di toko online.

Guna mengusir para cicak, hal yang kamu mesti lakukan yaitu menyimpan bulu ini di daerah cicak kerap nongkrong.

Corak bulu merak yang seperti mata dapat menakuti cicak sebab mereka mengira itu merupakan mata burung, predator yang kerap memangsa mereka.

Menaburkan bubuk kopi

cara mengusir cicaka
Foto: ladiestory.id

Tidak hanya menjadi minuman, bubuk kopi pun mempunyai banyak fungsi lain. Salah satunya dapat dipakai dalam mengusir cicak.

Cicak membenci aroma menyengat yang berasal dari bubuk kopi. Guna meningkatkan aroma, campurkan bubuk kopi dan bubuk tembakau hingga merata dan taburkan di sejumlah bagian rumah. Bubuk tembakau mempunyai manfaat sebagai racun untuk hewan melata itu.

Menggunakan Cangkang Telur

cara mengusir cicaka
Foto: ladiestory.id

Cangkang bekas memasak telur nyatanya dapat kamu pakai dalam mengusir cicak yang keberadaannya meresahkan.

Bau amis yang dikeluarkan oleh cangkang telur nyatanya dibenci si hewan melata ini. Guna memanfaatkan cangkang ini, hal pertama yang mesti kamu lakukan yaitu menumbuknya sampai jadi serpihan kecil.

Kumpulkan serpihan itu dan masukkan ke dalam kantong plastik yang telah dilubangi. Sesudah itu, gantungkanlah di dekat ventilasi maupun jendela supaya cicak tak berani lagi mendekati rumah.

Mendinginkan ruangan

cara mengusir cicaka
Foto: ladiestory.id

Cicak adalah hewan berdarah panas. Itu berarti hewan ini tidak suka tinggal di area bersuhu dingin. Kamu dapat menyalakan pendingin ruangan untuk menghasilkan hawa dingin dan menjadikan cicak tidak tertarik untuk memasuki rumah kamu. Dengan cara cara di atas, kamu dapat mengusir hewan melata yang sering meresahkan ini.